Efektivitas Pembelajaran Bola Voli Menggunakan Modifikasi Permainan Bola Voli Mini Siswa sekolah Dasar

Authors

  • SHINTYA IKIP BUDI UTOMO
  • Luthfie Lufthansa IKIP Budi Utomo
  • Muhammad Yusron Afandi SDN 3 Kedungsalam
  • Syamsul Arif Hidayatullah Akhsan SDN 3 Senggreng
  • Totok Suhermanto SDN 1 Ngebruk

DOI:

https://doi.org/10.35706/jurnalspeed.v6i01.8864

Abstract

Bola voli yang diajarkan kepada peserta didik dalam pembelajaran melalui modifikasi sebuah
modifikasi permainan bola voli mini ini, dimana akan berdampak dalam menjadikan salah satu
permainan lebih menarik untuk anak-anak. Dalam modifikasi ini tentu saja dilaksanakan dengan
melakukan sebuah penyederhanaan serta penyesuaian kebutuhan seusianya. Tujuan dari modifikasi bola
voli ini yaitu membantu hingga mempermudah siswa dalam melaksanakan praktek permainan bola voli
mini dengan efektif. Metode Penelitian yang digunakan adalah metode penelitian tindakan (action
research). Berdasarkan hasil penelitian, dapat disimpulkan bahwa terdapat peningkatan ketuntasan hasil
pada pembelajaran bola voli dengan modifikasi bola voli mini. Peningkatan ketuntasan hasil belajar
bola voli SDN 2 Pulungdewo diketahui dalam siklus I mendapatkan hasil tuntas siswa dimana sejumlah
12 siswa atau 40%, sedangkan terdapat siswa belum tuntas sebanyak 18 siswa atau 60%. Kemudian
pada siklus II didapatkan hasil seluruh siswa berjumlah 30 siswa dalam kategori tuntas. Hasil diatas
dapat disimpulkan bahwa terdapat peningkatan ketuntasan hasil pembelajaran bola voli dengan cara
memodifikasi bola voli mini.

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2023-06-01

How to Cite

SHINTYA, Luthfie Lufthansa, Muhammad Yusron Afandi, Syamsul Arif Hidayatullah Akhsan, & Totok Suhermanto. (2023). Efektivitas Pembelajaran Bola Voli Menggunakan Modifikasi Permainan Bola Voli Mini Siswa sekolah Dasar. Jurnal Speed (Sport, Physical Education, Empowerment), 6(01), 11–18. https://doi.org/10.35706/jurnalspeed.v6i01.8864

Most read articles by the same author(s)