GERAK DASAR LAY UP SHOOT PADA SISWA MELALUI PENERAPAN MODEL PSI (PERSONALIZED SYSTEM INTRACTION)
DOI:
https://doi.org/10.35706/speed.v1i2.1735Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh sebelum dan sesudah diterapkannya Model Personalized System Intraction dengan menggunakan modul bergambar terhadap hasil keterampilan gerak dasar lay-up shoot. Metode penelitian yang digunakan adalah Praeksperimen. Populasi dalam penelitian ini adalah kelas XI TEI A (Teknik Elektronika Industri) dan TEI B (Teknik Elektronika Industri) SMKN 1 CIMAHI yang berjumlah 73 orang. Sampel penelitian ini diambil dari populasi yang diberikan kuisioner gaya belajar, yaitu sebanyak 25 orang. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah berdasarkan hasil dari expert judgment dari para ahli dan uji coba. Analisis dalam penelitian ini menggunakan perhitungan rumus uji non parametik jenjang bertanda Wilcoxon (Wilcoxon Signed Rank Test) dengan hasil yang di dapat T (15)< (81) maka ditolak. Kemudian nilai rata-rata yang diperoleh dari hasil pre test sebesar 13,6 dan nilai rata-rata hasil post test sebesar 18,4. Maka berdasarkan hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa Model Pembelajaran Personalized System Intraction menggunakan media visual memberikan pengaruh yang signifikan terhadap peningkatan keterampilan gerak dasar lay up shoot kanan bola basket.
Downloads
References
Dusan, M dkk. “The Students’ Interest In Introducing Physical Education Classes At Faculties”. Doaj Directory Of Open Acces Journals: Ovidius University Annals, Series Physical Education And Sport/ SCIENCE, MOVEMENT AND HEALTH. XII (2). (2012, http://www.analefefs.ro/anale-fefs/2012/issue-2/pe-autori/18.pdf (diakses 05 Januari 2017).
Lefi, Hertafah Dimas dan Sudarso.” Pengaruh Metode Penugasan Terhadap Hasil Belajar Lay Up Shoot Bola Basket Pada Siswa Kelas XI SMA Negeri 1 Kembangbahu Kabupaten Lamongan”. Jurnal Pendidikan Olahraga dan Kesehatan Volume 05 Nomor 03 Tahun 2017, 717 – 721, http://ejournal.unesa.ac.id/index.php/jurnal-pendidikan-jasmani/issue/archive (diakses10Februari2018)
Febryanto, Nurochwan Frendy. “Pembelajaran Lay Up Shoot Menggunakan Media Audio Visual Basic Lay Up Shoot Untuk meningkatkan Hasil Belajar Lay Up Shoot Pada Siswa Kelas VIII A SMP Kanisius Pati Tahun 2013/2014”. Journal of Physical Education, Sport, Health and Recreations 2013/2014, http://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/peshr (diakses 10 februari 2018)
Matzler. Instractional Models For Physical Education. 2005.
Nugroho, Agung Dedy. Krstyanto, Agus. dan Purnama, Kunta Sapta. “Meningkatkan Hasil Belajar Gerak Dasar Manipulatif Melempar dan Menangkap Bola melalui Media Visual pada Siswa SDLB-B (Tunarungu) SLB Negeri Sragen. Jurnal Media Ilmu Keolahragaan Indonesia Volume 6. Nomor 1. Edisi Juni 2016, http://journal.unnes.ac.id/nju/index.php/miki (diakses 10 Februari 2018)
Rusman., Kurniawan, Deni., Riyana, Cepi. Pembelajaran Berbasis Teknologi Informasi Dan Komunikasi, (Jakarta: PT Rajagrafindo Persada, 2013)
Bire Ludji Arylien at all, “PENGARUH GAYA BELAJAR VISUAL, AUDITORIAL, DAN KINESTETIK TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA,” JURNAL KEPENDIDIKAN, Volume 44, Nomor 2, November 2014, Halaman 168-174, https://journal.uny.ac.id/index.php (diakses 10 Februari 2018)
Maksum dalam Sudarso, “Pengaruh Metode Simulasi Terhadap Hasil Belajar Dribble Sepakbola (Studi Pada Siswa Kelas VIII SMP Negeri 3 Trenggalek),” Jurnal Pendidikan Olahraga dan Kesehatan 02 (2014). http://ejournal.unesa.ac.id/index.php/jurnal-pendidikan-jasmani/ (diakses 17 Desember 2016).
DePorter, Bobby & Hernacki, Mike. Quantum Learning – Membiasakan Belajar Nyaman dan Menyenangkan, ( Bandung : Mizan Pustaka, 2015
Arikunto dalam Kusuma Adhianto, et al, “Lama Kebuntingan, Litter Size, dan Bobot Lahir Kambing Boerawa pada Pemeliharaan Perdesaan di Kecamatan Gisting KabupatenTanggamus”,jurnalJurnalPenelitianPertanianTerapan,Vol.12,(201),http://jurnal.polinela.ac.id/index.php/JPPT/article/viewFile/208/174 (diakses 04 Desember 2017).
Maksum, Ali. Metodologi Penelitian dalam Olahraga. Universitas Negeri Surabaya, 2012.
Kustani, Cecep, dan Sutjipto, Bambang. Media Pembelajaran, (Bogor: Ghalia Indonesia, 2011)
Mumtahanah, Nurotun. “Penggunaan Media Visual Dalam Pembelajaran PAI”, Jurnal Studi Keislaman, Volume 4, Nomor 1. (2014) http://ejournal.kopertais4.or.id/ (diakses 2 Februari 2018)
Warsita, Bambang. Teknologi Pembelajaran Landasan Aplikasi. Jakarta: Rineka 2008.
Wahyuni, Yusri. “identifikasi gaya belajar (Visual, Auditorial, Kinestetik) Mahasiswa Pendidikan Matematika Universitas Bung Hatta”, Jurnal, Universitas Bung Hatta, 2017.
Abduljabar, Bambang. Manajemen Pendidikan Jasmani Dan Olahraga; UPI (2009
Octavernanda, Wisnu I Putu. “Pengaruh model pembelajaran klasikal dengan indvidu terhadap hasil belajar lay up, https//digilib.unila.ac.id/1162/1/cover%dalam (Diakses 12 Februari 2018)
Rahyubi, Heri. Teori-Teori Belajar dan Aplikasi Pembelajaran Motorik (Nusamedia, 2012)