Persepsi Guru Matematika Terhadap Kemampuannya dalam Implementasi Kurikulum Merdeka
DOI:
https://doi.org/10.35706/sjme.v7i1.7103Abstract
Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi telah menetapkan kurikulum baru bagi pendidikan dasar dan menengah yang akan mulai diterapkan pada tahun ajaran 2022/2023. Walaupun belum bersifat wajib, namun Dinas Pendidikan Kota Bandung menganjurkan beberapa instansi pendidikan untuk menerapkan kurikulum merdeka sebagai upaya mengatasai dampak Pandemi Covid-19. Namun faktanya, para guru menghadapi beberapa tantangan dalam menerapkan perubahan dari Kurikulum 2013 menjasi Kurikulum Merdeka. Salah satunya adalah guru Matematika. Hal ini dikarenakan guru harus menyajikan pembelajaran yang kontekstual, relevan, dan fleksibel. Penelitian ini menemukan bahwa persepsi guru Matematika pada jenjang SMP di Kota Bandung terhadap kemampuannya mengimplementasikan Kurikulum Merdeka berada padak kategori cukup. Namun, guru masih mengalami kesulitan dalam menyusun asesmen dan evaluasi khususnya dalam penyusunan asesmen pembelajaran yang sesuai dengan kurikulum merdeka.
Downloads
References
Arifin, R. (2014). Persepsi Guru Terhadap Implementasi Kurikulum 2013 Bidang Keahlian Teknik Bangunan Di Smk Negeri 2 Yogyakarta. Universitas Negeri Yogyakarta.
Arikunto Suharsimi. (2013). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik (1st ed., Vol. 1). RIneka Cipta.
Atteh, E. (2020). The Nature of Mathematics Education; The Issue of Learning Theories and Classroom Practice. Asian Journal of Education and Social Studies, 42–49. https://doi.org/10.9734/ajess/2020/v10i230265
Badan Standar Kurikulum dan Asesmen Pendidikan Kementerian Pendidikan Kebudayaan Riset dan Teknologi. (2022a). Panduan Pembelajaran dan Asesmen (1st ed., Vol. 1). Kendikbud RI.
Badan Standar Kurikulum dan Asesmen Pendidikan Kementerian Pendidikan Kebudayaan Riset dan Teknologi. (2022b). Panduan Pengembangan Kurikulum Operasional di Satuan Pendidikan Indonesia (1st ed., Vol. 1). Kemendikbud RI.
Badan Standar Nasional Pendidikan. (2008). Kerangka Indikator untuk Pelaporan Pencapaian Standar Nasional Pendidikan: Standar Kualifikasi Akademik dan Kompetensi Guru (6th ed., Vol. 6). Kemendikbud RI.
Dinas Pendidikan Kota Bandung. (2022, June 5). Upaya Tangani Lost Learn dan Generation, Disdik Masif Mensosialisasikan Kurikulum Merdeka.
Dirneti; Meilina, F. A. D. (2021). Persepsi Guru Terhadap Pelaksanaan Pembelajaran Berdasarkan Kurikulum 2013 Pada Masa Pandemi Di SDN 009 Meral. Jurnal Pendidikan Minda, 3(1).
Herawati, D., Latifah, S. S., & Munandar, R. R. (2018). Persepsi Guru Terhadap Implementasi Kurikulum 2013 Dalam Pembelajaran Biologi. Pedagonal : Jurnal Ilmiah Pendidikan, 2(2), 01–06. https://doi.org/10.33751/pedagog.v2i2.847
Kabiba, K., Junaidin, J., & Irwana, I. (2018). Persepsi Guru Terhadap Pelaksanaan Kurikulum 2013. Didaktis: Jurnal Pendidikan Dan Ilmu Pengetahuan, 18(3). https://doi.org/10.30651/didaktis.v18i3.1869
Standar Kualifikasi Akademik dan Kompetensi Guru, Pub. L. No. 16, Kemendikbud RI (2007).
Penilaian Kinerja Guru, Pub. L. No. 74 (2011).
Lunenburg, F. (2011). Curriculum development: Deductive models. Schooling, 2(1).
Pedoman Penerapan Kurikulum dalam Rangka Pemulihan Pembelajaran, Pub. L. No. Nomor 56/M/2022, Kemendikbud RI (2022).
Nurwahida. (2020). Persepsi Guru Sekolah Dasar Tentang Implementasi Kurikulum 2013 Di Kelurahan Pasir Putih Kecamatan Sinjai Borong Kabupaten Sinjai. Universitas Muhammadiyah Makassar.
Sari, A. P. (2015). Persepsi Guru Terhadap Implementasi Kurikulum 2013 Pada Mata Pelajaran Pendidikan Kewarganegaraan dan Budi Pekerti di SMP Negeri 3 Tanggerang Selatan. UIN Syarif Hidayatullah.
Suciyati Sartika, N., Sujana, A., & Fitriyani, G. (2022). Analisis Kesulitan Belajar Matematika Siswa Pada Pokok Bahasan Pola Bilangan. SJME (Supremum Journal of Mathematics Education), 6(2), 203–209. https://doi.org/10.35706/sjme.v6i2.5702
Sugiyono. (2018). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Alfabeta.
Suliani, M. (2020). Persepsi Siswa Terhadap Penggunaan Alat Peraga dalam Pembelajaran Matematika. SJME (Supremum Journal of Mathematics Education), 4(1), 92. https://doi.org/10.35706/sjme.v4i1.3143
Suliani, M., & Ahmad, A. M. (2021). Faktor yang Mempengaruhi Hasil Pembelajaran Jarak Jauh di MTs Negeri 6 HSS di Masa Pandemik Covid-19. SJME (Supremum Journal of Mathematics Education), 5(2). https://doi.org/10.35706/sjme.v5i2.5155
Vithal, R. (2003). In search of a pedagogy of conflict and dialogue in mathematics education (1st ed., Vol. 1). Kluwer Academic Publisher.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
![Creative Commons License](http://i.creativecommons.org/l/by-sa/4.0/88x31.png)
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).