Analisis Usaha Tote Bag Ramah Lingkungan sebagai Solusi Guna Mengurangi Sampah Plastik
DOI:
https://doi.org/10.35261/gijtsi.v2i01.5254Abstrak
Tote bag ramah lingkungan merupakan ide usaha yang timbul dari permasalahan sosial, yaitu maraknya penggunaan plastik yang mencemari lingkungan. Dari permasalahan tersebut, muncullah ide untuk membuat produk pengganti plastik berbahan ramah lingkungan, tujuannya untuk menciptakan produk pengganti yang tidak menggantikan fungsi utamanya. Tote bag ramah lingkungan berbahan kain kanvas dengan desain yang memiliki nilai tambah dan dapat dilipat menjadi pocket bag, dengan tambahan unsur kain batik sebagai media pelestarian budaya Indonesia. Pemecahan masalah dilakukan melalui penelitian pustaka untuk mengumpulkan data terkait, serta analisis bisnis menggunakan metode analisis PESTEL dan STP (Segmentation, Targeting, dan Positioning). Berdasarkan metode yang telah dirancang, rencana usaha tote bag ramah lingkungan telah dilaksanakan sejak tanggal 10 Agustus 2020. Penjualan dan pemasaran dilakukan secara online dengan menggunakan konsep digital marketing. Target konsumen adalah remaja, baik laki-laki maupun perempuan, pada rentang usia 15–24 tahun. Pada tanggal 20–22 Oktober 2020 telah dilaksanakan launching produk, pre-order, dan telah dipesan sebanyak 10 unit dengan total pendapatan sebesar Rp.357.000.
Unduhan
Referensi
R. Fernanda, T. A. Putri, and V. Claudia, “Waste management (Teman): Media penyuluhan berbasis augmented reality sebagai upaya edukasi pengelolaan sampah di Piyungan Yogyakarta,” J. Ilm. Penal. dan Penelit. Mhs., vol. 4, no. 2, pp.
–126, 2020.
P. Purwaningrum, “Upaya mengurangi timbulan sampah plastik di lingkungan,” Indones. J. Urban Environ. Technol., vol. 8, no. 2, p. 141, Dec. 2016, doi: 10.25105/urbanenvirotech.v8i2.1421.
T. Istirokhatun and W. D. Nugraha, “Pelatihan pembuatan ecobricks sebagai pengelolaan sampah plastik di RT 01 RW 05, Kelurahan Kramas, Kecamatan Tembalang, Semarang,” J. Pasopati Pengabdi. Masy. dan Inov. Pengemb. Teknol., vol. 1, no. 2, pp. 85–90, 2019.
N. Farida, S. Widoretno, and E. Yuliastuti, “Pembuatan kantong kain ‘Tote Bag’ sebagai pengganti kantong plastik pada pemuda wirausaha Blitar,” J. Graha Pengabdi., vol. 2, no. 4, pp. 296–304, 2020.
A. G. Bestari, “Pembuatan tote bag dengan hiasan textile painting sebagai upaya sustainable fashion,” Pros. Pendidik. Tek. Boga Busana FT UNY, vol. 15, no. 1, 2020.
Sumiati and R. Nugroho, “Pengolahan kerajinan tas belacu menggunakan cat akrilik untuk menumbuhkan kreativitas masyarakat dalam berwirausaha,” J. Abdikarya J. Karya Pengabdi. Dosen dan Mhs., vol. 1, no. 2, pp. 133–136, 2018.
Muthmainnah, “KAIN KANVAS: Kelebihan, Kekurangan, Karakteristik, Jenis,” 2018. https://olympics30.com/kain-kanvas/ (accessed Jan. 23, 2021).
Fitinline, “4 macam cat yang dapat digunakan untuk melukis pada kain,” 2016. https://fitinline.com/article/read/4-macam-cat-yang-dapat-digunakan-untukmelukis-pada-kain/ (accessed Jan. 23, 2021).
R. Galavan, Doing Business Strategy. Ireland: NuBooks, 2004.
W. Maulana and A. Jamali, “Metode marketing mix dan analisis SWOT dalam penyusunan strategi bersaing pada IKM Keripik Tempe Ayudy,” J. Perilaku dan Strateg. Bisnis, vol. 8, no. 2, pp. 141–151, 2020.
H. Suyatna and Y. Nurhasanah, “Sociopreneurship sebagai tren karir anak muda,” J. Stud. Pemuda, vol. 6, no. 1, p. 527, Aug. 2018, doi: 10.22146/studipemudaugm.38011.
R. A. A. Gunadi, D. P. Parlindungan, A. U. P. Santi, A. Aswir, and A. Aburahman, “Bahaya Plastik bagi Kesehatan dan Lingkungan,” Pros. Semin. Nas. Pengabdi. Masy. LPPM UMJ, pp. 1–7, 2020.
A. A. Trixie, “Filosofi motif batik sebagai identitas bangsa Indonesia,” Folio, vol. 1, no. 1, pp. 1–9, 2020.
J. Danandjaja, “Metode penelitian kepustakaan,” Antropol. Indones., no. 52, pp. 82–92, Jul. 2014, doi: 10.7454/ai.v0i52.3318.
S. Paramadita, A. Umar, and Y. J. Kurniawan, “Analisa PESTEL terhadap penetrasi Gojek di Indonesia,” J. Pengabdi. dan Kewirausahaan, vol. 4, no. 1, pp. 37–49, 2020.
S. Haryanti, B. Mursito, and Sudarwati, “Analisis strategi pemasaran digital untuk meningkatkan penjualan produk batik pada PT. Danar Hadi Surakarta,” J. Ilm. Edunomika, vol. 3, no. 01, pp. 144–151, Mar. 2019.
A. Saputra, “Survei penggunaan media sosial di kalangan mahasiswa Kota Padang menggunakan teori uses and gratifications,” Baca J. Dokumentasi dan Inf., vol. 40, no. 2, p. 207, May 2019, doi: 10.14203/j.baca.v40i2.476.
H. Hasyim and R. R. P. Suroso, “Peranan teknologi informasi dalam upaya pencegahan virus Covid-19 di lingkungan universitas,” CIRCUIT J. Ilm. Pendidik. Tek. Elektro, vol. 4, no. 2, pp. 124–129, Aug. 2020.
Tim Pengembangan Technopreneur ITS, Technopreneurship. Surabaya: LP2KHA Institut Sepuluh Nopember (ITS) Surabaya, 2015.
##submission.downloads##
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2021 Gita Yusvita, Ida Rinjani, Lintangjati Arum Suminar, Eoudia Resa Andira, Wahyudin Wahyudin, Rianita Puspa Sari
Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.