Tingkat Pemahaman Siswa Terhadap Pembelajaran PJOK Menggunakan Media Youtube di SMKN 1 Klari

Penulis

  • Rafky Helri Kurnia Universitas Singaperbangsa Karawang

DOI:

https://doi.org/10.35706/jlo.v3i1.8938

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa tinggi tingkat pemahaman siswa kelas XI terhadap materi pendidikan jasmani olahraga dan kesehatan melalui media youtube di SMKN 1 Klari. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kuantitatif. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu metode survei dengan instrumen yang berupa tes soal pilihan ganda. Subjek dalam penelitian ini adalah Siswa SMKN 1 Klari Kabupaten Karawang yang berjumlah 72 orang. Teknik analisis data dalam penelitian ini  menggunakan analisis deskriptif kuantitatif yang disajikan dalam bentuk persentase. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa tingkat pemahaman siswa kelas XI terhadap materi Pendidikan jasmani olahraga, kesehatan dan aktivitas pengembang pada mata pelajaran PJOK melalui media youtube di SMKN 1 Klari Kabupaten Karawang berada pada kategori “sangat rendah” sebesar 1,37% (1 siswa), “rendah” sebesar 19,18% (14 siswa), “tinggi” sebesar 71,23% (52 siswa), dan “sangat tinggi” sebesar 8,22% (6 siswa). Berdasarkan nilai rata-rata, yaitu sebesar 60,00, tingkat pengetahuan siswa kelas XI di SMKN 1 Klari Kabupaten Karawang Termasuk tinggi.

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Referensi

Atmosukarto, K. (1994). Cara Pengambilan dan Penentuan Besar Sampel untuk Penelitian Sosial. Media Penelitian dan Pengembangan Kesehatan, 4(01 Mar).

Arikunto, Suharsimi. (2006). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik.Jakarta: PT Bina Aksara.

Arikunto, Suharsimi. (2008). Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Bumi Aksara. Arikunto, Suharsimi. (2010). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. (Rev.ed). Jakarta: PT Bina Aksara.

Depdiknas. (2004). Kurikulum Berbasis Kompetensi Pendidikan Pra Sekolah Dasar dan Menengah Ketentuan Umum. Jakarta: Depdiknas.

Desmita. (2009). Psikologi Perkembangan Pesera Didik. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Ella H. Tumaloto&Fikram Adiko. PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN MULTIMEDIA DENGAN PENGGUNAAN CCY (CHANNEL AND CONTENT YOUTUBE). Vol. 2, No. 2, Juli 2020

Flavianus Jumadi&Anak Agung Ngurah Putra Laksana&I Gst Ngr Agung Cahya Prananta. Efektivitas Pembelajaran PJOK pada Teknik Dasar Passing Bawah Permainan Bolavoli Melalui Media Daring pada Masa Pandemi Covid-19. Vol. 7, No. 2, Hal. 423-440, Juni 2021 Anjarwari, Rohma. (2020). Tingkat Pemahaman Siswa Kelas VIII Terhadap Materi Beladiri Pencak Silat Pada Mata Pelajaran Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan (PJOK) Di SMP Negeri 1 Sewon Bantul. Skripsi. Yogyakarta: UNY.

Gherheș, V., Șimon, S., & Para, I. (2021). Analysing students’ reasons for keeping their webcams on or off during online classes. Sustainability (Switzerland), 13(6). https://doi.org/10.3390/su13063203

Herlina, H., & Suherman, M. (2020). Potensi Pembelajaran Pendidikan Jasmani Olahraga Dan Kesehatan (Pjok) Di Tengah Pandemi Corona Virus Disease (Covid)-19 Di Sekolah Dasar. Tadulako Journal Sport Sciences And Physical Education, 8(1), 1-7.

Jayul, A., & Irwanto, E. (2020). Model Pembelajaran Daring Sebagai Alternatif Proses Kegiatan Belajar Pendidikan Jasmani di Tengah Pandemi Covid19. Jurnal Pendidikan Kesehatan Rekreasi, 6(2).

Rahayu, Ega Trisna. Strategi Pembelajaran Pendidikan Jasmani. Bandung: Alfabeta, 2013.

Rahayu, T. Ega. Strategi Pembelajaran Pendidikan Jasmani: Implementasi Pada Pembelajaran Pendidikan Jasmani, Olahraga, Dan Kesehatan.

Sari, D. P., & Sutapa, P. (2020, August). Efektivitas Pembelajaran Jarak Jauh Dengan Daring Selama Pandemi Covid-19 Mata Pelajaran Pendidikan Jasmani Olahraga Dan Kesehatan (PJOK). In Seminar Nasional Olahraga (Vol. 2, No. 1).

##submission.additionalFiles##

Diterbitkan

2022-01-31

Cara Mengutip

Kurnia, R. H. (2022). Tingkat Pemahaman Siswa Terhadap Pembelajaran PJOK Menggunakan Media Youtube di SMKN 1 Klari. Jurnal Literasi Olahraga, 3(1), 19–23. https://doi.org/10.35706/jlo.v3i1.8938