Pengaruh Metode Latihan dan Koordinasi Terhadap Keterampilan Lari Cepat
DOI:
https://doi.org/10.35706/speed.v2i1.2220Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh metode latihan dan koordinasi terhadap keterampilan lari cepat (sprint). Sampel penelitian ini berjumlah 48 orang yang merupakan siswa kegiatan ekstrakurikuler atletik nomor lari di SMP Negeri Satap 1 Cilamaya Wetan dengan menggunakan rancangan penelitian treatment by level 2 x 2. Data dianalisis menggunakan analisis varians (ANAVA) dan dilanjutkan dengan uji Tukey pada taraf signifikansi ? = 0,05. Hasil penelitian menunjukkan (1) secara umum, terdapat perbedaan yang signifikan antara metode latihan Hollow Sprint dan metode latihan Acceleration Sprint terhadap keterampilan lari cepat (Fo 6.0919 > 4,11 Ft), dan metode latihan Hollow Sprint memberikan keterampilan lari cepat atau sprint yang lebih baik daripada metode latihan Acceleration Sprint, (2) terdapat interaksi antara metode latihan Hollow Sprint dan metode latihan Acceleration Sprint terhadap keterampilan lari cepat atau sprint (Fo 5,16 > 4,11 Ft), (3) pada siswa dengan koordinasi tinggi, metode latihan Hollow Sprint memberikan keterampilan lari cepat atau sprint yang lebih baik daripada metode latihan Acceleration Sprint (Qo 22,5 > 3,89 Qt), dan (4) pada siswa dengan koordinasi rendah, terdapat perbedaan pengaruh yang signifikan pada keterampilan lari cepat atau sprint antara metode latihan Hollow Sprint dan metode latihan Acceleration Sprint (Qo 16,58 > 3,89 Qt).
Downloads
References
Cipryan, Lukas, Gerhard Tschackert, and Peter Hofmann. “Acute and Post-Exercise Physiological Responses to High-Intensity Interval Training in Endurance and Sprint Athletes”. Journal of Sports Science and Medicine, 2017.
Tangkudung, James. Macam-macam Metodologi Penelitian dan uraiannya. Jakarta: PPs, 2015.
Widiastuti. Tes dan Pengukuran Olahraga Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada, 2015.