Efektivitas Pembelajaran Bola Voli Menggunakan Modifikasi Permainan Bola Voli Mini Siswa sekolah Dasar
DOI:
https://doi.org/10.35706/jurnalspeed.v6i01.8864Abstract
Bola voli yang diajarkan kepada peserta didik dalam pembelajaran melalui modifikasi sebuah
modifikasi permainan bola voli mini ini, dimana akan berdampak dalam menjadikan salah satu
permainan lebih menarik untuk anak-anak. Dalam modifikasi ini tentu saja dilaksanakan dengan
melakukan sebuah penyederhanaan serta penyesuaian kebutuhan seusianya. Tujuan dari modifikasi bola
voli ini yaitu membantu hingga mempermudah siswa dalam melaksanakan praktek permainan bola voli
mini dengan efektif. Metode Penelitian yang digunakan adalah metode penelitian tindakan (action
research). Berdasarkan hasil penelitian, dapat disimpulkan bahwa terdapat peningkatan ketuntasan hasil
pada pembelajaran bola voli dengan modifikasi bola voli mini. Peningkatan ketuntasan hasil belajar
bola voli SDN 2 Pulungdewo diketahui dalam siklus I mendapatkan hasil tuntas siswa dimana sejumlah
12 siswa atau 40%, sedangkan terdapat siswa belum tuntas sebanyak 18 siswa atau 60%. Kemudian
pada siklus II didapatkan hasil seluruh siswa berjumlah 30 siswa dalam kategori tuntas. Hasil diatas
dapat disimpulkan bahwa terdapat peningkatan ketuntasan hasil pembelajaran bola voli dengan cara
memodifikasi bola voli mini.
Downloads
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.