Implementasi Manajemen Pembelajaran Pendidikan Jasmani untuk Menciptakan Pembelajaran yang Menyenangkan bagi Siswa

Authors

  • Dikdik Supriyadi STIA Menara Siswa Bogor

DOI:

https://doi.org/10.35706/speed.v2i2.3374

Abstract

Tujuan Penelitian ini yaitu untuk mengetahui Seberapa besar guru pendidikan jasmani mengimplementasikan manajemen pembelajaran pendidikan jasmani untuk pembelajaran yang menyenangkan bagi siswa.  Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan menggunakan pendekatan jenis penelitian etnografi. Peneliti menggunakan teknik Purposive Sampling dan Snowball Sampling dalam menentukan subjek penelitian yaitu 5 guru Penjasorkes di SMKN Tirtajaya Kabupaten Karawang Jawa Barat. Jenis Data Penelitian yang digunakan yaitu buku catatan, rekaman video, dokumentasi, dan foto. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik observasi, wawancara, dan studi dokumentasi. Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan Model Sirkuler Nasution. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa 68% Informan mengimplementasikan manjemen pendidikan jasmani untuk menciptakan pembelajaran pendidikan jasmani yang menyenagkan bagi siswa dan 32% guru pendidikan jasmani olahraga dan kesehatan, belum mengimplemntasikan manajemen pembelajaran penjas untuk menciptakan pembelajaran penjas yang menyenangkan bagi siswa.

Downloads

Download data is not yet available.

Author Biography

Dikdik Supriyadi, STIA Menara Siswa Bogor

Dosen STIA Menara Siswa Bogor

References

Gustiawati, Resty. 2015. Evaluasi Pembelajaran Pendidikan Jasmani. Bandung: Multi Kreasindo

Hamalik, Oemar. 1995. Perencanaan dan manajemen Pendidikan. Bandung: Mandar Maju

Ismaya Bambang. 2015. Pengelolaan Pendidikan. Bandung: Penerbit Refika Aditama

Khomsin. 2001. Paradigma Baru Pendidikan Jasmani di Indonesia Dalam Era Reformsi. http://www1. bpkpenabur.or.id/kpsjkt/berita/200105 /pbpenjas.pdf. 20 Desember 2007.

Muh Mawardi; 4:2019 Manajemen Dalam Pembelajaran Pendidikan Jasmani Olahraga Dan Kesehatan Sma Negeri 3 Pinrang Program Pasca Sarjana Universitas Negeri Makassar 2019

Sanjaya, Wina . 2006. Strategi Pembelajaran Berorientasi Pada Proses Pendidikan. Jakarta: Prenada Media

Tim KBK Penjas Direktorat Menengah Kejuruan. Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar dan Menengah Departemen Pendidikan Nasional. 2003. KBK Mata Pelajaran Penjas. Jakarta

https://azwarfik.blogspot.com/2017/03/implementasi-manajemen-penjas-di-sekolah.html

Published

2019-11-15

How to Cite

Supriyadi, D. (2019). Implementasi Manajemen Pembelajaran Pendidikan Jasmani untuk Menciptakan Pembelajaran yang Menyenangkan bagi Siswa. Jurnal Speed (Sport, Physical Education, Empowerment), 2(2), 20–26. https://doi.org/10.35706/speed.v2i2.3374

Issue

Section

Artikel