PERANCANGAN PEMANAS AIR DENGAN SUMBER PANAS DARI KONDENSOR MESIN REFRIGERATOR 0,5 PK

Bahasa Indonesia

Authors

  • Nanang Burhan Program Studi Teknik Mesin, Fakultas Teknik, Universitas Singaperbangsa Karawang
  • Rega Dwi Adisetya Program Studi Teknik Mesin, Fakultas Teknik, Universitas Singaperbangsa Karawang
  • Oleh Oleh Program Studi Teknik Mesin, Fakultas Teknik, Universitas Singaperbangsa Karawang
  • Iman Dirja Program Studi Teknik Mesin, Fakultas Teknik, Universitas Singaperbangsa Karawang

DOI:

https://doi.org/10.35261/barometer.v7i1.5112

Abstract

Mesin pendingin atau refrigerator sangat dibutuhkan guna membuat makanan dan kebutuhan rumah tangga lainnya agar tetap segar dan awet dengan cara menukar atau membuang panas pada makanan tersebut. Panas yang dibuang dari refrigerator bisa dimanfaatkan untuk kebutuhan alat pemanas dengan menggunakan prinsip penukar panas. Tujuan dari penelitian ini yaitu merancang sebuah alat pemanas air dengan memanfaatkan panas dari kondensor mesin refrigerator 0,5 PK sebagai keuntungan tambahan. Perancangan dimulai dengan identifikasi permasalahan, menghitung kebutuhan panas, menentukan dimensi dan juga komponen utama pemanas air. Berdasarkan hasil analisa di mana dimensi tube sebesar diameter 8 mm, tebal 2 mm dengan panjang sebesar 0,5 meter dan tangki berkapasitas 20 liter, didapatkan bahwa refrigerator 0,5 PK dengan Freon yang keluar sebesar 65 ̊C hanya mampu memanaskan air sebanyak 3 Kg dari temperatur 28 ̊ menjadi 60 ̊ dalam waktu 59 menit, dengan beban panas sebesar 130,74 Watt dan hasil yang dicapai dari CFD menunjukkan panas yang masuk pada tube sebesar 65 ̊C akan berkurang setelah mencapai 1/3 dari panjang tube.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Antony, Dachry. Efek Kekasaran Pipa terhadap Gesekan. Tugas Akhir. FT Universitas Indonesia. 2012.

Arora, C.P ., Refrigeration and Air Conditionong, Second Edition, Tata McGraw_Hill Inc., Singapore, 2001

Aziz, Azridjal., Performansi Mesin Refrigerasi Kompresi uap Terhadap Massa Refrigeran Optimum Menggunakan Refrigeran Hidrokarbon. Jurnal Teknik Mesin, Vol 2, No 1, 2005, pp 29-33.

Cengel, Y unus A., dan Boles, Michael A., Thermodynamics An Engineering Approach, 7th Edition, McGraw Hill Companies, New York, 2011.

Dincer, Ibrahim, Refrigeration System and Applications, Second Edition, Wiley, UK, 2010.

Holman, J.P , Jasfi, Perpindahan kalor , Edisi ke Enam, Erlangga, Jakarta, 1986.

Kakak, Sadik & Liu, Hongtan, Heat Exchangers, Selection. Rating, and Thermal Design, Second edition, CRC Press, New York, 2002.

Kreit, Frank, Perpindahan Panas, Third Edition, Mc Graw-Hill, New York, 1994.

Perkins dan Reynolds, Harahap, Filino, Termodinamika Teknik, Edisi kedua, Erlangga, Jakarta, 1991.

Sumarjo, jojo, Ratna Dewi Anjani, dan Aa Santosa. Perencanaan Alat Penukar Kalor Untuk Pengering Kain dengan Memanfaatkan Energi Panas dari Gas Buang Mesin Diesel. Jurnal Barometer, Vol.3 No 1, Januari, 2018.

White, Frank, M, Fluid Mecahanics, Mc Graw Hill, USA, 1994.

Downloads

Published

2022-01-31

How to Cite

Burhan, N., Adisetya, R. D., Oleh, O., & Dirja, I. (2022). PERANCANGAN PEMANAS AIR DENGAN SUMBER PANAS DARI KONDENSOR MESIN REFRIGERATOR 0,5 PK: Bahasa Indonesia. Barometer, 7(1), 1–9. https://doi.org/10.35261/barometer.v7i1.5112

Issue

Section

Artikel