Pengembangan Media Visual Basic Application untuk Meningkatkan Kemampuan Penalaran Siswa SMP dengan Pendekatan Open-Ended
DOI:
https://doi.org/10.35706/sjme.v3i2.1897Abstract
Penelitian ini memiliki tujuan mengetahui pengaruh media pembelajaran Visual Basic Application (VBA) for Microsoft Powerpoint dan Excel pada materi peluang terhadap kemampuan penalaran matematis siswa SMP. Sampel pada penelitian ini adalah 23 siswa kelas VIII salah satu SMP di Kota Cimahi Tahun Pelajaran 2018/2019. Pengambilan data diperoleh dengan metode tes untuk menentukan kemampuan penalaran matematis siswa yang kemudian dianalisis ketercapaian dan kesulitan siswa pada setiap indikator yang menjadi dasar pengembangan media pembelajaran. Media kemudian diujicobakan kembali dalam pembelajaran. Hasil dari penelitian ini adalah adanya pengaruh media pembelajaran Visual Basic Application (VBA) for Microsoft Powerpoint dan Excel dalam meningkatkan kemampuan penalaran siswa pada materi peluang, dan media tersebut dapat membantu guru saat menggunakan pendekatan Open-Ended sehingga pembelajaran di kelas lebih efektif, serta menciptakan pembelajaran peluang menjadi interaktif dan menyenangkan.
Downloads
References
Akbar, P., Hamid, A., Bernard, M., & Sugandi, A. I. (2018). Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah dan Disposisi Matematik Siswa Kelas XII SMA Putra Juang dalam materi peluang. Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika, 2(1), 144-153.
Bernard, M., & Chotimah, S. (2018). Improve Student Mathematical Reasoning Ability with Open-Ended Approach using VBA for Powerpoint. In AIP Conference Proceedings (Vol. 2014, No. 1, p. 020013). AIP Publishing.
Bernard, M., Minarti, E. D., & Hutajulu, M. (2018). Constructing Student’s Mathematical Understanding Skills and Self Confidence: Math Game with Visual Basic Application for Microsoft Excel in Learning Phytagoras at Junior High School.International Journal of Engineering & Technology, 7(3.2), 732-736.
Bernard, M., Rosyana, T., & Afrilianto, M. (2018, December). Improve Students Creative Ability in Discrete Mathematics Course with Approach Open Ended Assisted Visual Basic Application for Excel. In International Conference on Mathematics and Science Education of Universitas Pendidikan Indonesia (Vol. 3, pp. 602-607).
Jamal, F. (2019). Analisis Kesulitan Belajar Siswa dalam Mata Pelajaran Matematika pada Materi Peluang Kelas XI IPA SMA Muhammadiyah Meulaboh Johan Pahlawan. MAJU: Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 1(1).
Latifah, R. A., & Mahmudi, A. (2018). Pengaruh Pembelajaran Matematika dengan Pendekatan Brain Based Learning terhadap Kemampuan Penalaran Matematis Siswa SMP pada Materi Teorema Pythagoras. Jurnal Pendidikan Matematika-S1, 7(2), 58-66
Tjiptiany, E. N., As’ari, A. R., & Muksar, M. (2016). Pengembangan Modul Pembelajaran Matematika dengan Pendekatan Inkuiri untuk Membantu Siswa SMA Kelas X dalam Memahami Materi Peluang. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, dan Pengembangan, 1(10), 1938-1942.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).