FAKTOR YANG BERHUBUNGAN DENGAN KEAKTIFAN KADER POSYANDU DI KECAMATAN CIKAMPEK KABUPATEN KARAWANG

Main Article Content

Linda Riski Sefrina
Hadi Sudarjat

Abstract

Salah satu upaya pemerintah dalam menangani masalah kesehatan adalah dengan pelayanan kesehatan dalam bentuk Posyandu. Keaktifan kader Posyandu penting demi keberlangsungan kegiatan Posyandu. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui faktor yang berhubungan dengan keaftifan kader Posyandu. Desain penelitian yang digunakan adalah cross-sectional study. Penelitian ini dilakukan di Posyandu Dawuan Barat dengan jumlah subjek penelitian sebanyak 50 kader Posyandu. Analisis data yang digunakan adalah Uji Sommers. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa faktor yang berhubungan secara signifikan terhadap keaktifan kader Posyandu adalah komitmen, kunjungan petugas kesehatan dan dukungan tokoh masyarakat.

 

Kata Kunci : kader Posyandu; keaktifan; Karawang

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

Section
Artikel

References

United Nation. 2017. Transforming Our World: The 2030 Agenda for Sustainable Development. USA: New York.

Menteri Perencanaan Pembangunan Nasional. ArahanTerkaitPencapaianPelaksanaanTujuan Pembangunan Berkelanjutan (TPB)/ Sustainable Development Goals (SDGs) disampaikandalamSosialisasiPenyusunan RAD TPB/SDGs di Semarang.Badan Perencanaan Pembangunan Nasional.

Kementerian Dalam Negeri Republik Indonesia. 2011. Peraturan Menteri Dalam Negeri no 19 tahun 2011. Jakarta: Kemendagri 2011.

Kementerian KesehatanRepublik Indonesia DirektoratJenderal Bina Gizi dan KesehatanIbu dan Anak. 2011. BukuPedomanPenyelenggaraanPelatihan Kader KesehatanKerjatahun 2011. Jakarta :Kemenkes RI 2011.

Farhat Y. 2012. Faktor-faktor yang Berhubungan dengan Keaktifan Kader Posyandu di Wilayah Kerja Puskesmas Pelambuan Kota Banjarmasni. Al’ulum Vol. 54 No.4 : 11-14.

Dewi R, Anisa R. 2018. The Influence of Posyandu Cadres Credibility on Community Participation in Health Program. Jurnal the Messenger Vol 10 No.1.

Vensi R. 2012. Analisis Pengaruh Kinerja Kader Posyandu terhadap Tingkat Kemandirian Posyandu di Wilayah Kerja Puskesmas Kayen Kidul Kabupaten Kediri. Surabaya: UNAIR.

Djuhaeni H, Gondodiputro S, Suparman R. 2010. Motivasi Kader Meningkatkan Keberhasilan Kegiatan Posyandu. MKB Vol. 42 No.4 : 140-148.

Fatmah, Nasution Y. 2012. Peningkatan Pengetahuan dan Ketrampilan Kader Posbindu dalam Pengukuran Tinggi Badan Prediksi Lansia, Penyuluhan Gizi Seimbang dan Hipertensi, Studi di Kecamatan Grogol Petamburan, Jakarta Barat. Media Medika Indonesiana Vol.46, No.1: 61-68.

Husniyawati YH. 2016. Analisis Pengaruh Motivasi, Komitmen dan Faktor Organisasi terhadap Kinerja Kader Posyandu. Skripsi: Universitas Airlangga.

Sopiah. 2008. Perilaku Orgasisional. Yogyakarta: ANDI.

Jackson TA, Meyer JP, Wang XH. 2013. Leadership, Commmitment and Leadership: A Meta Analysis. Journal of Leadership & Organizational Studies. Vol. 20 (1): 84-106.

Guntur W. 2012. Pengaruh Person-Organization Fit, Kepuasan Kerja dan Komitmen Organisasi terhadap Kinerja Parawat. Management Analysis Journal. Vol. 1 (1): 1-7.

Puspasari A. 2002. Faktor-faktor yang mempengaruhi kinerja kader Posyandu di Kota Sabang Provinsi NAD. Skripsi: Institut Pertanian Bogor.

Rosse A. 2012. Pengaruh motivasi dan kemampuan kerja terhadap kinerja kader posyandu lansia di puskesmas lampahan kabupate bener meriah. Tesis:Universitas Sumatera Utara.