Pembelajaran Kooperatif Tipe Team Game Tournament dalam Pembelajaran Manajemen Pendidikan Jasmani dan Olahraga
DOI:
https://doi.org/10.35706/jurnal%20speed.v3i1.3581Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui sejauh mana efektivitas model pembelajaran kooperatif tipe team game tournament dalam perkuliahan Manajemen Pendidikan Jasmani dan Olahraga. Secara khusus pada materi sistem pertandingan. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas. Subyek penelitian mahasiswa pendidikan jasmani kesehatan dan rekreasi yang mengikuti perkuliahan Manajemen Pendidikan Jasmani dan Olahraga, serta dosen pengajar mata kuliah Manajemen Pendidikan Jasmani dan Olahraga. Pada awal perkuliahan telah dijelaskan materi sistem pertandingan dan ternyata banyak mahasiswa yang belum memahami materi ini. Berdasarkan fakta ini dipandang penting untuk diperbaiki proses pembelajarannya. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan hasil belajar, pada pra siklus nilai B ke atas ada 37.5 persen, pada siklus 1 meningkat menjadi 55 persen, dan pada siklus 2 menjadi 80 persen. Berdasarkan hasil penelitian ini maka penggunaan metode Kooperatif Team Game Tournament telah memberikan efek positif terhadap hasil belajar manajemen pendidikan jasmani dan olahraga mahasiswa.
Downloads
References
Acmad,P. (2012). Manajemen Pendidikan Jasmani dan Olahraga. Rineka Cipta:Jakarta.
Agus Manadji. (2001). Hand Out Mata Kuliah Dasar-Dasar Pendidikan Jasmani. FIK UNY.
Agus S.S.(2001). Teknologi Pembelajaran Pendidikan Jasmani. Yogyakarta. Fakultas Ilmu Keolahragaan.
Bayu, I dan Dian, P. (2015). Manajemen Pendidikan Jasmani dan Olahraga. FKIP UNIB Press. Bengkulu.
David Hopkins (1993). Teachers Guide To Claasroom Research. Open University Press. Buckingham Philadelphia.
Harsuki (2012). Manajemen Olahraga. Raja Grafindo Persada:Jakarta.
Husdarta (2011). Manajemen Pendidikan Jasmani. Alfabeta:Bandung.
Joyce,Weil,Calhoun (2004). Models of Theaching. Boston: Pearson A and B.
Krotee dan Bucher (2007). Management of Physical Education and Sport. McGrawHill:Boston.
McNiff J, Whithead J. (2006) All You Need To Know About Action Research. London: Sage Publication.
Metzler M.W. (2000) Intructional Model For Physical Education. Booston: Allyn Bacon.
Mitchell S.A., Oslin J.L., Griffin L.L. (2006) Teaching Sport Concepts And Skill A Tactical Games Approach. Canada: Human Kinetics.
Mosston, M., Ashworth, S. (2008). Teaching Physical Education. Sara Ashworth:USA.
Peter R, Hilary B (2001). Hand Book of Action Research Participative Inquiry and Practice. Stage Publication. London.
Suharsimi A, Suhardjono, Supardi.(2006). Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta.Bumi Aksara.
Suryabrata, S. (1998). Psikologi Pendidikan. Jakarta : PT. Raja Grafindo Persada
Tim UPT-P2AP UNIB (2011). Modul Pelatihan Pekerti Berbasis Aktive Learning Bagi Dosen Universitas Bengkulu.UPT-P2AP:Bengkulu
M. Yunus, (1992), Olahraga Pilihan Bola voli. Departemen Pendidikan Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi Proyek Pembeinaan Tenaga Pendidikan.
Winkel, WS (1997). Psikologi Pendidikan dan Evaluasi Belajar. Jakarta : Gramedia
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2020 Jurnal Speed (Sport, Physical Education, Empowerment)
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.