PERANCANGAN ALAT MICRO-BUBBLE GENERATOR (MBG) DENGAN MEMANFAATKAN ENERGI LISTRIK DARI PANEL SURYA SEBAGAI ENERGI TERBARUKAN

Authors

  • Aab Arohman Program Studi Teknik Mesin, Fakultas Teknik, Universitas Singaperbangsa Karawang
  • Kardiman Kardiman Program Studi Teknik Mesin, Fakultas Teknik, Universitas Singaperbangsa Karawang
  • Oleh Oleh Program Studi Teknik Mesin, Fakultas Teknik, Universitas Singaperbangsa Karawang

DOI:

https://doi.org/10.35261/barometer.v6i2.5119

Abstract

Dalam meningkatan kualitas pertumbuhan ikan pada saat ini, peternak ikan baik itu dalam negeri banyak sekali memanfaatkan perkembangan teknologi untuk mengembangkan usahanya, sebagai contohnya yaitu pemanfaatan teknologi alternatif. Adapun alat yang digunakan untuk meningkatkan pertumbuhan ikan yaitu menggunakan alat micro bubble, dimana alat ini berfungsi untuk membuat permukaan air bergelombang sehingga ikan bisa bergerak lebih cepat yang mengakibatkan pertumbuhan ikan lebih baik. Micro bubble dapat mengisolasi pengaruh lingkungan yang buruk terhadap pemeliharaan ikan dengan sistem yang baik, sebenarnya alat micro bubble ini sendiri sudah banyak diaplikasikan pada pertambakan ikan. Tujuan dilakukannya penelitian ini, peneliti ingin melakukan pembaharuan alat micro bubble generator (MBG) dengan memanfaatkan energi matahari dengan mengaplikasikan panel surya pada perancangan. Alat yang dirancang menggunakan solar cell sebagai alat untuk menghasilkan daya listrik yang disimpan kedalam baterai. Kapasitas bateri yang digunakan sebesar 60watt dengan menggunakan solar cell 50 wp. Daya pada solar cell didapat dari hasil perhitungan dan pengujian, yang menghasilkan efisiensi sebesar 5,89 %.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Asma. N, Z. A, & Hasri. I, “Pertumbuhan dan Kelangsungan Hidup Benih Ikan Peres Pada Ransum Harian Yang Berbeda”, Jurnal Ilmiah Mahasiswa Kelautan Perikanan Unsyiah, 2016.

Sitompul, Rislina, “Manual Pelatihan Teknologi Terbarukan yang Tepat untuk Aplikasi di Masyarakat Pedesaan,PNPM Mandiri Pedesaan”, 2011.

Hartono. M, “Application Of Micro Buble Generator As Low Cost and High Efficient Aerator For Su Stainable Frsh Water Fish Farming”, In AIP Conference Proccedings, Vol 1840. No 1. P 110008, AIP Publising LLC, 2017.

Rosariawari, F, Wahjudijanto. I, dan Rachmanto. T. A,“Peningkatan Effektifitas Aerasi Dengan Menggunakan Micro Bubble Generator (MBG),” Jurnal Ilmiah Teknik Lingkungan, Vol. 8, No. 2, pp. 88-97, 2018.

Timotius. C, Ratnata. I. W, Mulyadi. Y, Mulyana. E, “Perancangan dan Pembuatan Listrik Tenaga Surya”, Laporan Penelitian Hibah Kompetitif, Perancangan dan Pembuatan Pembangkit Listrik Tenaga Surya. 2009.

Hasan. H, “Perancangan Pembangkit Listrik Tenaga Surya Di Pulau Saugi”, Jurnal Riset dan Teknologi Kelautan (JRTK), Vol. 10, No. 2. Makassar, 2012.

Rismaningsih. F, Nurhafsari. A, Budiman. J, “Pengembangan Alat Praktikum Venturimeter sebagai Media Penunjang Perkuliahan Fisika Dasar Prodi Teknik Sipil Universitas Islam Syekh-Yusuf”, Jurnal Pendidikan dan Aplikasi Industri (UNISTEK), Vol. 7, No.1, 2020.

Dinata. M. M. M, Asvial. M, “Implementasi Sistem Energi Hibrida Panel Surya Pada Site-Site Telekomunikasi Di Area Rural”, Jurnal Barometer, Vol. 3, No. 1 Halaman 96-104, 2018.

Santhiarsa. I. G. N. N, & Kusuma. I. G. B. W,”Kajian Energi Surya Untuk Pembangkit Tenaga Listrik”, Teknologi elektro, Vol. 4, No. 1, 2005.

Adam. A. A, “Rangkaian Inverter Satu Fasa Berdasarkan Perubahan Frekuensi Untuk Pengendalian Kecepatan Motor Kapasitor”, Jurnal Gravitasi, Vol. 14, No.1, 2015.

Yana. K. L, Dantes. K. R, Wigraha. N. A, “Rancang Bangun Mesin Pompa Air Dengan Sistem Recharging”, Jurnal Jurusan Pendidikan Teknik Mesin (JJPTM), Vol. 8, No. 2, 2017.

Downloads

Published

2021-07-31

How to Cite

Arohman, A., Kardiman, K., & Oleh, O. (2021). PERANCANGAN ALAT MICRO-BUBBLE GENERATOR (MBG) DENGAN MEMANFAATKAN ENERGI LISTRIK DARI PANEL SURYA SEBAGAI ENERGI TERBARUKAN. Barometer, 6(2), 368–375. https://doi.org/10.35261/barometer.v6i2.5119

Issue

Section

Artikel