Inovasi Pelayanan Pembayaran Pajak Kendaraan Bermotor Melalui Samsat Delivery Ciamis Pada Masa Pandemi Covid 19 di Kabupaten Ciamis
DOI:
https://doi.org/10.35706/ijpp.v5i2.9995Abstrak
Kantor Bersama SAMSAT Ciamis merupakan salah satu penyedia layanan publik bagi masyarakat
umum maupun wajib pajak. Karena efek pandemi Covid-19 pada layanan SAMSAT Ciamis,
individu tidak bisa membayar pajak kendaraan bermotor mereka dengan cara langsung
datang ke kantor SAMSAT. Sebaliknya, mereka didorong tetap tinggal di dalam rumah selama pandemi dan menghindari kerumunan. Dengan menciptakan sistem yang menyederhanakan pembayaran pajak, SAMSAT Ciamis bertujuan untuk mengatasi permasalah ini. Inovasi ini diimplementasikan melalui program kreatif yang berfokus pada masyarakat untuk meningkatkan sistem dan prosedur layanan. Dengan mengembangkan layanan SAMDECI (Samsat Delivery Ciamis), SAMSAT Ciamis melakukan inovasi layanan pembayaran pajak kendaraan bermotor. Penelitian ini bertujuan memberikan gambaran rinci tentang layanan SAMSAT SAMDECI yang inovatif dan merupakan program layanan unggulan yang disediakan oleh Kantor Bersama SAMSAT Ciamis. Pendekatan penelitian deskriptif kualitatif adalah metodologi yang digunakan. Atribut teori inovasi menurut Rogers dalam (Suwarno, 2008) menjadi landasan penelitian ini. Dalam konteks inovasi layanan SAMDECI (Samsat Delivery Ciamis), atribut tersebut meliputi relative advantage, compatibility, complexity, triability, dan observability dalam pelaksanaan inovasi layanan SAMDECI (Samsat Delivery Ciamis). Terkait teknik analisis data dilakukan dengan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan