MENINGKATKAN KETERAMPILAN SERVIS ATAS BOLA VOLI MELALUI MODIFIKASI PERMAINAN
DOI:
https://doi.org/10.35706/speed.v1i2.1734Abstract
Penelitian ini untuk meningkatkan keterampilan servis atas bola voli pada siswa kelas VII MTs Annur Lemahabang Karawang. Penelitian ini menggunakan metode tindakan dengan jumlah sampel 26 siswa. Penelitian ini menggunakan model kemmis dan Taggart yang terdiri dari 2 siklus. Dalam keterampilan servis atas ini menggunakan modifikasi permainan berupa; hulahoop; tali; bola karet; net; cons; untuk mencapai tujuan keterampilan yang diinginkan. Data dikumpulkan melalui pengamatan observer berupa; catatan lapangan; dan dokumen selama penelitian berlangsung. Hasil penelitian menunjukan bahwa setelah dilakukan tindakan menggunakan modifikasi permainan pada siklus I diperoleh hasil 61,54% dengan jumlah 16 siswa yang mencapai kriteria ketuntasan minimal, dan 38,46% dari 10 siswa yang belum mencapai kriteria ketuntasan minimal, dengan nilai rata rata mencapai 74,3% pada siklus II diperoleh hasil 84,60% dengan jumlah 22 siswa yang mencapai kriteria ketuntasan minimal, dan 15,4% dari 4 siswa yang tidak mencapai kriteria ketuntasan minimal, dengan nilai rata rata mencapai 78,8% Berdasarkan hasil penelitian, dapat disimpulkan bahwa penerapan modifikasi permainan dapat meningkatkan keterampilan servis atas bola voli dalam pembelajaran pendidikan jasmani olahraga dan kesehatan pada siswa kelas VII di MTs Annur Lemahabang Karawang.
Downloads
References
Heriawan, adang, dkk “Metode Pembelajaran Kajian Teoritis Praktis” Serang-Banten: LP3G, 2012.
Hidayat, Witono., Buku Pintar Bola Voli. Jakarta Timur: Anugrah, 2017.
Komarudin. Psikologi Olahraga. Bandung: PT Remaja Rosdakarya, 2013.
Kardiyanto, Whinato, Deddy., Sunardi., Bola Voli., Surakarta: UPT Penerbitan danPercetakan UNS Perss, 2015.
Monteleone, John., W. Crisfield, Deborah., Winning Volleyball for Girls. New York: Chelsea House, 2010.
McMorris., Terry.Acquisition and Perfomance of Sport Skills. England: Jhon Wiley & Sons, Ltd 2004.
Putra, Nusa. PenelitianTindakan. Bandung: PT Remaja Rosdakarya, 2014.
Pramono, Sri wahyuni, Sutarmin., Pendidikan Jasmani, Olahraga, dan Kesehatan 1 (Jakarta: Pusat perbukuan, Kementrian Pendidikan Nasional, 2010).
Rahyubi, Hery. Teori-Teori Belajar dan Apikasi Pembelajaran Motorik. Bandung: Referens, 2014.
Rizal Harun, Fadel., Ensiklopedia Mini Olahraga. Jakarta Selatan: Rexa Pustaka, 2016.
Schmidt. Richard A., Lee Timothy D. Motor Learning and Performance: From Priciplles to Application. United States: Human Kinetic, 2014.
Sanjaya, Wina., Penelitian Pendidikan. Jakarta: Pranemedia Group, 2013.
Sutanto, Teguh., Buku Pintar Olahraga. Yogyakarta: Pustaka BaruPerss, 2016.
Tangkudung, James. Macam-Macam Metodolgi Penelitian (Uraian dan Contohnya). Jakarta: Lensa Media Pustaka, 2016.
Wiriaatmadja, Rochiati. Metode Penelitian Tindakan Kelas. Bandung: PT Remaja Rosdakarya, 2014.
Widiastuti. Tes dan Pengukuran Olahraga. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada, 2015.
Yuliantoro, Agus. Penelitian Tindakan Kelas Dengan Metode Mutakhir. Yogyakarta: Andi, 2015.
Yusup Hidayat. Psikologi Olahraga. Bandung: CV. Bintang Warliartika, 2010.
Zuber, Skerritt O. Action Learning and Action Reserarch. Rotterdam: Sense Publisher, 2009.