Merancang Uji Coba Realistic Mathematics Education (RME)
DOI:
https://doi.org/10.35706/sjme.v1i2.746Abstract
Tujuan perancangan uji coba RME adalah untuk mengetahui apa yang harus dipersiapkan dalam menghadapi perancangan uji coba matematika realistik, untuk mengetahui apa yang dilakukan dalam perancangan uji coba di sekolah, untuk mengetahui produk apa yang dihasilkan setelah perancangan uji coba matematika realistik, dan untuk mengetahui tindak lanjut yang harus dilakukan apabila perancangan yang harus dilakukan tidak sesuai dengan harapan matematika realistik. Uji coba pembelajaran matematika di suatu sekolah dengan menggunakan pendekatan realistik memerlukan perencanaan yang matang, karena pembelajaran menggunanakan pendekatan realistik sangat kompleks, yaitu dimulai dari persiapan guru, persiapan fasilitas, persiapan materi, bahan ajar sampai kesiapan semua komponen yang ada di sekolah tersebut. Berdasar hal tersebut maka dalam uji coba RME memerlukan rancangan. Produk yang dihasilkan dari perancangan matematika realistik adalah pengetahuan guru, buku guru, buku siswa, silabus, RPP, LAS, dan instrumen.Downloads
References
Gravemeijer, K. (2010). Realistic mathematic EducationTheory as a Guideline for Problem–Centered, Interactive Mathematics Education. Dalam Robert Sembiring (Ed.), A Decade of PMRI in Indonesia (hlm. 41-50). Bandung: IP-PMRI.
Hadi, S. (2002). Effective Teacher Professional Development for The Implementation of Realistic Mathematics Education in Indonesian. Doctoral Dissertation, University of Twente, Enschede, The Netherlands.
Hidayanto, T dan Irawan, E.B. (2013). Pengembangan bahan ajar berbasis realistic mathematic education untuk membangun kemampuan komunikasi matematis siswa smp kelas viii pada materi fungsi. Universitas Negeri Malang.
Kartika, H. (2016). Algoritma Untuk Mengkonstruksi Super Matrik Simetri Fuzzy Persegi Jurnal Ilmiah Matematika dan Pendidikan Matematika, 8(1), 28-33.
Maulana. (2008). Pendidikan Matematika 1. Bandung. Universitas Pendidikan Indonesia.
PMRI. (2007). Majalah PMRI. Vol No. 2. April 2007.
Zulkardi. (2001). Realistic Matematics Education (RME): Teori, Contoh Pembelajaran, dan Taman Belajar di Internet. Makalah pada seminar sehari RME di Jurusan Pendidikan Matematika UPI Bandung pada tanggal 4 April 2001.
Zulkardi. (2002). Developing a Learning Envorinment on Realistic Mathematics Education for Indonesian Students Teachers. Thesis. University of Twente. Enschede:Printpartners Ipskamp.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).