Implementasi Kebijakan Penyelenggaraan Pendidikan Karakter Melalui Profil Pelajar Pancasila di SMPN Negeri 1 Rajapolah Kabupaten Tasikmalaya
DOI:
https://doi.org/10.35706/ijpp.v5i2.9845Abstrak
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh adanya persoalan dalam implementasi kebijakan tentang
penyelenggaran pendidikan karakter melalui profil pelajar Pancasila di SMPN 1 Rajapolah Kabupaten Tasikmalaya. Adapun tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis dan mengetahui bagaimana implementasi kebijakan tentang penyelenggaran pendidikan karakter melalui profil pelajar Pancasila di SMPN 1 Rajapolah Kabupaten Tasikmalaya. Metode penelitian yang digunakan ialah deskriptif melalui pendekatan kualitatif, dengan menggunakan data primer dan sekunder dengan jumlah informan sebanyak 10 orang yang ditentukan dengan cara purposive sampling. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan cara observasi partisipan, wawancara mendalam dan dokumentasi. Adapun teori yang digunakan adalah teori Van Metter & Van Horn (1975) dalam (Agustino, 2022) yang disebut sebagai A Model of the Policy Implementation Process yang berisi variabe ukuran dan tujuan kebijakan, sumber daya, karakteristik agen pelaksana, sikap atau kecenderungan (disposition) para pelaksana, komunikasi antar-organisasi terkait dan kegiatan-kegiatan pelaksanaan, dan lingkungan sosial, ekonomi, dan politik. Teknik analisis/pengolahan data dilakukan melalui reduksi data, sajian data, dan penarikan simpulan/verifikasi data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa implementasi kebijakan tentang penyelenggaran pendidikan karakter melalui profil pelajar Pancasila di Sekolah Menengah Pertama Negeri 1 Rajapolah Kabupaten Tasikmalaya belum sepenuhnya berjalan dengan baik. Hal ini dibuktikan dengan adanya permasalahan pada semua dimensi/variabel tersebut