Penerapan Bahan Ajar Trigamaster Untuk Menghindari Mind In Chaos Siswa Pada Pokok Bahasan Trigonometri
DOI:
https://doi.org/10.35706/sjme.v3i2.1710Abstract
Peneliti menerapkan materi Trigonometri yang dikembangkan melalui bahan ajar Trigamaster. Penerapan bahan ajar Trigamaster pada trigonometri dimaksudkan untuk menghindari terjadinya mind in chaos siswa dalam pembelajaran matematika. Mind in chaos pada siswa terhadap pelajaran matematika merupakan suatu kesan negatif yang jika dibiarkan terjadi sejak mereka masih kecil, yang pada akhirnya hingga dewasa kesan negatif tersebut, yang menyatakan bahwa matematika itu sulit dan menakutkan tetap menetap pada siswa. Hasil penelitian adalah penerapan bahan ajar Trigamaster untuk menghindari Mind In Chaos siswa sehingga memberikan pengalaman dan kesan positif siswa terhadap matematika khususnya pada pokok bahasan Trigonometri pembelajaran matematika.
Downloads
References
Buxton. 1984. Learning in Mathematics. UK: University Press Gatot Muhsetyo.
Soenarto. (2003). Metodologi Penelitian Pengembangan untuk Meningkatkan Kualitas Pembelajaran. Jakarta: Dit PPTK dan KPT, Dikti, Depdiknas.
Sugiyono. 2008. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R & D. Jakarta: Alfabeta Tim MKPBM. (2001). Strategi Pembelajaran Matematika Kontemporer. Bandung: JICA-Universitas Pendidikan Indonesia.
Fathurrohman, dkk. 2009. Pengembangan Board Game Matematika Di Sd Negeri Wadasari, Kabupaten Serang. Prosiding Seminar Nasional Penelitian, Pendidikan dan Penerapan MIPA Fakultas MIPA, Universitas Negeri Yogyakarta, 16 Mei 2009.
Liberna, H dan Yogi. 2013. Metode Pembelajaran Matematika. Jakarta. Mitra abadi dan Unindra Press.
Muchlis, dkk. (2015). Penerapan pembelajaran trigonometri yang berbatukan Macromedia Flash 8 untuk meningkatkan hasil belajar mahasiswa program studi pendidikan matematika FKIP Universitas Bengkulu. Bengkulu.
Mulyadi (2006). Diagnosis Kesulitan Belajar dan Bimbingan Belajar Terhadap Kesulitan Belajar Khusus. Yogyakarta: Nuha Litera.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).