PERILAKU HIDUP BERSIH DAN SEHAT (PHBS) DENGAN MORBIDITAS ANAK USIA 1-3 TAHUN DI JAWA TENGAH

Main Article Content

Milliyantri Elvandari
Dodik Briawan
Ikeu Tanziha

Abstract

ABSTRAK

Morbiditas suatu wilayah merupakan indikator penting dalam penilaian dan perencanaan program untuk menurunkan angka kesakitan dan kematian. Kondisi kesehatan anak Indonesia tergolong rendah dibanding Negara negara ASEAN (Malaysia, Filipina, Thailand, Singapura, Brunei Darussalam, dan Vietnam). Indonesia merupakan salah satu negara berkembang dengan angka morbiditas tinggi yang disebabkan oleh diare sebesar 25.2%. Dinas Kesehatan Provinsi Jawa Tengah penemuan dan penangganan diare pada balita sebesar 42.6%, pneumonia sebesar 24.7% dan ISPA sebesar 23.6%. Penelitian ini betujuan untuk mengetahui hubungan Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) dengan morbiditas anak 1-3 tahun di Jawa Tengah. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat hubungan PHBS dengan morbiditas anak 1-3 tahun di Jawa Tengah (p<0.05).

Kata Kunci : anak; PHBS; morbditas

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

Section
Artikel

References

DAFTAR PUSTAKA

Badan Pusat Statistik Indonesia. 2009. Statistik Kesehatan Republik Indonesia. Jakarta (ID): Badan Pusat Statistik Republik Indonesia.

suharwati S, Fatcham A, Budijanto. 2013. Faktor-faktor yang Mempengaruhi Morbiditas balita di Desa Klampar Kecamatan Proppo Kabupaten Pamekasan [tesis]. Malang (ID): Universitas Negeri Malang.

Departemen Kesehatan RI, Jakarta Badan Pusat Statistik. 2012. Data Statistik Indonesia: Jumlah dan Persentase Penduduk Miskin, Garis Kemiskinan, Indeks Kedalaman Kemiskinan (P1), dan Indeks Keparahan Kemiskinan (P2) Menurut Provinsi, 2011

Yusuf S. 2011. Profil Diare di Ruang Inap Anak Rumah Sakit Banda Aceh. Sari Pediatri. vol.13(4): hal34.

Kementrian Kesehatan RI. 2013. . Peraturan Menteri Kesehatan Republik Indonesia No 75 Tahun 2013 Tentang Angka Kecukupan Gizi yang di Anjurkan Bagi Bangsa Indonesia, Jakarta (ID): Kementerian Kesehatan Republik Indonesia.

[Dinkes] Dinas Kesehatan. 2013. Buku Profil Kesehatan Provinsi Jawa Tengah tahun 2012. Semarang (ID).

Dinas Kesehatan. 2014. Buku Profil Kesehatan Provinsi Jawa Tengah tahun 2012. Semarang (ID).

Departemen Kesehatan RI. 2009. Rumah Tangga Sehat dengan Perilaku Hidup Bersih dan Sehat Pusat Promosi Kesehatan Depkes RI. Jakarta.

Kementrian Kesehatan RI. 2011. Profil Kesehatan Indonesia 2010. Jakarta (ID): Kementerian Kesehatan Republik Indonesia.

Notoatmodjo. 2009. Promosi Kesehatan dan Ilmu Perilaku. Jakarta (ID): Rineka Cipta.

Hardinsyah. 2010. Inovasi Gizi dan Pengembangan Modal Sosial Bagi Peningkatan Kualitas Hidup Manusia dan Pengentasan Kemiskinan [orasi]. Bogor (ID). Institut Pertanian Bogor.

Persatuan Dokter Gigi Indonesia. 2011. Manfaat Mengosok Gizi : Selamatkan diri dari penyakiy ww.pdgi-online.com (14 juli 2016)

Muryani A. 2010. Ilmu Kesehatan Anak Dalam Kebidanan. Jakarta (ID): TIM.

Jayanti LD, Effendi YH, Sukandar D. 2011. Perilaku Hidup Bersih dan Sehat serta Perilaku Gizi Seimbang Ibu Kaitanya dengan Status Gizi dan Kesehatan Balita di Kabupaten Bojonegoro, Jawa Tengah. Jurnal Gizi dan Pangan. 6(3): 192-199.