Aspek Mental Siswa yang Mengikuti Kegiatan Latihan Pencak Silat Raksa Budhi di Kabupaten Karawang

Penulis

  • Riki Yohanes 1Program Studi Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Singaperbangsa Karawang. Jl. HS. Ronggowalu Teluk Jambe Timur, Karawang. Jawa barat, 41361,Indonesia.
  • Rizki Aminudin Universitas Singaperbangsa Karawang
  • Rhama Nurwansyah Universitas Singaperbangsa Karawang

DOI:

https://doi.org/10.35706/jlo.v2i1.3952

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa besar tingkat mental siswa yang mengikuti kegiatan latihan pencak silat Raksa Budhi di Kabupaten Karawang berdasarkan faktor instrinsik dan faktor ekstrinsik. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa yang mengikuti kegiatan latihan pencak silat Raksa Budhi di Kabupaten Karawang dan sudah pernah tanding dalam kejuaraan. Teknik pengumpulan data yang dilakukan dalam penelitian ini menggunakan kuesoner atau angket. Metode yang digunakan adalah survei, adapun teknik pengambilan data menggunakan angket, angket dalam penelitian ini berbentuk skala likert. Hasil penelitian tersebut diketahui Aspek Mental Siswa yang Mengikuti Kegiatan Latihan Pencak Silat Raksa Budhi  di Kabupaten Karawang Dalam Menghadapi Pertandingan yang menyatakan pada kategori sangat baik dengan persentase 30%, pada kategori baik dengan persentase 30%, pada kategori cukup baik dengan persentase 35%, pada kategori kurang baik dengan persentase 0%, dan pada kategori sangat kurang baik dengan persentase 5%.

 

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Referensi

Ahmad, N. (2018). Pengaruh Latihan Zig Zag Run Terhadap Kelincahan Atlet Pencak Silat Tapak Suci Lebong. Journal Physical Education, Health and Recreation, 2(2), 181. https://doi.org/10.24114/pjkr.v2i2.9589

Izzuddin, D. A., & Gemael, Q. A. (2020). Model Latihan Dayung Berbasis Modifikasi Alat Untuk Atlet Pemula. Sporta Saintika, 5(1), 21-30.

Muhajir. (2004). Pendidikan Jasmani Teori dan Praktek. Jakarta: Erlangga. Rahmani, M. (2014). Buku Superlengkap Olahraga. Jakarta: Dunia Cerdas.

Ramadhan, R., Ahmad, H. A., & Mansoor, A. Z. (2017). Translasi Pencak Silat Kedalam Film Animasi (Studi Kasus Film Kung Fu Panda). Journal of Visual Art and Design. https://doi.org/10.5614/j.vad.2017.9.2.4

Sri Hapsari, (2005). Bimbingan dan Konseling SMA Untuk Kelas XII. Jakarta : PT Grasindo

Sri Wahyuni. 2010 : Pendidikan Jasmani Dan Kesehatan. Jakarta Pusat

Sugihartono, dkk, 2007. Psikologi Pendidikan. Yogyakarta: UNY Pers.

Sugiyono. (2018). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, R&D (26th ed.). Alfabeta.

Suharsimi, A. (2013). Prosedur penelitian suatu pendekatan praktik. Jakarta: Rineka Cipta.

Supandi, 2011. Menyiapkan Kesuksesan Anak Anda. Jakarta : PT Gramedia pustaka utama

Thursan Hakim, (2008). Belajar Secara Evektif. Jakarta : Pustaka Pembangunan Swadana Nusantara

Uno, H.B (2016), Teori motivas dan pengukuranya, Jakarta: PT Bumi Aksara

Wibowo, S. A. P., & Rahayu, N. I. (2016). Pengaruh Latihan Mental Imagery Terhadap Hasil Tembakan Atlet Menembak Rifle Jawa Barat. Jurnal Terapan Ilmu Keolahragaan, 1(2), 23–29.

Widy Asih Sulastri.(2011).Upaya Peningkatan Pembelajaran Passing Bawah Bolavoli Mini Pada Siswa Kelas IV SD Negeri 2 Tamanwinangun Kebumen Tahun Pelajaran 2010/2011. Skripsi. FIK-UNY

##submission.additionalFiles##

Diterbitkan

2021-08-04 — Diperbaharui pada 2021-08-04

Versi

Cara Mengutip

Yohanes, R., Aminudin, R., & Nurwansyah, R. . (2021). Aspek Mental Siswa yang Mengikuti Kegiatan Latihan Pencak Silat Raksa Budhi di Kabupaten Karawang . Jurnal Literasi Olahraga, 2(1), 68–75. https://doi.org/10.35706/jlo.v2i1.3952

Artikel paling banyak dibaca berdasarkan penulis yang sama