Dampu Bulan Sebagai Sarana Pelestarian Budaya Indonesia Pada Anak Usia Dini Karawang

Dampu Bulan

Authors

  • Salsabilla Adzani Rosma Universitas Singaperbangsa Karawang
  • Dimas Indria Universitas Singaperbangsa Karawang
  • M. Rafi Hidayat Subagja Universitas Singaperbangsa Karawang
  • Surya Maulana Universitas Singaperbangsa Karawang
  • Hafizh Suley Manoglu Manoglu Universitas Singaperbangsa Karawang
  • R. Retna Kinanti Dewi Universitas Singaperbangsa Karawang

DOI:

https://doi.org/10.35706/dorkes.v1i1.9593

Abstract

Dampu bulan adalah permainan tradisional yang berasal dari Betawi. Permainan ini dimainkan dengan jumlah pemain yang tidak tentu karena dapat dimainkan dengan berapa orang saja, minimal 2 pemain agar dapat giliran bergantian. Penelitian yang dilakukan di daerah Teluk Jambe, Karawang dengan populasi 10 anak usia sekolah dasar menghasilkan 8 dari 10 mereka tidak mengetahui apa itu permainan dampu bulan. Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif eksploratif yaitu metode dengan menggambarkan sesuatu sesuai keadaan. Teknik pengambilan sampel yaitu menggunakan randomly sampling

Downloads

Download data is not yet available.

References

Authar, N., Muflihah, T., Fidyaningrum, S. A., Hardiana, A. S., Azizah, A., & Ramadhani, D. (2021). Improving Vocabulary Mastery Through The Traditional Game “Engklek” For Children In Kalijaten Village, Kec. Taman, Kab. Sidoarjo. Child Education Journal, 3(2), 92–99. Https://Doi.Org/10.33086/Cej.V3i2.2229

Karina, C. D., U.S, S., & L.A, S. (2021). Eksplorasi Etnomatematika Pada Permainan Tradisional Indonesia Komunitas Tgr (Traditional Games Return). Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, 5(2), 1599–1615. Https://Doi.Org/10.31004/Cendekia.V5i2.674

Mahardika, R. (2021). Pengembangan Ilustrasi Pada Buku Pelajaran Lingkungan Dan Budaya Jakarta Tingkat Sekolah Dasar. Ikra-Ith Humaniora : Jurnal Sosial Dan Humaniora, 6(2), 66–74.

P, J. H., Samosir, R., & Utara, S. (2022). Pengaruh Metode Permainan Tradisional Engklek Terhadap Peningkatan Berhitung Anak Usia 5-6 Tahun Di Tk Bina Kreatif Sipoholon. 1(1), 50–65.

Pica, R. (2008). Why Motor Skills Matter. National Association For The Education Of Young Children, July, 1–3. Https://Www.Naeyc.Org/Files/Yc/File/200807/Btjlearningleapsbounds.Pdf

Ramadhani, S. P., Amelia, W., & Mahardika, R. (2018). Development Of Indonesian Cultural Environment Education Books To Increase Reading Students Elementary School (Interactive Pop-Up Book Betawi Culture). International Journal Of Innovative Science And Research Technology, 3(7). Www.Ijisrt.Com446

Review, J., Dasar, P., Pendidikan, J. K., & Penelitian, H. (2022). Implementasi Rme Berbasis Etnomatematika Materi Ciri-Ciri Bangun Universitas Negeri Surabaya. 8(2).

Rizkiani, F. (2022). The Integration Of Hots In The Lesson Objectives Of English Textbook For Second Graders. Bahtera : Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra, 21(2), 189–201. Https://Doi.Org/10.21009/Bahtera.212.05

Wariyanti, W. (2021). Pengaruh Permainan Tradisional Engklek Dalam Mengembangkan Motorik Dan Sosial Emosional Anak. Asghar : Journal Of Children Studies, 1(2), 152–163. Https://Doi.Org/10.28918/Asghar.V1i2.4750

Wijiastuti, A., & Puspitasari, N. A. (2021). Nilai Sosial Dalam Permainan Tradisional Betawi ( Kajian Antrpolinguistik ). Jurnal Metamorfosa, 9(2), 122–140.

Published

2023-09-07

How to Cite

Rosma, S. A., Indria, D. ., Subagja, M. R. H. ., Maulana, S. ., Manoglu, H. S. M., & Dewi, R. R. K. . (2023). Dampu Bulan Sebagai Sarana Pelestarian Budaya Indonesia Pada Anak Usia Dini Karawang : Dampu Bulan . Jurnal Dorkes (Dedikasi Olahraga Dan Kesehatan), 1(1), 23–26. https://doi.org/10.35706/dorkes.v1i1.9593