Systematic Literature Review Kepuasan Pelanggan terhadap Jasa Transportasi Online
DOI:
https://doi.org/10.35706/sys.v2i1.3530Abstract
Kemajuan di bidang teknologi informasi dimanfaatkan oleh para pelaku bisnis penyedia jasa transportasi untuk mengembangkan bisnisnya yang disebut dengan transportasi online. Agar dapat bersaing dengan para penyedia jasa transportasi online lainnya, para pelaku bisnis terus meningkatkan kepuasan para pelanggannya. Saat ini banyak penelitian yang meneliti faktor yang mempengaruhi kepuasan pelanggan. Sehingga diperlukan review terhadap paper jurnal yang membahas tentang kepuasan pelanggan transportasi online. Metode yang digunakan penelitian ini adalah Systematic Literature Review (SLR) terhadap paper jurnal yang publish dari tahun 2016-2019. Terdapat tiga Research Question (RQ) yang ditetapkan pada penelitian ini. Hasil akhir yang diperoleh dari penelitian ini adalah aplikasi yang banyak diteliti yaitu Go-Jek dan Grab, teknik pengumpulan data yang digunakan adalah kuesioner dengan responden yang paling banyak digunakan sebanyak 100 orang dan faktor yang paling banyak berpengaruh terhadap kepuasan pelanggan yaitu kualitas pelayanan. Hasil yang didapatkan pada penelitian ini diharapkan dapat memberikan informasi agar para pelaku bisnis penyedia jasa transportasi online terus meningkatkan kualitas pelayanannya sehingga meningkatkan kepuasan pelanggan yang berakibat pada penggunaan ulang jasa tersebut.Downloads
References
D. Indra, Regita, and J. T. Purba, “PENGUKURAN KUALITAS PELAYANAN, HARGA DAN CUSTOMER VALUE TERHADAP KEPUASAN PELANGGAN TRANSPORTASI ONLINE BAGI KAUM MILLENIAL,” J. Account. Manag. Innov., vol. 3, no. 1, pp. 14–35, 2019.
E. Triandini, S. Jayanatha, A. Indrawan, G. W. Putra, and B. Iswara, “Metode Systematic Literature Review untuk Identifikasi Platform dan Metode Pengembangan Sistem Informasi di Indonesia,” Indones. J. Inf. Syst., vol. 1, no. 2, pp. 63–77, 2019.
M. R. Waluyo, “Analisis Model Hubungan Kepuasan Dan Loyalitas Pelanggan Transportasi Online,” Tekmapro J. Ind. Eng. Manag., vol. 13, no. 2, pp. 41–48, 2018.
W. D. Kurniawati and S. Muchsin, “PENGARUH KUALITAS PELAYANAN , EFISIENSI DAN HARGA TRANSPORTASI BERBASIS ONLINE Go-Jek TERHADAP KEPUASAN MASYARAKAT ( Studi Kasus Pada Masyarakat Malang Raya ) Jurusan Administrasi Publik , Fakultas Ilmu Admiministrasi , Universitas Islam Malang , Jl . MT,” J. Respon Publik, vol. 13, no. 4, pp. 87–97, 2019.
H. Prawiranta and R. Diana, “PENGARUH KUALITAS SISTEM INFORMASI, HARGA DAN KUALITAS PELAYANAN TERHADAP KEPUASAN PELANGGAN PADA JASA GOJEK DI KOTA YOGYAKARTA,” J. Pendidik. Akunt., no. 3, pp. 1–22, 2018.
B. C. Lavenia, Mohammad Iqbal, and A. Irawan, “Pengaruh Technology Acceptance Model (TAM) dan Electronic Word Of Mouth (EWOM) Terhadap Kepuasan Pelanggan (Survei Pada Pelanggan Go-Jek Di Kota Kediri),” J. Adm. Bisnis, vol. 60, no. 3, pp. 52–61, 2018.
Rifaldi, Kadunci, and Sulistyowati, “Pengaruh Kualitas Pelayanan Transportasi Online Gojek Terhadap Kepuasan Pelanggan Pada Mahasiswa/I Administrasi Niaga Politeknik Negeri Jakarta,” Epigram, vol. 13, no. 2, pp. 121–128, 2016.
V. Fatnilla and M. S. Abdurrahman, “PENGARUH KOMUNIKASI TERHADAP KEPUASAN PELANGGAN TRANSPORTASI ONLINE GO-JEK ( Studi Kuantitatif Pada Mahasiswa / i Institut Teknologi Bandung ),” in e-Proceeding of Management, 2019, vol. 6, no. 1, pp. 1665–1671.
David, “Pengaruh E-Service Quality terhadap Loyalitas Pelanggan melalui Kepuasan Pelanggan pada Transportasi Online Grab,” AGORA, vol. 6, no. 2, 2018.
C. B. Dewa, “Pengaruh Kualitas Pelayanan dan Promosi Penjualan Jasa Grabcar Terhadap Kepuasan Pelanggan (Studi Kasus Pada Wisatawan di Yogyakarta),” Perspektif, vol. XVI, no. 1, pp. 1–6, 2018.
E. Setiawan and S. Septiani, “Pengaruh E-Service Quality Dan E-Trust Terhadap Kepuasan Pelanggan Pengguna Moda Transportasi Grab di Tangerang Selatan,” J. Manaj. dan Kearifan Lokal Indones., vol. 2, no. 1, p. 54, 2018.
F. Rosalina and A. Kusumawati, “Pengaruh Sales Promotion Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Konsumen Serta Dampaknya Pada Minat Pembelian Ulang (Survei pada Konsumen Jasa GrabCar di Kota Malang),” J. Adm. Bisnis, vol. 60, no. 1, pp. 139–148, 2018.
L. M. S. Saragih, “PENGARUH BRAND IMAGE DAN HARGA TERHADAP KEPUASAN PELANGGAN TRANSPORTASI ONLINE ONLINE GRABCAR DALAM MENINGKATKAN WORD OF MOUTH,” J. Manaj. Bisnis, vol. 31, no. 1, 2019.
I. M. A. Juniantara and T. G. R. Sukawati, “Pengaruh Persepsi Harga, Promosi, Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Dan Dampaknya Terhadap Loyalitas Konsumen,” E-Jurnal Manaj. Univ. Udayana, vol. 7, no. 11, pp. 5955–5982, 2018.
D. Erica and H. Al Rasyid, “Pengaruh Kualitas Layanan Dan Pemanfaatan Teknologi Informasi Terhadap Kepuasan Dan Loyalitas Pelanggan Jasa Transportasi Online di Jakarta,” J. Ecodemica, vol. 16, no. 2, pp. 168–176, 2018.
M. I. Purba and K. E. N. Ginting, “Pengaruh Harga, Pelayanan, dan Kualitas Jasa Terhadap Kepuasan Konsumen Transportasi Online di Kota Medan,” J. Konsep Bisnis dan Manaj., vol. 5, no. 1, pp. 63–75, 2018.
Mayasari, R. (2019). Sistem Informasi Nilai Mahasiswa Berbasis SMS Gateway menggunakan Trigger pada Database. Systematics, 1(1), 44-57.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2020 SYSTEMATICS
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License. that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).