Pengembangan Model Pembelajaran Pengenalan Air untuk Siswa Sekolah Dasar

Authors

  • Setio Nugroho PJKR-FKIP Universitas Singaperbangsa Karawang

DOI:

https://doi.org/10.35706/speed.v2i1.2228

Abstract

Secara umum tujuan dari penelitian dan pengembangan ini adalah untuk menghasilkan model pembelajaran pengenalan air untuk siswa sekolah dasar. Rancangan dalam penelitian dan pengembangan model pembelajaran ini menggunakan pendekatan model penelitian dan pengembangan (Research & Development) dari Brog dan Gall. Sedangkan subjek dalam penelitian dan pengembangan ini adalah seluruh siswa kelas IV yang mengikuti estra kulikuler renang SD Al Azhar Kelapa Gading yang berjumlah 20 orang. Instrumen yang digunakan dalam penelitian dan pengembangan ini adalah angket dan kuesioner yang digunakan untuk mengumpulkan data pada tahap: (1) analisis kebutuhan; (2) evaluasi ahli (evaluasi produk awal); (3) uji coba terbatas (uji coba kelompok kecil); dan (4) uji coba utama (field testing). Untuk uji efektifitas model menggunakan rubrik penilaian kebenaran gerakan renang gaya bebas (crawl). Untuk melihat hasil efektifitas model digunakan uji statistik dengan menggunakan rumus uji-t amatan ulangan dengan taraf signifikasi ? = 0,05. Berdasarkan hasil pengembangan dapat disimpulkan bahwa: (1) model pembelajaran yang inovatif untuk siswa Sekolah Dasar sangat dibutuhkan oleh guru pendidikan jasmani; (2) secara keseluruhan  produk ini efektif dilaksanakan oleh guru pendidikan jasmani; (3) Berdasarkan hasil uji efektifitas model, terbukti secara empiris bahwa hasil produk berupa model pembelajaran Pengenalan air untuk siswa Sekolah Dasar memiliki efektifitas yang sangat baik.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Asim. ”Langkah-langkah Penelitian Pengembangan” Disajikan dalam Lokakarya Nasional Angkata II, Metodologi Penelitian Pengembangan Bidang Pendidikan dan Pembelajaran. Malang: Universitas Negeri Malang, 2002.

Arikunto, Suharsimi. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan dan Praktek, Jakarta: PT Asdi Maharaya. 2002

Borg, W.R. & Gall, M.D. Educational research: an introduction. Fourth edition. New York: Longman, 1983.

Cheryl A Coker. Motor Learning and Control Practitioners. New Mexico: McGrawHill, 2004.

David L. Gallahue and John C. Ozmun, Understanding Motor Development: Infants, Children, Adolescents, Adults New York: McGraw-Hill, 2006

NN. Cara Belajar dan Mengajar Renang. (Jakarta. Proyek Pembinaan Permasalahan dan Pembibitan Olahraga. 1983

Maglischo, Ernest W. Swimming Faster-A Comprehensive Guide to the Science of Swimming. California: May Field Publihing Company, 1993

Robert C. Bogdan and Biklen Sari Knopp, Qualitative and Research for Education; An introduction to Theory and Method (Boston;: Allyn and Bacon, 1992

Rita. C. Richey and Jamaes D. Klein, Design and Development Research, Methede Strategies, and Issues (New Jersey Laurence Eribaum Associates Publisshers, 2007

Sugiyono. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R & D . Bandung: Alfabeta, 2008.

Thomas. David G, Renang Tingkat Pemula, Jakarta: PT Rajagrafindo Persada, 1996

Vander Zanden, James Wilgfrid. Human Developmen; New York: Alfred A Knopr: 1985

Published

2019-05-01

How to Cite

Nugroho, S. (2019). Pengembangan Model Pembelajaran Pengenalan Air untuk Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Speed (Sport, Physical Education, Empowerment), 2(1), 58–67. https://doi.org/10.35706/speed.v2i1.2228

Issue

Section

Artikel