USULAN PERBAIKAN BAURAN KOMUNIKASI PEMASARAN BUMBU INSTAN NOEYA MENGGUNAKAN METODE BENCHMARKING DAN TOOL ANALYTICAL HIERARCHY PROCESS

Authors

  • Adisty Azzahra Noeya Program Studi Teknik Industri, Fakultas Rekayasa Industri, Universitas Telkom
  • Maria Dellarosawati Program Studi Teknik Industri, Fakultas Rekayasa Industri, Universitas Telkom
  • Rosad Ma'ali El Hadi Program Studi Teknik Industri, Fakultas Rekayasa Industri, Universitas Telkom

DOI:

https://doi.org/10.35261/barometer.v7i1.5404

Abstract

Bumbu Instan Noeya merupakan salah satu UMKM di Sumatera Barat yang memproduksi bumbu masak instan basah dengan cita rasa khas daerah Sumatera Barat yang terkenal dengan rempah-rempah. Dalam pemasarannya Bumbu Instan Noeya telah menerapkan beberapa bauran komunikasi pemasaran tetapi masih belum optimal sehingga menyebabkan masih sedikit masyarakat yang mengetahui Bumbu Instan Noeya, hal ini dapat dilihat salah satunya melalui jumlah pengikut instagram yang masih sedikit jika dibandingkan dengan kompetitor. Untuk meningkatkan penjualan, maka dilakukan perbaikan bauran komunikasi pemasaran. Perbaikan ini dilakukan dengan tujuan meningkatkan brand awareness masyarakat terhadap produk Bumbu Instan Noeya. Penelitian ini menggunakan metode benchmarking dan tools Analytical Hierarchy Process (AHP). Beberapa bentuk rekomendasi bauran komunikasi pemasaran yang dirancang pada penelitian ini adalah membuat akun bisnis khusus pada facebook, mengganti kemasan, lebih aktif dalam menggunakan media sosial seperti instagram, membuat konten yang menarik untuk memikat konsumen, melakukan sponsorship, memberikan promo kepada konsumen, menambah jumlah penggunaan e-marketplace dan membuka outlet.

Downloads

Download data is not yet available.

References

[M. DR. IR. SYARIEF, FAROMAN SE., "Pengembangan Dan Pemberdayaan Usaha Mikro, Kecil Dan Menengah (UMKM)", Yayasan Barcode, Makassar, 2020.

Bekraf-BPS, “Data Statistik dan Hasil Survey Ekonomi Kreatif 2016,” 2018, [Online]. Available: www.bekraf.go.id.

B. I. Noeya, Data Internal. 2020.

T. Irwanto and W. Hariyadi, “Hubungan Iklan Dan Citra Merek Dengan Keputusan Pembelian Shampo Clear Pada Swalayan Fadillah Kota Bengkulu,” EKOMBIS Rev. J. Ilm. Ekon. dan Bisnis, vol. 6, no. 2, pp. 188–199, 2018, doi: 10.37676/ekombis.v6i2.612.

J. L. Maire, V . Bronet, and M. Pillet, “Benchmarking: Methods and tools for SME,” Benchmarking, vol. 15, no. 6, pp. 765–781, 2008, doi: 10.1108/14635770810915931.

F. Tjiptono and D. A. N. Anastasia, “(Tqm, Fandy Tjiptono Dan Anastasia Diana).”

A. Firmansyah, Komunikasi Pemasaran. Pasuruan: Qiara Media, 2019.

S. Wulandari, M. Arfidh, and A. C. Utama, “Selecting Benchmarking Partners Using Analytical Hierarchy Process Approach,” Int. J. Innov. Enterp. Syst., vol. 4, no. 02, pp. 23–33, 2020, doi: 10.25124/ijies.v4i02.66.

K. Kotler, P . ; Keller, Marketing England: Pearson Education Limited, 2016.

T. L. Saaty, Pengambilan Keputusan Bagi Para Pemimpin, Proses Hirarki Analitik untuk Pengambilan Keputusan dalam Situasi yang Kompleks. Pustaka Binama Pressindo, 1993.

[

L. Cohen, L. Manion, and K. Morrison,

Experiments, quasi-experiments, single-case research and meta-analysis. 2007.

Prof.Dr.Sugiyono, “Metode penelitian pendidikan (pendekatan kuantitatif , kualitatif dan r & d,” p. 456, 2015.

T. L. Saaty, “Decision Making with the Analytical Hierarchy Process,” Int. J. Sevices Sci., vol. 1, pp. 83–98, 2008, doi: 10.1108/JMTM-03-2014-0020.

A. Qashlim, “Penerapan Metode Analytical Hierarchy Process (AHP) Untuk Sistem Pendukung Keputusan,” J. Ilmu Komput., vol. 1, 2015.

W. A. Kinanti and N. Nurhasanah, “Usulan Perancangan Key Performance Indicator (KPI) dengan Konsep Green HRM menggunakan Perspektif Performance Prism dan Metode AHP pada Waris Cafe,” J. Al-AZHAR Indones. SERI SAINS DAN Teknol., vol. 5, no. 2, p. 70, 2019, doi: 10.36722/sst.v5i2.353.

I. N. Sucipta, K. Suriasih, and P. K. D. Kenacana, “Pengemasan Pangan Kajian Pengemasan Yang Aman, Nyaman, Efektif Dan Efisien,” Udayana Univ. Press, pp. 1–178, 2017.

“UU RI No. 7 Tahun 1996 Tentang Pangan,”

L. P. Wangi, S. Andarini, P. Studi, and I. Administrasi, “Jurnal Bisnis dan Kajian Strategi Manajemen PENGARUH FLASH SALE DAN CASHBACK TERHADAP Jurnal Bisnis dan Kajian Strategi Manajemen,” vol. 5, pp. 79–91, 2021.

R. B. Lukito, C. Lukito, and D. Arifin, “Penerapan Teknik Seo (Search Engine Optimization) pada Website dalam Strategi Pemasaran melalui Internet,” ComTech Comput. Math. Eng. Appl., vol.

, no. 2, p. 1050, 2014, doi: 10.21512/comtech.v5i2.2363.

X. Wu and F. Liu, “An Analysis of the Motivation of Customer Participation Value Co-Creation in the We-Media: A Study Based on Content Marketing,” Open J. Bus. Manag., vol. 06, no. 03, pp. 749–760, 2018, doi: 10.4236/ojbm.2018.63057.

D. Clow, K. E. ; Back, Integrated Advertising, Promotion, and Marketing Communications. United Kingdom: Pearson Education Limited, 2018.

N. Choudhary, C. Gautam, and V. Arya, “Digital Marketing Challenge and Opportunity With Reference to TikTok-a New Rising Social Media Platform,” Int. J. Multidiciplinary Educ. Res., vol. 9, no. 10(3), pp. 189–197, 2020.

S. Sukunesan, C. Selvarajah, and Z. Mellström, “Internationalization via instagram: An exploratory study of small and medium enterprises,” Contemp.Manag. Res., vol. 16, no. 2, pp. 77–121, 2020, doi: 10.7903/CMR.19811.

S. & S. Daroin, A. D., Joyoatmojo, “Upaya Pengembangan Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) Handycraft Kayu Jati di Dusun Bandar Desa Batokan Kecamatan Kaisman Kabupaten Bojonegoro,” Universitas Sebelas Maret, 2015.

A. N. Salma, “PENGARUH SPONSORSHIP DALAM MENINGKATKAN BRAND AWARENESS (Studi pada Sponsorship Garuda Indonesia Terhadap Liverpool FC sebagai Global Official Airline Partner),” Inject (Interdisciplinary J. Commun., vol. 2, no. 1, p. 1, 2018, doi: 10.18326/inject.v2i1.1-26.

A. A. Abidin, W. Wahyudin, F. Astuti, and B. Nugraha, “Shampoo Unilever Serta Membandingkan Strategi Bersaing,” Barometer , vol. 6, no. 1, pp. 313–321, 2021.

Downloads

Published

2022-01-31

How to Cite

Noeya, A. A., Dellarosawati, M., & El Hadi, R. M. (2022). USULAN PERBAIKAN BAURAN KOMUNIKASI PEMASARAN BUMBU INSTAN NOEYA MENGGUNAKAN METODE BENCHMARKING DAN TOOL ANALYTICAL HIERARCHY PROCESS. Barometer, 7(1), 18–27. https://doi.org/10.35261/barometer.v7i1.5404

Issue

Section

Artikel