EFEKTIVITAS IMLPLEMENTASI SMART PREGNANCY DALAM MENGIDENTIFIKASI TAKSIRAN PERSALINAN

Main Article Content

Nelly Apriningrum
Carudin Carudin

Abstract

ABSTRAK

Persalinan merupakan fase yang sangat ditunggu oleh setiap ibu hamil pada akhir kehamilannya. Pada periode tersebut seorang ibu akan mencari pengetahuan dan melakukan persiapan baik unuk dirinya sendir dan untuk bayinya. Usia kehamilan dapat diketahui salah satunya dengan mengetahui hari pertama haid terakhir (HPHT) seorang perempuan, namun kenyataan di lapangan banyak perempuan yang tidak memperhatikan siklus menstruasinya, hal ini akan dapat mempersulit tenaga kesehatan dalam menentukan usia kehamilan secara manual, meskipun saat ini sudah ada alat USG yang dapat mengidentifikasi usia kehamilan, namun demikian informasi HPHT dari seorang ibu dapat memberikan data yang cukup akurat dalam mengidentifikasi taksiran persalinan. Adanya kemajuan teknologi tersebut menjadi justifikasi peneliti dalam pengambilan tema penelitian ini. Berdasarkan latar belakang dan roadmap penelitian yang dibangun, maka dilakukan penelitian dengan tema “Efektivitas aplikasi smart pregnancy berbasis android dalam mengidentifikasi taksiran persalinan”

Penelitian efektivitas aplikasi smart pregnancy berbasis android ini menggunakan metodologi penelitian quasi eksperiment dan dilakukan analiass data menggunalan T-Tes

Hasil uji statistik analisis didapatkan bahwa p value ; 0.000 artinya terlihat perbedaan yang signifikan dalam melakukan identifikasi diagnosa kehamilan antara sebelum dan sesudah diberikan intervensi.

 

Kata kunci : Aplikasi, android, taksiran, persalinan. 

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

Section
Artikel

References

Daftar Pustaka

Wiknjosastro, H. (2010). Ilmu Kebidanan. Jakarta: Yayasan Bina Pustaka Sarwono Prawirohardjo.

Cunningham, Leveno, Bloom, Hauth, Rouse, & Spong. (2013). Obstetri Williams (23rd ed.). Jakarta: EGC.

Mulyasa. (2012). Praktek Penelilian Tindakan Kelas. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Riyanto A, 2010. Pengolahan Data Analisis Data Kesehatan (dilengkapi uji validitas dan reliabilitas serta aplikasi program SPSS). Yogyakarta. Nuha Medika.

Chikmah, MA, Laksono B, Yuniastuti A, (2016). Efektivitas SMS Bunda Dibandingkan Kelas Ibu Balita Terhadap Peningkatan Pengetahun, SIkap dan Perilaku. Public Health Perspective Journal.

Agustina R, Supriyanto D, Muslimim I, D. M., & Supardi, E. (2017). Analisis Perncangan Pemesanan Makanan dan Minuman Menggunakan Smartphone Berbasis Android. Smatika Jurnal. Volume 7 No 2, 26–30.

Most read articles by the same author(s)