PENGARUH PENGGUNAAN MODIFIKASI MEDIA DALAM PEMBELAJARAN PENDIDIKAN JASMANI OLAHRAGA DAN KESEHATAN TERHADAP MOTIVASI BELAJAR SISWA SMPN 2 RENGASDENGKLOK KABUPATEN KARAWANG
DOI:
https://doi.org/10.35706/speed.v1i2.1727Abstract
Penelitian ini berjudul Pengaruh Penggunaan Modifikasi Media dalam Pembelajaran Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan Terhadap Motivasi Belajar Siswa SMPN 2 Rengasdengklok. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh penggunaan modifikasi media pembelajaran dalam pembelajaran Penjas terhadap motivasi belajar siswa dan untuk mengetahui seberapa besar pengaruh penggunaan modifikasi media pembelajaran dalam pembelajaran Penjas terhadap motivasi belajar siswa SMPN 2 Rengasdengklok. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian eksperimen, eksperimen adalah suatu cara untuk mengungkapkan suatu hubungan antara dua variabel atau lebih dan juga untuk mencari pengaruh suatu variabel terhadap variabel lainnya. Populasi dalam penelitian ini adalah kelas X SMPN 2 Rengasdengklok Kabupaten Karawang. Jumlah populasi berjulmah 4 kelas yang berjumlah siswa 120 orang. Sampel penelitian akan merendom mengambil 1 kelas untuk kelompok eksperimen dan 1 kelas akan diambil menjadi kelas control, yang masing-masing kelas berjumlah 40 siswa. Latar belakang penelitian ini yaitu minimnya sarana dan prasarana pendidikan jasmani yang dimiliki sekolah-sekolah, menuntut guru pendidikan jasmani untuk lebih kreatif dalam memberdayakan dan mengoptimalkan penggunaan sarana dan prasarana yang ada. Guru yang kreatif akan mampu menciptakan sesuatu yang baru, atau memodifikasi yang sudah ada tetapi disajikan dengan cara yang lebih menarik, sehingga anak merasa senang mengikuti pelajaran penjas karena termotivasi dengan sarana yang dimodifikasi oleh guru yang diberikan untuk kelancaran jalannya pembelajaran pendidikan jasmani di sekolah. Diperoleh hasil penelitian yaitu terdapat pengaruh penggunaan modifikasi media pembelajaran pendidikan jasmani olahraga dan kesehatan terhadap motivasi belajar siswa dengan hasil pretest 47,2 dan postes sebesar 79 pada kelas eksperimen. Sehingga terlihat adanya suatu peningkatan motivasi belajar siswa dalam pembelajaran pendidikan jasmani olahraga dan kesehatan, dengan kriteria motivasi dari rendah menjadi tinggi.Downloads
References
Azhar Arsyad. 2007. Media Pembelajaran. Jakarta: RajaGrafindo Persada.
Abels Karen Weiller and. Bridges M Jennifer. 2010. Teaching Movement Education. Australia: Human Kinetic.
Hamzah, B. Uno. 2007. “Teori Motivasi & Pengukurannya”, Cetakan kedua, PT. Bumi Aksara.
Firmansyah Dlis. 2015. Sosiologi Olahraga. Malang: Wineka Media.
Maksum, Ali. 2011. Psikologi Olahraga, Teori dan Aplikasi. Surabaya: Unesa University Press.
Sugiyono. 2011. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Suparman, Atwi M. 2010. Desain Instruksional. Jakarta: Universitas Terbuka.
Winataputra, Udin, dkk. 2006. Teori Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Universitas Terbuka.
Zainal Akib. 2013. Model-Model, Media, Strategi Pembelajaran Kontekstual
(Inovatif). Bandung: Yrama Widia.