Pengembangan Metode Problem Based Learning Melalui Permainan Engklek Untuk Meningkatkan Thinking Math Peserta Didik Ma Global School
DOI:
https://doi.org/10.35706/sjme.v2i1.999Abstract
Penelitian ini mengkaji tentang bagaimana menyelesaikan permasalahan matematika dengan baik berdasarkan analisis yang dibutuhkan, oleh karena itu dibutuhkan sebuah metode pembelajaran terbarukan salah satunya adalah metode pembelajaran problem based learning. Tetapi tidak cukup hanya dengan metode itu saja melainkan metode tersebut harus dikembangkan melalui Permainan Engklek sebagai kearifan lokal daerah pandeglang agar pembelajaran yang dilaksanakan benar-benar dapat mengajak peserta didik secara aktif mampu berfikir kritis, kreatif dan dapat menyelesaikan permasalahannya secara matematis dengan baik. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan proses implementasi metode problem based learning untuk meningkatkan kemampuan thinking math yang disertai perangkat pembelajaran Silabus, RPP dan Media pembelajaran yang bisa diterapkan dalam proses pembelajaran dan mengujicobakan metode yang telah dikembangkan. Berdasarkan penelitian yang dilakukan disimpulkan bahwa pembelajaran yang dilakukan dapat meningkatkan kemampuan thinking math peserta didik Mathla’ul Anwar Global School.Downloads
References
Creswell, J.W. (2010). Research Design Penelitian Kualitatif, Kuantitatif dan Mixed. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Creswell, J.W., dan Plano Clark, V.L. (2011). Designing and Conducting Mixed Methods Research. SAGE Publications inc: America.
Cruickshank, D.R., et al. (2006). The Act of Teaching. Boston: Mc. Graw Hill.
Dananjaya, U. (2010). Media Pembelajaran Aktif. Bandung: Nuansa Cendekia.
Kamdi, W dkk. (2007). Model-Model Pembelajaran Inovatif. Universitas Negeri Malang.
Kantowski, M.G. (1981). “Problem Solving”. Mathematics Education Research: Implications for the 80’s. Virginia: NCTM.
Sabandar, J. (2006). Implementasi Pembelajaran Matematika Realistik (PMR) di Sekolah Dasar di Bandung. Laporan Penelitian, Sekolah Pasca Sarjana Universitas Pendidikan Indonesia.
Wahyudin. (2008). Pembelajaran dan Model-model Pembelajaran. Bandung: UPI.
Wahyudin (2003). Peranan Problem Solving. Proceeding National Seminar on Science and Mathematics Education, the Role of IT/ICT in Supporting the Implementation of Competency-Based Curriculum. Bandung: JICA-IMSTEP.
Zakaria, E., et al. (2007). Trend Pengajaran dan Pembelajaran Matematik. Kuala Lumpur: Utusan.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).