Aktivitas Fisik Mahasaiswa Program Studi Pendidikan Jasmani UN PGRI Kediri Pada Masa Pandemi Covid-19
DOI:
https://doi.org/10.35706/jlo.v2i3.5398Abstrak
Pandemi Covid-19 menyebabkan pelaksanaan pembelajaran daring, sehingga mahasiswa hanya dirumah Ketika melaksanakan perkuliahan teori dan praktek. Hal ini merupakan dasasr dari penelitian ini dilaksanakan. Rumusan maslaah dalam penelitian ini adalah bagaimana aktivitas fisik mahasiswa Prodi Penjas UN PGRI Kediri pada masa Pandemi Covid-19. Penelitian ini menggunakan teknik penelitian survei dengan metode kuantitatif. Sehingga pengemabilan data menggunakan angket/ kuesioner Global Physical Activity Qutionnaire (GPA-Q) dengan validitas dan reliabilitas instrumen sebesar 0,48 dan 0,67-0,73. Kemudian instrument disusun dengan google form dikarenakan penelitian dilaksanakan pada masa pandemic Covid-19. Subjek penelitian sebesar 448 mahasiswa dengan Teknik sampel menggunakan kuota sampel. Hasil dari penelitian menunjukan bahwa aktivitas fisik Mhasiswa Prodi Penjas UN PGRI Kediri memiliki intensitas tinggi dengan kriteria sebagai berikut aktivitas fisik mahasiswa dengan kategori Tinggi terdapat 370 mahasiswa atau 82,59%, aktivitas fisik mahasiswa dengan kategori Sedang terdapat 78 mahasiswa atau 17,41%, aktivitas fisik mahasiswa dengan kategori Rendah terdapat 0 mahasiswa atau 0%. Frekuensi terbesar terdapat pada kategori tinggi dengan 370 mahasiswa atau 82,59%, maka dapat disimpulkan aktivitas fisik mahasiswa Prodi Penjas UN PGRI Kediri pada masa Pandemi Covid-19 masuk dalam kategori Tinggi.
Unduhan
Referensi
Amtarina, R. (2017). Manfaat Aktivitas Fisik Teratur Terhadap Perbaikan Fungsi Kognitif Pasien dengan Mild Cognitive Impairment. Jurnal Ilmu Kedokteran, 10(2), 140. https://doi.org/10.26891/jik.v10i2.2016.140-147.
Biro Komunikasi dan Pelayanan Masyarakat. (2020). Gizi saat Remaja Tentukan Kualitas Keturunan. Kementerian Kesehatan RI. https://www.kemkes.go.id/article/view/20012600004/gizi-saat-remaja-tentukan-kualitas-keturunan.html.
Ibnu, D., Nasution, N. S. ., & Kurniawan, F. (2021). Survei Self Confidence Servis Bawah dalam Pembelajaran Bola Voli pada Siswa SMPN 2 Jayakerta . Jurnal Literasi Olahraga, 2(1), 28–37. https://doi.org/10.35706/jlo.v2i1.3960.
Farradika, Y., Umniyatun, Y., Nurmansyah, M. I., & Jannah, M. (2019). Perilaku Aktivitas Fisik dan Determinannya pada Mahasiswa Fakultas Ilmu - Ilmu Kesehatan Universitas Muhammadiyah Prof . Dr . Hamka The Behavior of Physical Activity and Determinants of Student at Faculty Health Science , University of Muhammadiyah. Arkesmas, 4(1), 134–142.
Husdarta. (2000). Perkembangan Peserta Didik. Depdikbud.
Paturusi, A. (2012). Manajemen Pendidikan Jasmani dan Olahraga. PT. Asri Mahasatya.
Rosdiani, D. (2013). Perencanaan Pembelajaran dalam Pendidikn Jasmani dan Kesehatan. Alfabeta.
Setiawati, F. S., Mahmudiono, T., Ramadhani, N., & Hidayati, K. F. (2019). Intensitas Penggunaan Media Sosial, Kebiasaan Olahraga, dan Obesitas Pada Remaja Di SMA Negeri 6 Surabaya Tahun 2019. Amerta Nutrition, 3(3), 142. https://doi.org/10.20473/amnt.v3i3.2019.142-148.
Suherman, W. S. (2004). Kurikulum Berbasis Kompentensi Pendiikan Jamani Teori dan Praktek Pengembangan. FIK UNY.
Warren, J. M., Ekelund, U., Besson, H., Mezzani, A., Geladas, N., & Vanhees, L. (2010). Assessment of physical activity - A review of methodologies with reference to epidemiological research: A report of the exercise physiology section of the European Association of Cardiovascular Prevention and Rehabilitation. European Journal of Cardiovascular Prevention and Rehabilitation, 17(2), 127–139. https://doi.org/10.1097/HJR.0b013e32832ed875.
Widiantini, W., & Tafal, Z. (2014). Aktivitas Fisik, Stres, dan Obesitas pada Pegawai Negeri Sipil. Kesmas: National Public Health Journal, 4, 325. https://doi.org/10.21109/kesmas.v0i0.374.
##submission.additionalFiles##
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2021 Jurnal Literasi Olahraga
Artikel ini berlisensi Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.