Analisis Kebutuhan Sumber Belajar Matematika Untuk Siswa Diskalkulia Sebagai Acuan Pengembangan Modul Berbasis Kearifan Lokal
DOI:
https://doi.org/10.35706/sjme.v5i2.5164Abstract
Sumber belajar merupakan komponen penting dalam pembelajaran matematika sebab membantu kelancaran belajar siswa terutama untuk siswa yang memiliki hambatan dalam belajar matematika. Artikel ini bertujuan untuk menganalisis kebutuhan sumber belajar matematika untuk siswa diskalkulia. Artikel ini merupakan artikel dengan jenis penelitian deskriptif dengan subjek penelitian adalah guru, kepala sekolah dan pengawas sekolah dasar di Kabupaten Kudus dengan jumlah empat puluh delapan orang yang dipilih seara acak. Data penelitian diperoleh dari pengisian angket kebutuhan sumber belajar matematika. Hasil analisis angket kebutuhan tersebut menunjukkan perlunya pengembangan sumber belajar khusus untuk siswa diskalkulia yang dikaitkan dengan kearifan lokal Kudus. Modul memudahkan siswa diskalkulia dalam mempelajari konten matematika yang sifatnya abstrak
Downloads
References
Abdurrahman, Mulyono. (2010). Pendidikan bagi Anak Berkesulitan Belajar. Jakarta: Rineka Cipta
Abdurrahman, Mulyono. (2012). Anak Berkesulitan Belajar: Teori, Diagnosis dan Remediasinya. Jakarta: Rineka Cipta
Atmaja, Jati Rinarki. (2017). Pendidikan dan Bimbingan Anak Berkebutuhan Khusus. Bandung: Remaja Rosdakarya Offset.
Daryanto. (2013). Menyusun Modul. Yogyakarta: Gava Media
Deviana, Tyas. (2018). Analisis Kebutuhan Pengembagnan Modul Pembelajaran Berbasis Kearifan Lokal Kabupaten Tulungagung untuk Kelas V SD Tema Bangga sebagai Bangsa Indonesia. Jurnal Pemikiran dan Pengembangan SD, Vol 6 No 1 hal. 47-56
Lerner, J. (2002). Learning disabilities and Related Mild Disabilities 9th Edition. Boston: Houghton Mifflin Company
Nurdin, Syafrudin dan Adriantoni. (2017). Kurikulum dan Pembelajaran. Jakarta: Raja Grafindo Persada.
Rifa’I Achmad dan Anni Tri Catharina. (2009). Psikologi Pendidikan. Semarang: Unnes Press
Runtukahu, J. Tombokan dan Kandou, Selpius. (2014). Pembelajaran Matematika Dasar bagi Anak Berkesulitan Belajar. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.
Sundayana, Rostina. (2014). Media dan Alat Peraga dalam Pembelajaran Matematika. Bandung: Alfabeta
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
![Creative Commons License](http://i.creativecommons.org/l/by-sa/4.0/88x31.png)
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).