HUBUNGAN PERSEPSI MUTU PEMBELAJARAN PRAKTEK LABORATORIUM KEBIDANAN TERHADAP KEPUASAN MAHASISWA DI PROGRAM STUDI D III KEBIDANAN UNIVERSITAS SINGAPERBANGSA KARAWANG

Main Article Content

Rina Marlina

Abstract

Untuk menghasilkan bidan yang memiliki kompetensi sesuai dengan harapkan maka dibutuhkan pengelolaan pendidikan yang berkualitas. Terdapat lima faktor penentu mutu layanan jasa, yang pada akhirnya menjadi penentu tingkat kepuasan, termasuk didalamnya adalah kepuasan mahasiswa dalam pembelajaran laoratorium kebidanan. Penelitian bertujuan mengungkapkan kepuasan mahasiswa terhadap proses pembelajaran laboratorium di Prodi Kebidanan UNSIKA. Metode yang digunakan adalah kuantitatif deskriptif analitik. Data diperoleh melalui wawancara dan penyebaran angket kepada mahasiswa semester II, IV dan VI secara acak. Dapat disimpulkan bahwa seluruh variabel independen yaitu persepsi mahasiswa berhubungan secara bermakna dengan variabel dependen yaitu kepuasan mahasiswa dengan nilai p = 0,000 (p < 0,05). Mahasiswa berpendapat bahwa persepsi mutu pembelajaran praktik laboratorium kebidanan baik. Yang paling dominan yaitu persepsi mengenai empati dosen dan pengelola Program Studi Kebidanan, dalam memberikan perhatian mengenai pentingnya pembelajaran praktek laboratorium. Walaupun dilihat dari hasil penelitian bahwa persepsi mutu mahasiswa baik (>60%), Prodi Kebidanan UNSIKA harus terus berupaya meningkatkan kualitas dalam program pembelajaran praktek Laboratorium.

 

Kata Kunci : Kepuasan Mahasiswa, Pembelajaran Laboratorium

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

Section
Artikel

References

Arifin, Zaenal. 2009. Evaluasi Pembelajaran. Bandung : Rosda.

Arman Freigenhaum V, 1990. Kembali Mutu Terpadu I. Jakarta : Erlangga

Budi Erindra Cahyanto & Listyaningsih Endang. 2012. Implementasi Pembelajaran Skill Laboratorium. Surakarta. Jurnal.Akbideub.ac.id

David, Fred,R. 2009. Strategic Management. Jakarta : Salemba Empat.

Deswani. 2010. Panduan Praktik Klinik di Laboratorium Keperawatan Maternitas. Jakarta: Salemba.

Gandasoebrata. 2007. Penuntun Laboratorium Klinik. Jakarta: Dian Rakyat.

Hadi. Anwar. 2010. Sistem manajemen mutu laboratorium. Jakarta: Gramedia Pustaka.

Hamzah, B, Uno. 2009. Mengelola Kecerdasan dalam Pembelajaran. Jakarta. Bumi Aksara.

Machfoedz, Ircham. 2010 Cara Membuat Kuesioner & Panduan Wawancara (alat ukur penelitian). Yogyakarta : Fitramaya.

Melasari. Nur. 2014. Panduan Lengkap & Komplet Praktikum Kebidanan. Yogyakarta: Diva Press

Mustaji, 2009. Laboratorium Perspektif Teknologi Pembelajaran.Surabaya.

Nasution, S. 2000. Berbagai Pendekatan dalam Proses Belajar dan Mengajar. Jakarta. Bumi Aksara.

Pohan, S.Imbalo. 2007. Jaminan Mutu Layanan Kesehatan. Jakarta : EGC .

Parasuraman, 2003. Listening to People living in proverty. Bangalore : Book for Change

Sanjaya. Wina. 2014. Strategi Pembelajaran. Jakarta: Prenada Media

Santrock, John, W. 2010. Psikologi Pendidikan. Jakarta : Prenada Media Grup.

Sarwono. Jonathan. 2014. Riset Skripsi & Tesis dengan SPSS 22. Jakarta : Elex Media Computindo.

Simanjuntak Rismaniar.2013. Hubungan metode pembelajaran Laboratorium dengn Hasil Belajar Praktik Asuhan Kebidanan Kehamilan pada Mahasiswa Kebidanan Widya Husada Medan Tahun 2013. Helvetia.ac.id/jurnal kesehtan

Siregar.Syofian, 2013. Metode Penelitian Kuantitatif SPSS. Jakarta: Prenada Media.

Sugiono. 2009. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D.Surabaya: Alfabeta

Sumadireja. Ahmad Surjadi.2014. Kecerdasandan lingkungan pendidikan. Bandung: Mandar Maju

Sumanto. 2014. Teori dan Aplikasi Metode Penelitian. Caps (K)

Suherlan, Herlan. 2013. Psikologi Pelayanan. Bandung : Media Perubahan.

Sutomo, Adi Heru., et. el. 2011 Teknik Menyusun KTI-Skripsi-Tesis Tulisa Jurnal. Yogyakarta : Fitramaya.

Suryadi.P. 2007. Filosofi Baru Tentang management Mutu edisi 2. Jakarta : Bumi Aksara

Syahu, O Sugian. 2006. Kamus Manajemen Mutu. Jakarta : Gramedia Pustaka Utama

Tampubolon. Saur M. 2014. Penelitian Tindakan Kelas, Jakakarta: Erlangga.

Tjiptono, Fandi dan Chandra Gregorius. 2011. Service, Quality & Satisfaction.Yogyakarta : Andi.

Toyibah Aftani dan Hmarno Rudi. 2012. Strategi Optimalisasi Pembelajaran Laboratorium Skill, Kompetensi Pertolongan Prsalinan. www. e- jurnal.com

Yaumi.Muhammad, 2014. Action Research. Jakarta: Kencana (Prenada).9

Most read articles by the same author(s)