Kemampuan Pemahaman Matematis Siswa Pada Materi Trigonometri
DOI:
https://doi.org/10.35706/sjme.v5i2.5140Abstract
Pandemi covid-19 menimpa seluruh dunia dan memberikan dampak diseluruh sektor kehidupan, khususnya sektor pendidikan. Pada saat pandemi ini peneliti melakukan penelitian yang bertujuan untuk mengetahui kemampuan pemahaan matematis siswa pada materi trigonometri. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Subjek pada penelitian ini adalah 30 orang siswa pada kelas XI disalah satu SMA Negeri Kabupaten Bandung. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh persentase ketercapaian dari keempat indikator kemampuan pemahaman matematis memperoleh hasil dibawah 50%, hal ini menunjukkan bahwa kemampuan pemahaman matematis pada materi trigonometri dimasa pandemi covid-19 ini masih rendah dan masih perlu ditingkatkan lagi.
Downloads
References
Abdullah, D. N. Y., & Zanthy, L. S. (2019). Analisis Kemampuan Pemahaman Matematik Siswa Smp Dengan Menggunakan Pendekatan Kontekstual. Journal on Education, 1(2), 207–214.
Cucinotta, D., & Vanelli, M. (2020). WHO declares COVID-19 a pandemic. Acta Bio Medica: Atenei Parmensis, 91(1), 157.
Fajar, A. P., Kodirun, K., Suhar, S., & Arapu, L. (2018). Analisis Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Siswa Kelas VIII SMP Negeri 17 Kendari. Jurnal Pendidikan Matematika, 9(2), 229–239.
Gusmania, Y., & Agustyaningrum, N. (2020). Analisis Pemahaman Konsep Matematis Mahasiswa pada Mata Kuliah Trigonometri. Jurnal Gantang, 5(2), 123–132.
Handayani, S. D., & Irawan, A. (2020). Pembelajaran matematika di masa pandemic covid-19 berdasarkan pendekatan matematika realistik. Jurnal Math Educator Nusantara: Wahana Publikasi Karya Tulis Ilmiah Di Bidang Pendidikan Matematika, 6(2), 179–189.
Husna, K. (2020). Proses Pembelajaran Matematika Di Madrasah Ibtidaiyah Negeri 3 Langsa Di Tengah Pandemi Covid-19. Pedagogik: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dan Pembelajaran Fakultas Tarbiyah Universitas Muhammadiyah Aceh, 7(2, Oktober), 144–155.
Irfan, M., Sa’dijah, C., Ishartono, N., Widodo, S., Rahman, A., & Hudha, M. (2018). Interference in Solving Mathematical Problems. Proceedings of the 1st International Conference on Science and Technology for an Internet of Things.
Kamalia, F. F., Basir, M. A., & Ubaidah, N. (2020). Analisis Pemahaman Matematis Siswa pada Materi Trigonometri. IndoMath: Indonesia Mathematics Education, 3(1), 28–35.
Kariadinata, R. (2018). Trigonometri Dasar.
Maya, R., & Sumarmo, U. (2011). Mathematical Understanding and Proving Abilities: Experiment with Undergraduate Student by Using Modified Moore Learning Approach. Indonesian Mathematical Society Journal on Mathematics Education, 2(2), 231–250.
Nadeem, S. (2020). Coronavirus COVID-19: Available free literature provided by various companies, journals and organizations around the world. Journal of Ongoing Chemical Research, 5(1), 7–13.
Nurfauziah, P., & Sari, V. T. A. (2018). Penerapan Bahan Ajar Trigonometri Dengan Model Matematika Knisley Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Matematik Mahasiswa. AKSIOMA: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 7(3), 356–362.
Putra, E. A., Sudiana, R., & Pamungkas, A. S. (2020). Pengembangan Smartphone Learning Management System (S-LMS) Sebagai Media Pembelajaran Matematika di SMA. Kreano, Jurnal Matematika Kreatif-Inovatif, 11(1), 36–45.
Riana, R., Maulani, F. I., & Nurfauziah, P. (2020). Analisis Kesulitan Siswa Smk Pada Pokok Bahasan Trigonometri. MAJU: Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 7(1).
Rohman, A. A., & Karimah, S. (2018). Faktor-faktor yang mempengaruhi rendahnya motivasi belajar siswa kelas XI. J. At-Taqaddum, 10(1), 95–108.
Rosalia, N. (2020). Pengaruh Self Efficacy terhadap kemampuan pemahaman matematis siswa ketika wabah Covid-19.
Santoso, B. (2020). Prosach: Sebagai Acuan Pembelajaran Matematika Dengan Menggunakan Platform Digital Di Masa Pandemik Covid-19. LINEAR: Journal of Mathematics Education, 1(1), 57–63.
Sari, J., & Hayati, F. (2019). Analisis Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Siswa Smp Pada Materi Kubus Dan Balok. Pi: Mathematics Education Journal, 2(1), 14–25.
Sholihah, W. (2018). Analisis hambatan belajar pada materi trigonometri dalam kemampuan pemahaman matematis siswa. IndoMath: Indonesia Mathematics Education, 1(2), 109–120.
Sutriyani, W. (2020). Studi Pengaruh Daring Learning Terhadap Minat Dan Hasil Belajar Matematika Mahasiswa Pgsd Era Pandemi Covid-19. Tunas Nusantara, 2(1).
Syarifah, L. L. (2017). Analisis kemampuan pemahaman matematis pada mata kuliah pembelajaran matematika SMA II. JPPM (Jurnal Penelitian Dan Pembelajaran Matematika), 10(2).
Widodo, S., Irfan, M., Leonard, L., Fitriyani, H., Perbowo, K., & Trisniawati, T. (2018). Visual Media in Team Accelerated Instruction to Improve Mathematical Problem-Solving Skill. Proceedings of the 1st International Conference on Science and Technology for an Internet of Things.
Wiryanto, W. (2020). Proses Pembelajaran Matematika Di Sekolah Dasar Di Tengah Pandemi Covid-19. Jurnal Review Pendidikan Dasar: Jurnal Kajian Pendidikan Dan Hasil Penelitian, 6(2), 125–132.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).