PENINGKATAN PENGETAHUAN PETANI SEKOLAH LAPANG BUDIDAYA KOPI DI KABUPATEN SERANG PROVINSI BANTEN

Penulis

  • OKTA WULANDONO DINAS PERTANIAN PROVINSI BANTEN

Abstrak

Kopi menjadi salah satu komoditas unggulan perkebunan di Provinsi Banten. Terdapat hambatan tantangan dalam mengembangkan komoditas ini. Namun banyak juga peluang dan potensi dari budidaya kopi. Berbagai program dijalankan guna meningkatkan produksi, produktivitas dan pengembangan pasca panen komoditas kopi salah satunya yaitu sekolah lapang. Pada tahun 2021, sekolah lapang budidaya kopi dilaksanakan di Kecamatan Cinangka Kabupaten Serang Provinsi Banten. Penelitian ini menggunakan data hasil pengisian pretes dan postes materi pengajaran sekolah lapang. Penelitian dilakukan bertujuan untuk melihat tingkat efektifitas pelaksanaan sekolah lapang dan tingkat perubahan pengetahuan petani sebelum dan sesudah program berjalan. Penelitian ini menggunakan analisis kategori tingkat pengetahuan, uji normalitas Shapiro Wilk, uji t berpasangan dan analisis tingkat efektifitas. Hasil penelitian menunjukkan sekolah lapang mampu merubah tingkat pengetahuan petani dari semula kategori sedang (33,67%) menjadi kategori tingkat pengetahuan tinggi (70,50%). Data penelitian berdasarkan uji normalitas Shapiro Wilk berdistribusi normal pada semua pretes postes materi pembelajaran yang diberikan. Perhitungan uji t berpasangan menunjukkan terdapat perbedaan tingkat pengetahuan petani sebelum dan sesudah sekolah lapang dilaksanakan, dengan nilai t hitung rata-rata untuk semua materi pada angka 24,510 dan t tabel 2,045. Pelaksanaan sekolah lapang secara keseluruhan menunjukkan tingkat efektifitas cukup efektif.

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

##submission.downloads##

Diterbitkan

2021-09-29

Cara Mengutip

WULANDONO, O. (2021). PENINGKATAN PENGETAHUAN PETANI SEKOLAH LAPANG BUDIDAYA KOPI DI KABUPATEN SERANG PROVINSI BANTEN. Jurnal Agrimanex: Agribusiness, Rural Management, and Development Extension, 2(1). Diambil dari https://journal.unsika.ac.id/index.php/agrimanex/article/view/5544

Terbitan

Bagian

Volume 2 No 1