PENGEMBANGAN SISTEM INFORMASI PENDAFTARAN SEMINAR AKADEMIK DI JURUSAN TEKNIK ELEKTRO FAKULTAS TEKNIK UNIVERSITAS LAMPUNG MENGGUNAKAN METODE RAPID APPLICATION DEVELOPMENT (RAD)

Authors

  • Hery Dian Septama Jurusan Teknik Elektro Fakultas Teknik Universitas Lampung
  • Yessi Mulyani Jurusan Teknik Elektro Fakultas Teknik Universitas Lampung
  • Mahendra Pratama Jurusan Teknik Elektro Fakultas Teknik Universitas Lampung
  • Nyoman Herman Ardike Jurusan Teknik Elektro Fakultas Teknik Universitas Lampung

DOI:

https://doi.org/10.35261/barometer.v5i1.2252

Abstract

Jurusan Teknik Elektro Universitas Lampung memiliki sistem pendaftaran seminar akademik dengan proses administratif manual, terdapat kekurangan dari alur pendaftaran yang sudah ada seperti minimnya informasi yang tersaji dengan cepat dengan pengolahan data tidak terpusat di satu database menyulitkan informasi status pendaftaran, sistem seminar akademik dapat memudahkan proses administratif agar dapat diakses oleh pengguna secara bersamaan melalui browser dengan jaringan internet. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengembangkan sistem informasi pendaftaran seminar akademik di Jurusan Teknik Elektro Universitas Lampung yang dapat memasukkan, mengelola, serta menampilkan data dengan baik agar menghasilkan informasi yang akurat dan tersaji dengan cepat. Metode RAD (Rapid Application Development) digunakan sebagai panduan untuk membangun sistem informasi pendaftaran seminar akademik. Pengujian dilakukan di setiap fungsi use case pada sistem, kemudian menguji sistem menggunakan metode UEQ, kepada 4 admin TU Jurusan Teknik Elektro, 22 mahasiswa Jurusan Teknik Elektro, 4 Staff IT UPT TIK Universitas Lampung, hasil pengujian sistem pendaftaran seminar akademik memenuhi fungsi yang dibutuhkan 4 aktor, dari 6 kategori menggunakan metode UEQ, benchmark yang didapat adalah 5 point mendapat nilai sangat baik dan 1 point mendapatkan nilai baik.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Sitorus. Dr. Henry B.H. 2016. Manual Prosedur Pelaksanaan Kerja Praktik, Seminar Usul dan Tugas Akhir Jurusan Teknik Elektro Fakultas Teknik-Universitads Lampung. Manual Prosedur Pelaksanaan.

Mandar, Ruko. 2016. Kitab Tips, Latihan dan Soal Database. Malunda:Elex Media Komputindo.

Pressman, Roger S. 2010. Software Engineering : A Practitioner’s Apprach, Seventh Edition.Yogyakarta: Andi.

Martin, James. Rapid Application Development, New York: Macmi Pub.Co., 1991.

Shalahuddin, Muhammad. 2014. Rekayasa Perangkat Lunak Terstruktur dan Berorientasi Objek, Bandung: Informatika Bandung.

Adiwinata R. Sarwoko, E,A. Indriyati. Sistem Informasi Tugas Akhir & Praktek Kerja Lapangan Berbasis Web Menggunakan Metode Unified Process. Jurnal Masyarakat Informatika, Volume 2, Nomor 3, ISSN 2086 – 4930

Kusumaningrum, K. Rochim A,F. Kridalukmana, R. Sistem Informasi Kerja Praktik dan Tugas Akhir Program Studi Sistem Komputer. Jurnal Teknologi dan Sistem Komputer, Vo. 1 No. 2 April 2013

Kusuma, R.V. Prasetyaningrum, I. Martina, E. Sistem Informasi Manajemen Tugas Akhir dan Kerja Praktek Jurusan Teknik Informatika PENS-ITS Berbasis Web.

Kadir, Abdul. 2003. Pemprogramman Web Mencakup HTML, CSS, Javascript & PHP. Yogyakarta: Andi.

Awan Pribadi Basuki. 2014. Konsep dan Implementasi Pemprograman Laravel.Yogyakarta: Lokomedia.

Liliek Triyo. 2016. Sistem Informasi Akademik Kampus Berbasis Web dengan Laravel 5. Yogyakarta: Lokomedia.

Alfatta, Hanif. 2007.Analisis & Perancangan Sistem Informasi untuk Keunggulan Bersaing Perusahaan & Oganisasi Modern. Yogyakarta:Andi.

Shafira, V.I., Ismiarta, A., Hannifah, M.A.2018.Evaluasi dan Perbaikan User Experience Menggunakan User Experince (UEQ) dan Focus Discussion (FGD) pada Situs Web FILKOM Apps Mahasiswa. Jurnal pengembangan Teknologi Informasi dan Ilmu Komputer, 9, 3224-3232.

Downloads

Published

2020-09-13

How to Cite

Septama, H. D., Mulyani, Y. ., Pratama, M., & Ardike, N. H. . (2020). PENGEMBANGAN SISTEM INFORMASI PENDAFTARAN SEMINAR AKADEMIK DI JURUSAN TEKNIK ELEKTRO FAKULTAS TEKNIK UNIVERSITAS LAMPUNG MENGGUNAKAN METODE RAPID APPLICATION DEVELOPMENT (RAD). Barometer, 5(1), 239–244. https://doi.org/10.35261/barometer.v5i1.2252

Issue

Section

Artikel