ANALISIS MULTIVARIAT FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI KEMATIAN BAYI DI INDONESIA

Main Article Content

Nelly Apriningrum

Abstract

Kematian bayi secara nasional masih cukup tinggi sebesar 34/1.000 kelahiran hidup, Angka Kematian Bayi merupakan cerminan kelangsungan hidup bayi yang akan menentukan kualitas hidup SDM. Upaya dan intervensi efektif dapat dilakukan jika diketahui faktor signifikan yang mempengaruhi kematian bayi, dengan tujuan mengetahui faktor-faktor yang mempengaruhi kematian bayi.
Penelitian ini menggunakan metode analitikdengan desain cross sectional.Populasi penelitian seluruh bayi yang lahir hidupberdasar periode RISKESDAS, sampel penelitian adalah seluruh bayi< 1 tahun yang meninggal dan bayi ? 1 tahun yang hidup pada periode berdasarkan survei RISKESDAS dengananalisis data regresi logistik.
Hasil penelitian didapatkan dari 23 variabel terdapat 5 variabel yang berhubungan dan 18 variabel tidak berhubungan dengan kematian bayi. Hasil analisis regresi logistikdidapat variabel yang paling berpengaruh terhadap kematian bayi di Indonesia adalah variabel BBL dengan OR 6,481. Saranpenelitianmelalui upaya preventif, promotif, kuratif dan rehabilitatif


Kata kunci : Bayi, Kematian

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

Section
Artikel

Most read articles by the same author(s)