ANALISIS KEPUTUSAN KONSUMEN DALAM PEMBELIAN PRODUK SHAMPOO UNILEVER SERTA MEMBANDINGKAN STRATEGI BERSAING PERUSAHAAN RETAIL DI KABUPATEN KARAWANG

Authors

  • Aldo Almayda Abidin Universitas Singaperbangsa Karawang
  • Wahyudin Wahyudin
  • Fidiyya Astuti
  • Billy Nugraha

DOI:

https://doi.org/10.35261/barometer.v6i1.4565

Abstract

Supermarket dan minimarket adalah tempat orang-orang sering membeli produk shampoo yang mereka inginkan. Metode Markov Chain digunakan untuk melihat transisi dari masyarakat dalam mengubah pilihan produk shampoo dan tempat perbelanjaan selama dua periode ke depan. Produk shampoo yang menjadi objek penelitian adalah Clear, Lifebuoy dan Sunsilk merupakan tiga dari sekian banyak produk shampoo yang dikeluarkan oleh perusahaan multinasional Unilever. Metode Game Theory diterapkan untuk membandingkan keunggulan dari Transmart dan Carrefour yang beroperasi di Karawang, walaupun di bawah satu naungan. Namun manajemennya berbeda sehingga service-nya pun berbeda. Selain supermarket, persaingan minimarket Alfamart dan Indomaret juga dianalisis dengan menggunakan metode Game Theory. Hasil pengolahan data pada metode Markov Chain menunjukkan bahwa probabilitas transisi dan market share untuk dua periode ke depan dari ketiga produk tersebut adalah sebesar 31,45% untuk shampoo Clear, 39% untuk shampoo Lifebuoy, dan 29,55% untuk shampoo Sunsilk. Lalu, probabilitas transisi dan market share untuk dua periode ke depan dari tempat perbelajaan (supermarket) terhadap ketiga produk tersebut adalah sebesar 38,94% untuk Hypermart, 19,87% untuk Giant, dan 41,18% untuk Transmart. Sedangkan probabilitas transisi dan market share untuk dua periode ke depan dari tempat perbelajaan (minimarket) terhadap ketiga produk tersebut adalah sebesar 47,61% untuk Alfamart, 43,06% untuk Indomaret, dan 9,33% untuk Toko Kelentong. Selanjutnya, pengolahan data pada Game Theory menunjukkan bahwa saddle point dalam persaingan antara Transmart dan Carrefour adalah 12 untuk kualitas pelayanan Carrefour dan fasilitas untuk Transmart. Sedangkan saddle point dalam persaingan antara Alfamart dan Indomaret adalah 4 untuk fasilitas Indomaret dan pelayanan untuk Alfamart.

Downloads

Download data is not yet available.

References

H. Taan, Perilaku Konsumen dalam Berbelanja, Yogyakarta: Zahir Publishing, 2017.

L. Megawati, "Strategi Promosi Produk Unilever dalam Mempertahankan Loyalitas Konsumen (Studi Kasus Bagian Marketing PT. Unilever Indonesia Terbuka Denpasar)," Jurnal Kajian Ilmu Komunikasi, vol. XIII, no. 2, pp. 30-43, 2016.

PT. Unilever Indonesia Tbk, Laporan Tahunan Annual Report, Jakarta: Unilever, 2019.

D. G. Allo, D. Hatidja and M. Paendong, "Analisis Rantai Markov untuk Mengetahui Peluang Perpindahan Merek Kartu Seluler Pra Bayar GSM (Studi Kasus Mahasiswa Fakultas Pertanian Unsrat Manado)," Jurnal MIPA Unsrat Online, vol. II, no. 1, pp. 17-22, 2013.

V. A. Sejati, "Strategi Periklanan pada Bisnis Retail," Jurnal Komunikasi ASPIKOM, vol. II, no. 4, pp. 235-242, 2015.

M. Mulyadi, "Penelitian Kuantitatif dan Kualitatif serta Pemikiran Dasar Menggabungkannya," Jurnal Study Komunikasi dan Media, vol. XV, no. 1, pp. 127-138, 2011.

Y. Arpan and P. C. Dewi, "Analisis Brand Switching Pengguna Transportasi Online Gojek dengan Metode Markov Chain di Kota Bandar Lampung," Jurnal Ilmiah Valid, vol. XV, no. 2, pp. 151-162, 2018.

L. Amanda, F. Yanuar and D. Devianto, "Uji Validitas dan Reliabilitas Tingkat Partisipasi Politik Masyarakat Kota Padang," Jurnal Matematika Unand, vol. VIII, no. 1, pp. 179-188, 2019.

J. R. Situmorang, "Penggunaan Game Theory dalam Ilmu Sosial," Jurnal Administrasi Bisnis, vol. XI, no. 2, pp. 64-76, 2015.

M. S. Rumetna, T. N. Lina, M. Y. Rustam, S. F. Sitaniapessy, D. I. Soulisa, D. S. Sihombing, S. Kareth and Y. Kadiwaru, "Optimalisasi Penjualan Noken Kulit Kayu Menggunakan Metode Simpleks dan Software POM-QM," CBIS Journal: Computer Based Information System Journal, vol. VIII, no. 2, pp. 37-45, 2020.

W. Windasari and T. Zakiyah, "Analisis Game Theory pada Strategi Bersaing Grab dan Go-Jek di Kabupaten Kebumen," in PRISMA, Prosiding Seminar Nasional Matematika, Semarang, 2020.

Downloads

Published

2021-01-26

How to Cite

Abidin, A. A., Wahyudin, W., Astuti, F., & Nugraha, B. (2021). ANALISIS KEPUTUSAN KONSUMEN DALAM PEMBELIAN PRODUK SHAMPOO UNILEVER SERTA MEMBANDINGKAN STRATEGI BERSAING PERUSAHAAN RETAIL DI KABUPATEN KARAWANG. Barometer, 6(1), 313–321. https://doi.org/10.35261/barometer.v6i1.4565

Issue

Section

Artikel