Tingkat Pengetahuan Siswa Kelas VIII Tentang Permainan Sepakbola di SMPN 2 Telukjambe Timur Kabupaten Karawang

Penulis

  • Salman Al Farisi Tingkat pengetahuan siswa tentang permainan sepakbola
  • Rahmat Iqbal Universitas Singaperbangsa Karawang
  • Rhama Nurwansyah Universitas Singaperbangsa Karawang

DOI:

https://doi.org/10.35706/jlo.v2i1.4022

Abstrak

Penelitian ini dilatar belakangi dengan asumsi belum tahunya siswa kelas VIII tentang permainan sepakbola dan belum diketahuinya seberapa besar tingkat pengetahuan siswa tentang permainan sepakbola. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat pengetahuan siswa kelas VIII tentang permainan sepakbola di SMPN 2 Telukjambe Timur, Kab. Karawang. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kuantitatif. Metode penelitian yang digunakan adalah survey dan teknik pengumpulan data menggunakan tes pengetahuan. Instrumen yang telah tersusun tersebut dikonsultasikan kepada dosen ahli, selanjutnya di uji validitas menggunakan rumus product moment dan uji reliabilitas menggunakan rumus alpha cronbach. Subjek penelitian ini sejumlah 262 siswa. Teknik analisis data menggunakan analisis deskriptif dengan persentase. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tingkat pengetahuan siswa kelas VIII tentang permainan sepakbola di SMPN 2 Telukjambe Timur, Kab. Karawang masuk dalam kategori sedang. Hal tersebut ditunjukkan pada jumlah responden yang menjawab paling banyak masuk dalam kategori sedang yaitu sebanyak 103 siswa 39,31%. Kemudian jumlah siswa yang menjawab dalam kategori rendah sebanyak 48 siswa 18,32%, yang menjawab dalam kategori tinggi sebanyak 77 siswa 29,39%, yang masuk dalam kategori sangat rendah sebanyak 22 siswa 8,40%. Sedangkan jumlah siswa yang menjawab dalam kategori sangat tinggi sebanyak 12 siswa 4,58%.

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Referensi

Aji, S. (2016). Buku Olahraga Paling Lengkap. Jakarta: PT. Serambi Semesta Distribusi.

FIFA. (2014). Peraturan Permainan 2014/2015. PENGPROV PSSI JAWA TENGAH

Gunawan, I. (2012). Taksonomi Bloom – revisi Ranah Kognitif Kerangka Landasan untuk Pembelajaran, Pengajaran, dan Penilaian. Madiun.

Gunawan, I. (2014). Tingkat Pengetahuan Tentang Taktik dan Strategi Bermain Futsal Pada Siswa Peserta Ekstrakurikuler Futsal Di SMA 1 Muhammadiyah Muntilan Tahun 2014.Skripsi.UNY

Izzati, R.E. (2013). Perkembangan Peserta Didik.Yogyakarta.UNY Press

Lawan, G.G. (2015). Tingkat Pengetahuan Siswa Kelas IV dan V SD Negeri 4 Wates, Kulon Progo Tentang Peraturan Permainan Bolavoli Mini.Skripsi.UNY

Leny Sundari, F. (2016). Tingkat Pemahaman Siswa Kelas Atas Terhadap Permainan Bola Kasti di SD N Jlaban Kecamatan Sentolo Kabupaten Kulon Progo. Skripsi.Universitas Negeri Yogyakarta

Lestari, F.S. (2017). Tingkat Pengetahuan Dan Sikap Peserta UKM Tenis Lapangan UNY Terhadap Permainan Tonnis.Skripsi.UNY

Rahmani, M. (2014). Buku Super Lengkap Olahraga. Jakarta: Dunia Cerdas

Siswoyo, D. (2013). Ilmu Pendidikan. Yogyakarta: UNY Press

Soewito, N.(2011).Tes, Pengukuran, dan Evaluasi Pendidikan Jasmani.Yogyakarta.FIK UNY.

Sudijono, A.(2011).Pengantar Statistik Pendidikan.Jakarta:Rajawali Press Sugihartono. (2013). Psikologi Pendidikan. Yogyakarta: UNY Press.

Sugiyono. (2015). Metode Penelitian Kuantitatif, dan R&D .Bandung: ALFABETA.

Sulistyono, T. (2013). Ilmu Pendidikan. Yogyakarta: UNY Press

Sutanto, T. (2016). Buku Pintar Olahraga. Yogyakarta: Pustaka Baru Press Utama, B. (2011). Jurnal Pendidikan Jasmani Indonesia. Yogyakarta: FIK UNY Yusuf, S. (2014). Psikologi Perkembangan Anak & Remaja. Bandung: PT REMAJA ROSDAKARYA.

##submission.additionalFiles##

Diterbitkan

2021-08-04 — Diperbaharui pada 2021-08-04

Versi

Cara Mengutip

Al Farisi, S., Iqbal, R., & Nurwansyah, R. . (2021). Tingkat Pengetahuan Siswa Kelas VIII Tentang Permainan Sepakbola di SMPN 2 Telukjambe Timur Kabupaten Karawang. Jurnal Literasi Olahraga, 2(1), 76–80. https://doi.org/10.35706/jlo.v2i1.4022

Artikel paling banyak dibaca berdasarkan penulis yang sama