SIMULASI PROSES BENDING ARM REAR BRAKE DENGAN VARIASI KECEPATAN PEMBEBANAN TERHADAP STRESS MATERIAL MENGGUNAKAN ANSYS

Authors

  • Reza Setiawan Program Studi Teknik Mesin, Universitas Singaperbangsa Karawang
  • Rieval Ade Putra Program Studi Teknik Mesin, Universitas Singaperbangsa Karawang
  • Vera Pangni Fahriani Program Studi Teknik Kimia, Universitas Singaperbangsa Karawang

DOI:

https://doi.org/10.35261/barometer.v5i2.3819

Abstract

Proses pembuatan arm rear brake atau tuas rem belakang motor masih banyak ditemukan produk yang tidak sesuai dengan standar mutu. Kegagalan sering terjadi pada proses produksi bending 1. Faktor kegagalan proses Bending 1 disebabkan oleh kecepatan pembebanan material yang tidak sesuai atau pressure pembebanan yang terlalu besar. Simulasi analisis ini bertujuan untuk menentukan kecepatan pembebanan bending 1 pada arm rear brake jenis KWBA agar tidak mengalami tegangan lebih dan kerusakan material. Metode penelitian yang digunakan adalah simulasi dengan tahapan studi literatur, studi lapangan, pembuatan desain, simulasi dan kesimpulan. Hasil simulasi menunjukan dari variasi kecepatan pembebanan 15, 20, dan 25 m/s pada proses Bending 1 didapatkan kecepatan pembebanan yang terbaik adalah 20 m/s dengan perbandingan maximum tegangan (stress) material dan tampilan visual material setelah diproses.

Downloads

Download data is not yet available.

Author Biographies

Rieval Ade Putra, Program Studi Teknik Mesin, Universitas Singaperbangsa Karawang

Program Studi Teknik Mesin, Universitas Singaperbangsa Karawang

Vera Pangni Fahriani, Program Studi Teknik Kimia, Universitas Singaperbangsa Karawang

Program Studi Teknik Kimia, Universitas Singaperbangsa Karawang

References

Wibawa, Lasinta Ai Nendra, The fatigue life prediction of gantry crane with load capacity variation using Ansys Workbench, Teknika: Jurnal Sains dan Teknologi, Volume 16, 2020, pp. 18 – 24.

Widyaningrum, Febriolita, Jatisukamto, Gaguk, Ilminnafik, Nasrul, Analisis Struktur Statis Provision Crane Dengan Software Ansys 16.2, Journal ROTOR, Volume 11, 2018, pp. 18 – 21.

Nurisa, Andi T. M., Hastuti, Kurnia, Syawaldi, Dynamic Load Analysis On Aircraft Body Using Ansys Simulation 18.1, Journal Renewable Energy & Mechanics (REM), Volume 2, 2019, pp. 43 – 50.

Imran, Al Ichlas, Samhuddin, Salimin, Hasanuddin, La, Perancangan, Analisa Dan Simulasi Rangka Sepeda Listrik Untuk Masyarakat Perkotaan, DINAMIKA Jurnal Ilmiah Teknik Mesin, Volume 9, 2018, pp. 52 – 58.

Albayan, Bayu, Kasda, Analisis Rangka Penyiang Gulma Menggunakan Metoda Elemen Hingga, Mesa Jurnal Fakultas Teknik Universitas Subang, Volume 3, 2018, pp. 17 – 22.

Utomo, Norbertus Krisna Aditya, Anggraini, Lydia, Finite Element Analysis With Static And Dynamic Conditions of Spare Wheel Carrier For OH 1526 Fabricated By SAPH 440 Hot Rolled Steel, Journal of Mechanical Engineering and Mechatronics, Volume 4, 2019, pp. 34 – 44.

Syaifudin, Achmad, Kalista, Betti Mawar, Windharto, Agus, Analisis deformasi pada coupling element dari automatic mechanical coupler: studi kasus LRT Palembang, Jurnal Teknik Mesin Indonesia, Volume 14, 2019, pp. 61 – 66.

Hendrawan, Muh Alfatih, Purboputro, Pramuko Ilmu, Saputro, Meda Aji, Setiyadi, Wayan, Perancanganchassis Mobil Listrik Prototype “Ababil” dan Simulasi Pembebanan Statik dengan Menggunakan Solidworks Premium 2016, The 7th University Research Colloquium 2018, Surakarta, Indonesia, Februari, 2018, pp. 96-105.

Kosasih, David Yan, Anggono, Willyanto, Suprianto, Fandi Dwiputra, Optimasi Desain Pelek Mobil Melalui Simulasi Pengujian Impact Sesuai Standar SAE J175, Mechanova, Volume 4, 2015, pp. 1-5.

Downloads

Published

2020-09-13

How to Cite

Setiawan, R., Putra, R. A. ., & Fahriani, V. P. (2020). SIMULASI PROSES BENDING ARM REAR BRAKE DENGAN VARIASI KECEPATAN PEMBEBANAN TERHADAP STRESS MATERIAL MENGGUNAKAN ANSYS . Barometer, 5(2), 261–266. https://doi.org/10.35261/barometer.v5i2.3819

Issue

Section

Artikel