INTERAKSI MEREK, TARIF, LAYANAN, PROMOSI, RELASI DAN DISTRIBUSI TERHADAP PREFERENSI KONSUMEN TELEKOMUNIKASI

Authors

  • Lisa Melvi Ginting Program Studi Teknik Mesin (D3), Fakultas Teknik, Universitas Negeri Medan
  • Hasianna Situmorang Program Studi Teknik Mesin (D3), Fakultas Teknik, Universitas Negeri Medan
  • Ferry Indra Sinaga Program Studi Teknik Mesin (D3), Fakultas Teknik, Universitas Negeri Medan

DOI:

https://doi.org/10.35261/barometer.v6i2.5137

Abstract

Preferensi konsumen dalam membeli ditentukan oleh banyak faktor. Dalam bisnis telekomunikasi di Indonesia banyak faktor yang menjadi pertimbangan konsumen dalam memilih produk telekomunikasi tersebut. Penelitian yang dilakukan di Kota Medan, Sumatera Utara, Indonesia menunjukan ada beberapa faktor yang menjadi pertimbangan konsumen. Faktor-faktor tersebut adalah merek, tarif, layanan, promosi, relasi serta distribusi. Keenam faktor tersebut diteliti juga bagaimana interaksi dan keterkaitan satu dengan yang lain terhadap preferensi konsumen dalam memilih operator terlekomunikasi. Interaksi antara variabel tersebut menggunakan model multi regresi liniar. Penelitian ini menggunakan sampel 331 responden dengan menggunakan Teori Gervitz untuk pengambilan data dan convenience sampling dalam penyebaran kuesioner. Penelitian ini menghasilkan kesimpulan jika nilai citra/promosi memiliki nilai pengaruh yang paling tinggi terhadap preferensi konsumen dalam memilih operator sedangkan distribusi merupakan nilai yang terbesar kedua. Nilai yang paling rendah adalah promosi dan nilai terendah kedua adalah jaringan. Interaksi antara keenam variabel memiliki hubungan yang berbeda. Interaksi positif ada antara merek dan promosi, merek dan jaringan sedangkan interaksi negatif ada pada varibel merek dan distribusi serta jaringan dan promosi.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Aldo, Wahyudi, Fidiyya, Billy., Analisis Keputusan Konsumen Dalam Pembelian Produk Shampoo Unilever Serta Membandingkan Strategi Bersaing Perusahaan Retail Di Kabupaten Karawang, Barometer, Volume 6, 2021, pp. 313-321.

Ammar Aiman, Asep Agus, Walim Lili., Analisis Preferensi Konsumen Dalam Pengambilan Keputusan Membeli Produk Olahan Perikanan di Kota Tasikmalaya (Studi Kasus Di Pasar Tradisional Cikuburuk, Kec Mangkubumi), Jurnal Perikanan dan Kelautan, Vol VIII, No 1, 2017, pp 8-18

Srinuan P , Srinuan C, Bohlin E., An Empirical Analysis of Multiple Services and Choices of Consumer in the Swedish Telecommunications Market, Telecommunications Policy, Elsevier Ltd 38, 2014, pp. 449–459.

Mehmet, Karacuka., Consumer Choice and Local Network Effects in Mobile Telecommunications in Turkey. Telecommunications Policy, Elsevier Ltd 37, 2013, pp. 334–344.

Dilek, Atlas., Customer Churn Analysis Artificial Neural Network in Telecommunication Market. International Journal of Economic Perspectives, Vol 7, 2013, pp. 63-80.

Ashaduzzaman Md, Ahmed S, Khan M., Consumer Choice Behavior towards Mobile Phone Operators in Bangladesh. Researchers World Malegaon. Journal of Arts, Science & Commerce. Vol 2, 2011, pp. 30-39.

Confraria J., Analysis of consumer preferences for mobile telecom plans using a discrete choice experiment Telecommunications Policy. Elsevier Ltd 41, 2017, pp. 157–169.

Sirikit, Anuchit, Service Quality, Customer Behaviour Intentions and Customer Retention of Telecommunication Services in Thailaind. Disertation. Nova Southeastern University. 2000.

Shin H, Kim A, Lee C., Relationship between Consumer’s Preference and Service Attributes in Mobile Telecommunication Service. Expert Systems with Applications, Elsevier Ltd. 38, 2010, pp. 3522–3527.

J hidayati, L Ginting, H Nasution., Customer Behaviour for Telecommunication Service Provider. IOP Conf Series: Journal of Physics: Indonesia, 1116, 2018, pp.1-9

Ji Won, Zhibin Lin, Xin Liu, Sarah Hong Xiau, Yina Li., The Interaction effects of online reviews, brand and price on consumer hotel booking decision making., Journal of Travel Research, Researchgate, 2020, 1-40.

Sinta Lestari., Hubungan Komunikasi Pemasaran dan Promosi Dengan Keputusan Memilih Jasa Layanan Kesehatan (Studi Rumah Sakit Lumanjang), Jurnal Interaksi, Vol 4 No 2, Juli 2015, 139-147.

Dimas Wahyu Aji Saputra, Rutinaias Haholongan., Pengaruh Preferensi Pelanggan, Perilaku Konsumen dan Brand Image Terhadap Loyalitas Pelanggan (Studi Kasus pada Pengguna Sepeda Motor Honda CBR di Kalbis Institute, Jakarta Timur), Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Indonesia – 2020.

Abhay Goyal, Ashwin Nair, Bhupesh Kumar & Bhardhawaj., Enhancing Consumer Preference towards healthy drinks, Great Lakes Institute of Management. Vol 13 Issue No 1, 2019. Pp 1-10.

Sungpo Yia, Jinlin Zhaob, and Hyun-Woo (DAVID) Joung. Influence of price and brand image on restaurant customers’ restaurant selection attribute. Journal of Foodservice Business Research, VOL. 21, NO. 2, 2018., pp 200–217

Raghav Upadhyai, Arvind Kumar Jain, Hiranmoy Roy, Vimal Pant., A Review of Healthcare Service Quality Dimensions and their Measurement. Journal of Health Management 21(1), 2019.102–127,

Assila Anis Asnawi, Zainudin Awang, Asyraf Afthanorhan, Mahadzirah Mohamad and Fazida Karim., The influence of hospital image and service quality on patients’ satisfaction and loyalty, Management Science Letters 9.,2019, pp. 911–920

E.M. Akhmetshin, R.H. Ilyasov, E.A. Sverdlikova , A.A. Tagibova , A.V. Tolmachev , A.V. Yumashev. Promotion in Emerging Markets, European Research Studies Journal Volume XXI, Special Issue 2, 2018. pp. 652-665

Novi Qonitatin, Faturochman, Avin Fadilla Helmi , Badrun Kartowagiran., Relasi Remaja – Orang Tua dan Ketika Teknologi Masuk di Dalamnya., Buletin Psikologi, Vol. 28, No. 1, 2020, 28 – 44.

Setianto, A, I., Yusri A, H., Factors Affecting the Interests of Accounting Students Study Program Selection Career Public Accountants. Journal of Applied Managerial Accounting 1(1): 2017, pp. 51– 61

Juliansah, A dan Rossje V S., Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Pemilihan Karir sebagai Profesi Akuntan Publik bagi Mahasiswa Akuntansi. Jurnal Akuntansi Trisakti (e-Journal) 3(2), 2016: pp. 113– 134

Nursusilawati, Subagyo. Penetuan Strategi Saluran Distribusi Berdasarkan Karakteristik Produk Sukses. Forum Teknik Vol. 37, No. 1., 2016, pp-10

M.S Gaya, S. I Abba, Aliyu M. Abdu1, A.I Tukur, M.A Saleh, Parvaneh Esmaili, N.A Wahab., Estimation of water quality index using artificial intelligence approaches and multi-linear regression., IAES International Journal of Artificial Intelligence (IJ-AI), Vol. 9, No. 1, March 2020, pp. 126~134

Hadiza Usman Abdullahi, A.G Usman, S.I.Abba Modelling the Absorbance of a Bioactive Compound in HPLC Method using Artificial Neural Network and Multilinear Regression Methods. Dutse Journal of Pure and Applied Sciences (DUJOP AS), V ol. 6 No. 2 June 2020 362-371,

J.G.Edge, D.E.Ewa, S.E.Ubi, G.B.Ikwa, O.O.Tumenayo., Application of Multilinear Regresion Analysis in Modeling of Soil Properties for Geotechnical Civil Engineering Works in Calabar South., Nigerian Journal of Technology, Vol 36, No 4, 2017,pp 1059-1065

https:// medankota.bpjs.go.id diakses 2020

Niswatul Wakhidah, Studi Manajemen Operasional dan Kelayakan Usaha Perikanan Pancing Ulur Di Pelabuhan Perikanan Nusantara (PPN) Brondong Lamongan, Universitas Brawijaya, 2017.

H Nasution, L Ginting, J Hidayati., Effects of brand tariff, network on customer preference in telecommunication. IOP Conf. Series: Materials

Science and Engineering, 505, 2019.1200

Febrianawti Y usuf., Uji V aliditas dan Reliabilitas Instrumen Penelitian Kuantitatif. Jurnal Tarbiyah: Jurnal Ilmiah Kependidikan, Vol 7 No 1,2018, pp 17-23

Mega Sriningsih, Djoni Hatidja, Jantje., Penanganan Multikolineritas Dengan Menggunakan Analisis Regresi Komponen Utama Pada Kasus Impor Beras di Provinsi Sulut., Jurnal Ilmiah Sains Vol 18 No 1, 2018,18-24.

Sri Indryani Lahay, Tineke Wolok., Pengaruh Citra Merek Terhadap Minat Beli Produk Pembalut Wanita Merek Softex (Studi Kasus Pada Kalangan Mahasiswi Jurusan Manajemen Universitas Negeri Gorontalo), Jurnal Ilmiah Manajemen dan Bisnis, Jambura Vol 3, No 2. 2020 pp 45-54.

Downloads

Published

2021-07-31

How to Cite

Ginting, L. M., Situmorang, H., & Sinaga, F. I. (2021). INTERAKSI MEREK, TARIF, LAYANAN, PROMOSI, RELASI DAN DISTRIBUSI TERHADAP PREFERENSI KONSUMEN TELEKOMUNIKASI. Barometer, 6(2), 376–386. https://doi.org/10.35261/barometer.v6i2.5137

Issue

Section

Artikel