About the Journal

Focus and Scope

BAROMETER bertujuan untuk mendorong penelitian dalam studi keteknikan dan artikel-artikel yang dimuat berhubungan dengan bidang teknik. Topik yang berkaitan dengan bidang teknik diantaranya :

1. Kualitas Teknik & Manajemen; Supply Chain Management; Riset Operasi; Sistem pendukung Keputusan; Artificial Intelligence; Sistem Produksi; Manajemen Industry; Ergonomi.


2. Material Teknik; Konversi Energi, Perancangan Teknik dan Tribologi; Proses Produksi; CAD/CAM; CNC; Sistem Kontrol dan Robotika; Getaran Mekanik; Metrologi dan Kontrol Kualitas; dan Komputasi.


3. Transfer fenomena dan unit operasi Teknik Kimia; Teknik Reaksi Kimia; Kinetika kimia dan Katalisis; Perancangan, Pemodelan, dan Optimasi Proses; Teknologi energi dan konversi ; Termodinamika; rekayasa sistem proses dan produk; teknologi partikulat dan emulsi; teknologi membran; pengembangan material; teknologi pangan dan bioproses, teknologi pengolahan limbah; teknologi minyak dan gas bumi.


4. Power System; Renewable energy; computer engineering; teknik biomedik; konversi energi; teknik tegangan tinggi; elektronika, kendali dan telekomunikasi


5. Pengolahan Air dan Air Limbah; Manajemen Lingkungan; Limbah padat dan B3; Polusi Udara dan Kebisingan; Ketahanan dan Mitigasi; Sanitasi dan Kesehatan Lingkungan


6. Topik lainnya yang berkaitan dengan bidang teknik

Publication Frequency

Jurnal Barometer terbit 2 (dua) kali dalam setahun yaitu Januari dan Juli masing-masing menerbitkan 7 buah artikel.