Naskah ini versi lama yang diterbitkan pada 2020-10-13. Baca versi terbaru.

Pengaruh Model Pembelajaran Cooverative Learning Tipe Jigsaw Terhadap Keterampilan Dribbling Bola Basket Pada Siswa Kelas 11 SMA Negeri 1 Rengasdengklok

Penulis

  • abdullah waffa universitas singaperbangsa karawang
  • Muhammad Mury Syafei
  • Bambang Ismaya Universitas Singaperbangsa Karawang

DOI:

https://doi.org/10.35706/jlo.v1i1.3943

Abstrak

Tujuan dari pembuatan skripsi ini untuk mengetahui, menganalisis, dan mengidentifikasi pengaruh yang signifikan model pembelajaran jigsaw terhadap keterampilan dribbling bola baskt di Sma Negeri 1 Rengasdengklok.Terdapat tiga tahapan pada penelitian ini yaitu: pretest, treatment, dan posttest. Pretest dilakukan dikedua kelas untuk mengetahui kemampuan awal keterampilan bola basket sebelum mendapatkan treatment Setelah diberikan treatment, selanjutnya peneliti melakukan posttest dikedua kelas untuk mengetahui adakah pengaruh model pembelajaran jigsaw dikelas experiment.penelitimengolah menggunakan rumus nT-hitung dan dibadingkan dengan T-table dan signifikansi ( <0,05). Hasil penelitian menunjukan bahwa model pembelajaran jigsaw memiliki pengaruh yang lebih besar terhadap keterampilan dribbling Kelas XI Sma Negeri 1 Rengasdengklok dengan hasil T-hitung sebesar 0.133 dan dibandingkan T-table 0.148 dengan signifikansi (<0.05) sebesar 0,00

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Referensi

DAFTAR PUSTAKA

Huda, Miftahul. 2013. Cooperative learning. Yogyakarta: Pustaka Pelajar

Pujanto, A. (2015, juni 24). Pengertian dan Langkah-Langkah Model Pembelajaran Jigsaw. Diambil kembali dari situs berita dan artikel pendidikan: http://www.infoduniapendidikan.com/2015/06/pegertian-dan-langkah-langkah-model-pembelajaran-jigsaw.html

Abdul Rohim. E. (2010) Olahraga Bola Basket Semarang: CV. Aneka Ilmu

Nuril Ahmad. (2007). Permainan Bola Basket. Surakarta : Era Intermedia.

Sugiono. 2013. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: AlfaBeta.

##submission.additionalFiles##

Diterbitkan

2020-09-17 — Diperbaharui pada 2020-10-13

Versi

Cara Mengutip

waffa, abdullah, Syafei, M. M., & Ismaya, B. (2020). Pengaruh Model Pembelajaran Cooverative Learning Tipe Jigsaw Terhadap Keterampilan Dribbling Bola Basket Pada Siswa Kelas 11 SMA Negeri 1 Rengasdengklok. Jurnal Literasi Olahraga, 1(1). https://doi.org/10.35706/jlo.v1i1.3943 (Original work published 17 September 2020)