Pengembangan Bahan Ajar Rainbow Book Pada Materi Bangun Datar Kelas IV
DOI:
https://doi.org/10.35706/sjme.v3i2.1780Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan bahan ajar Rainbow Book pada materi bangun datar, khususnya keliling dan luas persegi, persegi panjang dan segitiga, untuk mengetahui tingkat validitas bahan ajar Rainbow Book yang dikembangkan dan untuk mengetahui respon pengguna terhadap bahan ajar Rainbow Book, serta mengukur pemahaman peserta didik setelah menggunakan bahan ajar Rainbow Book. Subjek penelitian ini adalah peserta didik kelas IV SDN Bhayangkari yang berjumlah 20 peserta didik Tahun Pelajaran 2018/2019. Pengambilan data diperoleh dengan tes, observasi, angket, dan dokumentasi. Hasil penelitian adalah (1) didapatkan skor rata-rata dari validasi ahli dengan presentase sebesar 85,68% yang termasuk dalam kategori “sangat layak” (2) skor rata-rata respon guru dengan presentase sebesar 95% yang termasuk dalam kategori “sangat baik” (3) skor rata-rata respon peserta didik dengan presentase sebesar 97% yang termasuk dalam kategori “sangat baik” (4) skor rata-rata post test sebesar 85 yang telah mencapai KKM dengan kategori “sangat baik” sehingga dapat disimpulkan bahwa bahan ajar Rainbow Book layak digunakan dalam materi bangun datar di kelas IV dan dapat memberikan pemahaman kepada peserta didik kelas IV pada materi bangun datar.Downloads
References
Giartiningsih. (2014). Pengembangan Bahan Ajar Matematika SMP yang Kontruktivistik Berbantu Modul Interaktif pada Materi Segitiga dan Segiempat. Prosiding Mathematics and Scinces Forum, Hal.153.
Hamid, Hamdani. (2013). Pengembangan Sistem Pendidikan di Indonesia. Bandung: CV. Pustaka Setia.
Haryanti. F., Ardi Saputro. (2016) Pengembangan Modul Matematika Berbasis Discovery Learning Berbantu Flipbook Maker Untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Pada Materi Segitiga. Jurnal Pendidikan Matematika. Vol.1, No.1 (Hal. 147-161) November 2016.
Jamaludin, Ujang. (2017). Pembelajaran Pendidikan IPS (Teori Konsep dan Aplikasi bagi Guru dan Mahasiswa. Bekasi: CV. Nurani.
Juwita, D. (2017). Program Identifikasi Tema Dongeng untuk Meningkatkan Pemahaman Tema Moral Pada Siswa Kelas V Sekolah Dasar. Jurnal Psikologi. Vol .44, No.3 (167-176).
Lisnani. (2013) Desain Pembelajaran Bangun Datar Menggunakan Fable “Dog Catches Cat” And Puzzle Tangram Di Kelas II SD. Jurnal Kreano, ISSN : 2086-2334. Vol.4, No.1 (Hal. 11-25) Juni 2013.
Maryamah, I (2017). Pengembangan Bahan Ajar Materi Phythagoras yang Berorientasi pada Kompetensi Abad 21 untuk Guru SMP. Supremum Journal of Mathematics Education. Vol.3, No.1 (67-77) Januari 2019.
Rahmadani, Y (2018) Pengembangan Modul Matematika Berbasis Model Kooperatif Tipe STAD Dengan Metode Penemuan Terbimbing Pada Pokok Bahasan Teorema Phytagoras. Jurnal Lentera Pendidikan. Vol.21, No.1 (Hal.23-32) Juni 2018.
Sugiyono. (2011). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: CV Alfabeta.
Srinina, B. (2018). Pengembang Media Pembelajaran Matematika Materi Keliling dan Luas Bangun Datar Untuk Meningkatkan Kemampuan Kognitif dan Minat Siswa KelasV SD Margoyasan Yogyakarta. Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar Edisi 10 Tahun ke-7. Vol.7,No.10, (Hal.916-924).
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).