Analisis Kesalahan Mahasiswa Pendidikan Matematika UIR pada Penyelesaian Analisis Kompleks
DOI:
https://doi.org/10.35706/sjme.v5i1.4393Abstract
mahasiswa pendidikan matematika UIR pada penyelesaian soal analisis kompleks. Jenis penelitian adalah penelitian kualitatif dengan metode deskriptif. Adapun subjek dalam penelitian ini adalah mahasiswa semester enam pendidikan matematika FKIP UIR sebanyak 60 mahasiswa tahun ajaran 2019/2020. Teknik pengumpulan datanya menggunakan lembar soal tes dan wawancara terbuka. Analisis data yang digunakan yaitu analisis deskriptif kualitatif dengan melakukan analisis hasil tes soal analisis kompleks dan analisis hasil wawancara. Hasil penelitian menunjukan bahwa mahasiswa yang melakukan kesalahan fakta hampir seluruh menjawab dengan tidak mengetahui materi secara luas, sehingga mereka lebih memilih mengosongkan jawaban daripada memberikan jawaban yang nantinya salah. Kesalahan konsep terjadi karena mahasiswa kurang memahami bentuk soal, lambat memahami soal, bingung menentukan polar dan rumus integral. Kesalahan prinsip juga dapat dilihat karena salah dalam menerjemahkan soal seperti memperhatikan sudut quadran dan menyederhanakan bilangan. Kemudian kesalahan operasi hanya sedikit terjadi pada mahasiswa karena kesalahan ini terjadi jika mahasiswa terlalu terburu-buru dalam menentukan jawaban sehingga tidak memperhatikan seluruh operasi bilangan yang ada. Dari keseluruhan jawaban mahasiswa sekitar 48% berhasil menjawab soal dengan baik dan benar, tanpa kesalahan sedikitpun.
Downloads
References
Abidin, Z. (2012). Pendidikan Matematika Fakultas. Jurnal Ilmiah Didaktika, XIII(1), 183–196.
Amir, M. F. (2019). Analisis Kesalahan Mahasiswa PGSD Universitas Muhammadiyah Sidoarji dalam Soal Pertidaksamaan Linier. Jurnal Edukasi, 1(2), 131–145.
Andriani, L., & Matematika, P. (2020). Soal Himpunan Di Program Studi Pendidikan. Jurnal Pendidikan Matematika, 03(02), 550–562.
Imswatama, A., & Muhassanah, N. (2016). Analisis Kesalahan Mahasiswa Dalam Menyelesaikan Soal Geometri Analitik Bidang Materi Garis Dan Lingkaran. Suska Journal of Mathematics Education, 2(1), 1.
Jana, P. (2018). Analisis Kesalahan Mahasiswa Dalam Menyelesaikan Soal Matematika Pada Pokok Bahasan Vektor. Jurnal Mercumatika : Jurnal Penelitian Matematika Dan Pendidikan Matematika, 2(2), 8.
Kania, N., & Arifin, Z. (2019). Analisis Kesulitan Calon Guru Sekolah Dasar Dalam Menyelesaikan Soal Pemecahan Masalah Matematis Berdasarkan Prosedur Newman. SJME (Supremum Journal of Mathematics Education), 3(1), 57–66.
Lusiana, R. (2017). Analisis Kesalahan Mahasiswa Dalam Memecahkan Masalah Pada Materi Himpunan Ditinjau Dari Gaya Kognitif. Jurnal Penelitian Dan Pembelajaran Matematika, 10(1), 24–29.
Romadiastri, Y. (2016). Analisis Kesalahan Mahasiswa Matematika Dalam Menyelesaikan Soal- Soal Logika. Phenomenon : Jurnal Pendidikan MIPA, 2(1), 76.
Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R & D. Alfabeta.
Sukirman. (1985). Identifikasi Kesalahan-Kesalahan yang Diperbuat Siswa Kelas III SMP pada setiap Aspek Penguasaan Bahan Pelajaran Matematika. Tesis(Tidak dipublikasikan).
Valentino, E. (2017). Analisis Kesalahan Konten Matematika pada Buku Siswa Tematik Sekolah Dasar Kelas V Semester I Kurikulum 2013. Suska Journal of Mathematics Education, 3(2), 74.
Widjajanti, D. B. (2009). Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Mahasiswa Calon Guru Matematika: Apa dan Bagaimana Mengembangkannnya P-25 Oleh. Seminar Nasional Matematika Dan Pendidikan Matematika, 402–413.
Widodo, S. A. (2013). Analisis Kesalahan Dalam Pemecahan Masalah Divergensi Tipe Membuktikan Pada Mahasiswa Matematika. Jurnal Pendidikan Dan Pengajaran, 106–113.
Wijaya, A. A., & Masriyah. (2019). Analsis Kesalahan Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Cerita Pada Materi Sistem Linear Dua Variabel. MATHEdunesa, 8(2).
Yensy, N. A. (2018). Diagnosis Kesalahan Mahasiswa Dalam Menyelesaikan Soal Perhitungan Peluang Pada Matakuliah Statistika Matematika. Jurnal Pendidikan Eksakta, 2(4), 145–150.
Yolanda, F., & Amelia, S. (2018). Peningkatan Kemampuan Koneksi Matematis Mahasiswa Melalui Accelerated Learning Cycle. Jurnal Ilmiah Dikdaya, 8(2), 268-274
Downloads
Published
Versions
- 2021-03-19 (2)
- 2021-01-29 (1)
How to Cite
Issue
Section
License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).