Analisis Preferensi Konsumen Produk Keripik Tempe di PT Intan Rahmadhani Santosa
DOI:
https://doi.org/10.35706/agrimanex.v4i2.10012Abstrak
Konsumen dalam melakukan pembelian akan mengelola informasi, mencari manfaat tertentu, dan melihat atribut produk. Tingkat kepentingan atribut bagi tiap konsumen berbeda yang juga menyebabkan perbedaan preferensi konsumen. Analisis preferensi konsumen penting untuk mengetahui pilihan yang paling disukai oleh konsumen. Penelitian bertujuan untuk mengidentifikasi karakteristik konsumen, menganalisis preferensi konsumen terhadap atribut keripik tempe, dan menganalisis atribut yang paling dipertimbangkan oleh konsumen dalam melakukan pembelian keripik tempe di PT Intan Rahmadhani Santosa. Penentuan responden menggunakan purposive dengan jumlah 90 konsumen keripik tempe di PT Intan Rahmadhani Santosa. Teknik analisis data menggunakan analisis deskriptif dan konjoin. Hasil penelitian menunjukkan bahwa sebagian besar konsumen berusia 21-25 tahun, berasal dari Yogyakarta, pendidikan terakhir SMA, berprofesi pelajar/mahasiswa, dan pendapatan kurang dari Rp 500.000. Atribut yang menjadi preferensi konsumen adalah harga kurang dari Rp 15.000, rasa mercon, bentuk keripik bulat, ketebalan tipis, tekstur renyah, daya tahan lebih dari 3 bulan, ukuran kemasan 140 gram, dan kemasan standing pouch. Atribut yang paling dipertimbangkan oleh konsumen keripik tempe adalah harga.
Unduhan
Referensi
Budi, A. S., & Suprapti, I. (2022). Preferensi Konsumen Keripik Jagung Tatochis Produksi UD. Tajul Anwar. AGRISCIENCE, 2(3), 841–855. https://doi.org/10.21107/agriscience.v2i3.14126
Fadhila, A. N. (2019). Analisis Preferensi Konsumen Keripik Sukun “Khas Sepudi” hlm 303-308. dalam Prosiding Seminar Nasional Ekonomi dan Teknologi. Universitas Wiraraja
Febriani, N., & Dewi, W. W. A. (2019). Perilaku Konsumen di Era Digital: Beserta Studi Kasus. UB Press.
Febrianti, A., & Ariyani, A. H. M. (2022). Preferensi Konsumen terhadap Pembelian Pempek Kering Cakalang HJ. Soraya. AGRISCIENCE, 3(1), 72–85. https://doi.org/10.21107/agriscience.v3i1.15259
Fu’ad, E. N. (2015). Pengaruh Pemilihan Lokasi Terhadap Kesuksesan Usaha Berskala Mikro/Kecil di Komplek Shopping Center Jepara. Media Ekonomi Dan Manajemen, 30(1), 56–67. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.24856/mem.v30i1.234
Khaira, U., Suratno, T., Noverina, Y., Abidin, Z., & Hutabarat, B. F. (2022). Pembuatan Konten dan Digital Marketing sebagai Upaya Peningkatan Pemasaran Produk UMKM Kecamatan Danau Teluk. GERVASI: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 6(2), 314–326. https://doi.org/10.31571/gervasi.v6i2.3237
Kusumastuti, I., Gemilang, T. J., & Kartini, N. F. (2022). Gambaran Tingkat Konsumsi Makanan Ringan pada Mahasiswa Fakultas Teknik Universitas Islam Al-Ihya Kuningan. Jurnal Fakultas Teknik, 4(1), 14–21. https://jurnal.unisa.ac.id/index.php/jft/article/view/312
Rahman, A., Rahmatia, R., & Nurbayani Nurbayani. (2020). Model Pola Konsumsi Mahasiswa Dilihat dari Literasi Keuangan. Forum Ekonomi: Jurnal Ekonomi, Manajemen, Dan Akuntansi, 22(2), 165–176. https://doi.org/https://doi.org/10.30872/jfor.v22i2.7318
Riszinin, Y. M., & Nugroho, T. R. D. A. (2022). Preferensi Konsumen terhadap Pembelian Keripik Singkong di UD. Sumber Mutiara Kecamatan Sampang Kabupaten Sampang. AGRISCIENCE, 3(1), 58–71. https://doi.org/10.21107/agriscience.v3i1.15209
Sari, B., & Mahanani, E. (2017). Analisis Pengaruh Harga, Produk, Perilaku Konsumen Terhadap Keputusan Pembelian Telon Lang. Jurnal STEI Ekonomi, 26(02), 296–316. https://doi.org/10.36406/jemi.v26i02.238
Semaoen, I., & Kiptiyah, S. M. (2011). Mikroekonomi. UB Press.
Setiawan, F., Nurdianto, A. R., Nurdianto, R. F., Tena, H. A. B., & Sunariani, J. (2021). Peran Kapsaisin pada Penghambatan Terjadinya Kanker. MEDFARM: Jurnal Farmasi Dan Kesehatan, 10(2), 51–64. https://doi.org/10.48191/medfarm.v10i2.62
Sumarwan, U. (2017). Perilaku Konsumen. Penerbit Ghalia Indonesia.
Supranto. (2004). Analisis Multivariat: Arti dan Interpretasi. PT Rineka Cipta.
Suryana, A., & Rifa’i, A. A. (2022). Keputusan Pembelian dan Harga Jual. Formosa Journal of Applied Sciences, 1(5), 789–798. https://doi.org/10.55927/fjas.v1i5.1591
Taqwa, Y. S. S., & Mukhlis, I. (2022). Faktor yang Mempengaruhi Perilaku Konsumtif pada Generasi Z. E-Jurnal Ekonomi Dan Bisnis Universitas Udayana, 831. https://doi.org/10.24843/EEB.2022.v11.i07.p08