Pendekatan Metakognitif Terhadap Kemampuan Penalaran Matematik Siswa Ditinjau Dari Habits Of Minds
DOI:
https://doi.org/10.35706/sjme.v5i1.4510Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk menelaah perbedaan kemampuan penalaran matematik siswa antara yang pembelajarannya menggunakan pendekatan metakognitif dengan pembelajaran konvensional ditinjau dari Habits of Mind (HOM). Metode penelitian yang digunakan adalah Quasi eksperimen. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh mahasiswa Program studi Pendidikan Matematika IKIP Siliwangi Bandung, sedangkan sampelnya dipilih dua kelas Angkatan 2017 dari 4 kelas yang ada. Instrumen yang digunakan dalam pengumpulan data adalah berbentuk tes yang berupa soal uraian sebanyak 5 soal, dan non tes berupa angket skala likert dengan 32 pernyataan. Pengolahan data dilakukan dengan uji anova dua jalur menggunakan SPSS. Berdasarkan hasil pengolahan data didapat hasil terdapat pengaruh model pembelajaran metakognitif terhadap kemampuan penalaran matematik siswa, terdapat pengaruh Habits of Mind terhadap kemampuan penalaran matematik siswa dan tidak terdapat interaksi antara pendekatan pembelajaran metakognitif dan Habits of Minds terhadap kemampuan penalaran matematik siswa
Downloads
References
Admura, F., & Susanti (2018). Penalaran mahasiswa dalam memecahkan masalah analisis real berdasarkan kemampuan berpikir intuitif. Jurnal of Mathematics and Mathematics Education. Vol 8(2). P-156-172. Desember 2018.
Aminah, M., Kusumah, Y.K., Suryadi, D. and Sumarmo, U. (2017). “Enhancing Students’ Mathematical Logical Thinking Ability and Self Regulated Learning By Using Metacognitive Teaching-Learning”. Paper published in International Journal of Instruction. July, 2018. Vol. 11-number.3.
Burais , L., Ikhsan, M. & Duskri, M. (2016). Peningkatan Kemampuan Penalaran Matematis Siswa melalui Model Discovery Learning. Jurnal Didaktik Matematika. Vol. 3, No.1, April 2016.
Chrissanti, M.I & Widjajanti, D.B. (2015). Keefektifan pendekatan metakognitif ditinjau dari prestasi belajar, kemampuan berpikir kritis,danminat belajar matematika. Jurnal Riset Pendidikan Matematika. Volume 2 –Nomor 1, Mei 2015, (51 -62).
Costa, AL., & Kallick, B., Translator by Brian Reza Daffi (2012) Belajar dan Memimpin dengan ‘Kebiasaan Pikiran’: 16 Karaktertistik Penting untuk Sukses. Jakarta: Index.
Dwirahayu, G., Kustiawati, D., & Bidari, I. (2018). Pengaruh Habits of Mind terhadap Kemampuan Generalisasi Matematis. JPPM, Vol. 11 No. 2 (2018).
Hastratudin dan Kurniasih, I. (2017). Improving Critical Thinking and Emotional Tntelligence Capabilities of Secondary School Student throught Realistic Mathematics Education Approach. International Journal of Innovation in Science and Mathematics., 5(1),1-6
Hendriana, H., Rohaeti, E. E., & Sumarmo, U. (2017). Hard Skill dan Soft Skills Matematik Siswa. Bandung : Refika Aditama.
Lestari, I. & Andinny, Y. (2020). Kemampuan Penalaran Matematika melalui Model Pembelajaran Metaphorical Thinking Ditinjau dari Disposisi Matematis. Jurnal Elemen Vol. 6 No. 1, Januari 2020, hal. 1 – 12.
Nindiasari, H., Kusumah, SK., Sumarmo, U., and Sabandar, Y. (2014). “Pendekatan Metakognitif untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Reflektif Matematis Siswa SMA”. Edusentris Jurnal Ilmu Pendidikan dan Pengajaran, Vol.1, No. 1, Maret 2014, pp 80-90.
Noto, M. S. (2015). Efektivitas Pendekatan Metakognisi terhadap Penalaran Matematis pada Matakuliah Geometri Transformasi. Jurnal Infinity. Vol. 4(1). 2015
Rosnawati. (2013). Kemampuan Penalaran Matematis Siswa SMP Indonesia pada TIMSS 2011. Prosiding seminar nasional penelitian, Pendidikan , danpenerapan MIPA Fakultas MIPA Universitas Negeri Yogyakarta, 18 Maret 2013.
Safari, S., Cahyono, E., & Kadir. (2019). Pengaruh Pendekatan Metakognitif terhadap Kemampuan Penalaran Matematis Siswa SMA. Jurnal Pembelajaran Berpikir Matematika, Vol. 1(1).
Sumartini,T. S. (2015). Peningkatan Kemampuan Penalaran Matematis Siswa melalui Pembelajaran Berbasis Masalah. Jurnal Musharafa. Volume 5, Nomor 1, April 2015.
Susanti, E., (2015). Problem of High Order Thinking Skills to Train Mathematical Thinking Habits. Tersedia pada: http://eprints.unsri.ac.id/.
Vygotsky, L. S. (1987). Mind in Society. The Development of Higher Psychological Processes. Cambridge : Harvard University Press. 1987.
Wibowo, A. (2017). Pengaruh Pendekatan Pembelajaran Matematika Realistik dan Saintifik
terhadap Prestasi Belajar, Kemampuan Penalaran Matematis dan Minat Belajar.
Downloads
Published
Versions
- 2021-03-19 (3)
- 2021-03-19 (2)
- 2021-01-29 (1)
How to Cite
Issue
Section
License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).