Kemampuan Pemahaman Matematis Siswa Pada Materi Trigonometri

Authors

  • Fida Nisaa Kusnadi Universitas Penndidikan Indonesia
  • Tika Karlina Rachmawati UIN Sunan Gunung Djati Bandung
  • Hamdan Sugilar UIN Sunan Gunung Djati Bandung

DOI:

https://doi.org/10.35706/sjme.v5i2.5140

Abstract

Pandemi covid-19 menimpa seluruh dunia dan memberikan dampak diseluruh sektor kehidupan, khususnya sektor pendidikan. Pada saat pandemi ini peneliti melakukan penelitian yang bertujuan untuk mengetahui kemampuan pemahaan matematis siswa pada materi trigonometri. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Subjek pada penelitian ini adalah 30 orang siswa pada kelas XI disalah satu SMA Negeri Kabupaten Bandung. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh persentase ketercapaian dari keempat indikator kemampuan pemahaman matematis memperoleh hasil dibawah 50%, hal ini menunjukkan bahwa kemampuan pemahaman matematis pada materi trigonometri dimasa pandemi covid-19 ini masih rendah dan masih perlu ditingkatkan lagi.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Abdullah, D. N. Y., & Zanthy, L. S. (2019). Analisis Kemampuan Pemahaman Matematik Siswa Smp Dengan Menggunakan Pendekatan Kontekstual. Journal on Education, 1(2), 207–214.

Cucinotta, D., & Vanelli, M. (2020). WHO declares COVID-19 a pandemic. Acta Bio Medica: Atenei Parmensis, 91(1), 157.

Fajar, A. P., Kodirun, K., Suhar, S., & Arapu, L. (2018). Analisis Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Siswa Kelas VIII SMP Negeri 17 Kendari. Jurnal Pendidikan Matematika, 9(2), 229–239.

Gusmania, Y., & Agustyaningrum, N. (2020). Analisis Pemahaman Konsep Matematis Mahasiswa pada Mata Kuliah Trigonometri. Jurnal Gantang, 5(2), 123–132.

Handayani, S. D., & Irawan, A. (2020). Pembelajaran matematika di masa pandemic covid-19 berdasarkan pendekatan matematika realistik. Jurnal Math Educator Nusantara: Wahana Publikasi Karya Tulis Ilmiah Di Bidang Pendidikan Matematika, 6(2), 179–189.

Husna, K. (2020). Proses Pembelajaran Matematika Di Madrasah Ibtidaiyah Negeri 3 Langsa Di Tengah Pandemi Covid-19. Pedagogik: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dan Pembelajaran Fakultas Tarbiyah Universitas Muhammadiyah Aceh, 7(2, Oktober), 144–155.

Irfan, M., Sa’dijah, C., Ishartono, N., Widodo, S., Rahman, A., & Hudha, M. (2018). Interference in Solving Mathematical Problems. Proceedings of the 1st International Conference on Science and Technology for an Internet of Things.

Kamalia, F. F., Basir, M. A., & Ubaidah, N. (2020). Analisis Pemahaman Matematis Siswa pada Materi Trigonometri. IndoMath: Indonesia Mathematics Education, 3(1), 28–35.

Kariadinata, R. (2018). Trigonometri Dasar.

Maya, R., & Sumarmo, U. (2011). Mathematical Understanding and Proving Abilities: Experiment with Undergraduate Student by Using Modified Moore Learning Approach. Indonesian Mathematical Society Journal on Mathematics Education, 2(2), 231–250.

Nadeem, S. (2020). Coronavirus COVID-19: Available free literature provided by various companies, journals and organizations around the world. Journal of Ongoing Chemical Research, 5(1), 7–13.

Nurfauziah, P., & Sari, V. T. A. (2018). Penerapan Bahan Ajar Trigonometri Dengan Model Matematika Knisley Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Matematik Mahasiswa. AKSIOMA: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 7(3), 356–362.

Putra, E. A., Sudiana, R., & Pamungkas, A. S. (2020). Pengembangan Smartphone Learning Management System (S-LMS) Sebagai Media Pembelajaran Matematika di SMA. Kreano, Jurnal Matematika Kreatif-Inovatif, 11(1), 36–45.

Riana, R., Maulani, F. I., & Nurfauziah, P. (2020). Analisis Kesulitan Siswa Smk Pada Pokok Bahasan Trigonometri. MAJU: Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 7(1).

Rohman, A. A., & Karimah, S. (2018). Faktor-faktor yang mempengaruhi rendahnya motivasi belajar siswa kelas XI. J. At-Taqaddum, 10(1), 95–108.

Rosalia, N. (2020). Pengaruh Self Efficacy terhadap kemampuan pemahaman matematis siswa ketika wabah Covid-19.

Santoso, B. (2020). Prosach: Sebagai Acuan Pembelajaran Matematika Dengan Menggunakan Platform Digital Di Masa Pandemik Covid-19. LINEAR: Journal of Mathematics Education, 1(1), 57–63.

Sari, J., & Hayati, F. (2019). Analisis Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Siswa Smp Pada Materi Kubus Dan Balok. Pi: Mathematics Education Journal, 2(1), 14–25.

Sholihah, W. (2018). Analisis hambatan belajar pada materi trigonometri dalam kemampuan pemahaman matematis siswa. IndoMath: Indonesia Mathematics Education, 1(2), 109–120.

Sutriyani, W. (2020). Studi Pengaruh Daring Learning Terhadap Minat Dan Hasil Belajar Matematika Mahasiswa Pgsd Era Pandemi Covid-19. Tunas Nusantara, 2(1).

Syarifah, L. L. (2017). Analisis kemampuan pemahaman matematis pada mata kuliah pembelajaran matematika SMA II. JPPM (Jurnal Penelitian Dan Pembelajaran Matematika), 10(2).

Widodo, S., Irfan, M., Leonard, L., Fitriyani, H., Perbowo, K., & Trisniawati, T. (2018). Visual Media in Team Accelerated Instruction to Improve Mathematical Problem-Solving Skill. Proceedings of the 1st International Conference on Science and Technology for an Internet of Things.

Wiryanto, W. (2020). Proses Pembelajaran Matematika Di Sekolah Dasar Di Tengah Pandemi Covid-19. Jurnal Review Pendidikan Dasar: Jurnal Kajian Pendidikan Dan Hasil Penelitian, 6(2), 125–132.

Published

2021-07-28

How to Cite

Kusnadi, F. N., Karlina Rachmawati, T. ., & Sugilar, H. . (2021). Kemampuan Pemahaman Matematis Siswa Pada Materi Trigonometri. SJME (Supremum Journal of Mathematics Education), 5(2). https://doi.org/10.35706/sjme.v5i2.5140

Issue

Section

Article