Tingkat Kepuasaan Siswa Terhadap Pembelajaran Pendidikan Jasmani di Masa Pandemic

Penulis

  • Aldi Hidayat Universitas Singaperbangsa Karawang

DOI:

https://doi.org/10.35706/jlo.v3i2.11093

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat kepuasan peserta didik Kelas VIII SMP Negeri 2 anjatan terhadap pembelajaran PJOK secara daring di Era Pandemi Covid-19 Tahun 2021. Jenis penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kuantitatif dengan metode survei. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan instrumen angket dan teknik analisis data menggunakan statistik deskriptif dengan persentase. Populasi dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas VIII SMP Negeri 2 anjatan yang berjumlah 130 peserta didik dengan menggunakan teknik Accidental Sampling dengan responden yang berjumlah 83 peserta didik. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan disimpulkan bahwa tingkat kepuasan peserta didik terhadap pembelajaran PJOK secara daring di era Pandemi Covid-19 termasuk dalam kategori “sangat puas” 0 peserta didik atau presentase 0%, kategori “puas” 5 peserta didik atau presentase 6.02%, kategori “cukup puas” 16 peserta didik atau presentase 19.28%, kategori “tidak puas” 36 peserta didik atau presentase 43.38%, kategori “sangat tidak puas” 26 peserta didik atau presentase 31.32%, sehingga kepuasan peserta didik kelas VIII SMP Negeri 2 Anjatan tergolong rendah.

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Referensi

Bangun, S. Y. (2016). Peran Pendidikan Jasmani dan Olahraga pada Lembaga Pendidikan di Indonesia. Publikasi Pendidikan. https://doi.org/10.26858/publikan.v6i3.2270

Darmawan, I. (2017). Upaya Meningkatkan Kebugaran Jasmani Siswa melalui Penjas. Jip.

Diah Zakiah, & Mariah, Y. (2020). Pengaruh Pembelajaran Daring di Era Pandemi Covid-19 Terhadap Motivasi dan Kepuasan Belajar Taruna/i Jurusan Teknika STIP Jakarta. Prosiding Seminar Pelayaran Dan Teknologi Terapan. https://doi.org/10.36101/pcsa.v2i1.121

Firdianti, A. (2018). Implementasi Manajemen Berbasis Sekolah dalam Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa. In Implementasi Manajemen Berbasis Sekolah Dalam Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa.

Firmansyah, H. (2011). Hubungan Motivasi Berprestasi Siswa dengan Hasil Belajar Pendidikan Jasmani. Jurnal Pendidikan Jasmani Indonesia.

Hidayat, S. (2019). Kesegaran Jasmani Siswa 10-12 Tahun Se-Kota. Jambura Journal of Sports Coaching.

Kadir, S. (2020). Evaluation Of Vo2max Atlet Karate In The Covid-19 Pandemic Era. Jambura Journal of Sports Coaching. https://doi.org/10.37311/jjsc.v2i2.7058

Proklamasi, I. (2011). Metode Bermain dalam Pembelajaran Pendidikan Jasmani Siswa Kelas III C SDN Krian 3 Kabupaten Sidoarjo. Jurnal Pendidikan Jasmani.

Roji, E. yulianti. (2017). Pendidikan Jasmani. In Journal of Chemical Information and Modeling.

Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Alfabeta.

Syed, K. S. A., Mohd Faithal, H. H., & Habib, M. S. (2017). Tekanan Dan Kepuasan Kerja Dalam Kalangan Guru Pendidikan Jasmani. Journal of Global Business and Social Entrepreneurship.

Utama, A. M. B. (2011). Pembentukan Karakter Anak Melalui Aktivitas Bermain Dalam Pendidikan Jasmani. Jurnal Pendidikan Jasmani Indonesia.

Yudi Firmansyah, & Fani Kardina. (2020). Pengaruh New Normal Ditengah Pandemi Covid-19 Terhadap Pengelolahan Sekolah dan Peserta Didik. BUANA ILMU. https://doi.org/10.36805/bi.v4i2.1107.

##submission.additionalFiles##

Diterbitkan

2024-01-26

Cara Mengutip

Hidayat, A. (2024). Tingkat Kepuasaan Siswa Terhadap Pembelajaran Pendidikan Jasmani di Masa Pandemic. Jurnal Literasi Olahraga, 3(2), 34–40. https://doi.org/10.35706/jlo.v3i2.11093