Analisis Kesulitan Calon Guru Sekolah Dasar Dalam Menyelesaikan Soal Pemecahan Masalah Matematis Berdasarkan Prosedur Newman
DOI:
https://doi.org/10.35706/sjme.v3i1.1471Abstract
Tujuan penelitian ini untuk: (1) Memberikan gambaran mengenai profil calon guru Sekolah Dasar dalam pemecahan masalah matematis berdasarkan prosedur Newman; (2) Mendeskripsikan faktor-faktor yang menjadi penyebab mahasiswa mengalami kesulitan dalam setiap langkah pemecahan masalah berdasarkan prosedur Newman; (3) Memaparkan dampak yang ditimbulkan dari kesulitan mahasiswa dalam pemecahan masalah matematis; (4) Menemukan cara yang tepat dalam mengatasi kesalahan mahasiswa dalam pemecahan masalah matematis.Populasi penelitan adalah Mahasiswa Calon Guru Sekolah Dasar Universitas Majalengka. Sampel adalah semester V pada matakuliah Pemecahan Masalah Matematika. Pengambilan data diperoleh dengan pedoman wawancara, lembar observasi mahasiswa dan lembar soal tes untuk melihak kemampuan pemecahan masalah matematis mahasiswa. yang kemudian dianalisis melalui langkah-langkah; (1) Reduksi Data; (2)Penyajian Data; (3) Verifikasi. Hasil penelitian adalah Jenis kesulitan yang dilakukan mahasiswa dalam menyelesaikan soal pemecahan masalah berdasarkan prosedur Newman; (1) Terdapat 33,33% subjek penelitian mengalami jenis kesulitan pada tahap comprehension; (2) Terdapat 16,67% subjek penelitian yang kesulitan pada tahap transformation; (3) Terdapat 16,67% subjek penelitian yang kesulitan pada tahap process skill; (4) Terdapat 16,67% subjek penelitian yang kesulitan pada tahap encoding; (5) terdapat 16,67% subjek penelitian yang tidak menggunakan prosedur Newman dalam menyelesaikan masalahnya.
Downloads
References
Abdullah, S. (2000). Memecahkan Masalah dalam Matematika. Jurnal Gentengkali, 3(1), 36-39.
Alam, N., & Pathuddin. (2002). Pemecahan Masalah dalam Matematika. Kreatif, Jurnal Pendidikan dan Seni, 5(3), 59 –72.
Bahar, A.K. (2015). Cognitive Background of Problem Solving: A Comparison of Open-ended vs. Closed Mathematics Problems. Eurasia Journal of Mathematics, Science & Technology Education, 11(6), 1531-1546.
BSNP. (2006). Standar Kompetensi dan Kompetensi Dasar Tingkat SD, MI, dan SLBSD. Jakarta: BSNP.
IMSTEP-JICA. (1999). Permasalahan Pembelajaran Matematika SD, SMP, SMU di Kota Bandung. Bandung: FMIPA UPI.
Mulllis, et al. (2011). TIMSS: Trends in Mathematics and Science Study: Assessment Specification 2006. Boston: The International Study Center.
NCTM. (1980). Problem Solving in School Mathematics. Yearbook: NCTM Inc.
OECD. (2013). PISA 2012 Result: What Student Know and Can Do Student Performance in Mathematics, Reading and Science (Volume I). [Online]. Tersedia: http://www.oecd.org/pisa/keyfindings/pisa-2012-results-volume-I.pdf.
Sugiyono. (2013). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan Kombinasi (Mixed Methods). Bandung: Alfabeta.
Turmudi. (2008). Landasan Filsafat dan Teori Pembelajaran Matematika: Paradigma Eksploratif dan Investigatif. Jakarta: Leuser Cita Pustaka.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).