Kualitas Pelayanan Administrasi Desa di Desa Pinayungan Kecamatan Telukjambe Timur Kabupaten Karawang
DOI:
https://doi.org/10.35706/ijpp.v5i1.9769Abstract
Peran pemerintah desa sangat vital untuk membuat suatu perubahan yang lebih baik untuk kemajuan desanya terutama untuk kesejahteran masyarakatnya. Desa memiliki kewajiban untuk memberikan pelayanan administrasi kepada masyarakat yang ingin mengurus administrasi kependudukan seperti kartu keluarga, akta, KTP, surat kematian, dan surat-surat lainnya. Pada pemenuhan fungsi tersebut di lapangan tak jarang dijumpai patologi-patologi yang dapat menjadi penghambat untuk terlaksananya pelayanan administrasi yang baik untuk masyarakat. Maka dari itu tujuan kelompok kami meneliti terkait permasalahan tersebut untuk mengetahui kemudahan akses untuk mendapatkan pelayanan administrasi desa serta untuk mengetahui kualitas pelayanan administrasi untuk masyarakat Desa Pinayungan. Pada penelitian ini kami menggunakan metode penelitian kualitatif yang bertujuan untuk mengumpulkan informasi mengenai status gejala yang ada, yakni gejala yang terjadi pada saat peneliti melakukan observasi dan wawancara, peneliti dapat merefleksikan dan menafsirkan melalui proses teknik analisis data sehingga dapat menyesuaikan hasil data dengan inti permasalahan yang dipertanyakan kepada informan sekretaris Desa Pinayungan. Peneliti mendapatkan temuan-temuan permasalahan yang menjadi indikasi patologi seperti terhambatnya proses pelayanan administrasi, ketidaksamaan dalam memberikan pelayanan administrasi kepada masyarakat hingga kurangnya sumber daya aparatur desa dalam menjalankan kewajibannya.