ANALISIS QUALITY OF SERVICE (QOS) JARINGAN PROVIDER TRI MELALUI DRIVE TEST DI PURWAKARTA

Authors

  • Ridwan Satrio Hadikusuma Program Studi Teknik Elektro, Fakultas Teknik, Universitas Singaperbangsa Karawang
  • Hanna Graceila Sitindjak Program Studi Teknik Elektro, Fakultas Teknik, Universitas Singaperbangsa Karawang
  • Mohammad Hanif Assubhi Program Studi Teknik Elektro, Fakultas Teknik, Universitas Singaperbangsa Karawang

DOI:

https://doi.org/10.35261/barometer.v6i2.5205

Abstract

Dengan berubahnya sektor pendidikan yang kini secara penuh dilaksanakan secara daring akibat pandemi SARS-CoV-2 telah memunculkan berbagai masalah di antara pelajar maupun tenaga pendidik seperti guru dan dosen. Masalah yang sering muncul ialah kendala sinyal atau hilangnya sinyal ketika sedang melakukan kegiatan pembelajaran secara daring. Penulis melakukan penelitian untuk menguji seberapa baik jaringan dari provider Tri (PT.Hutchison 3 Indonesia) di Desa Cibodas Kecamatan Bungursari Kabupaten Purwakarta menggunakan metode drive test dengan software Net Monitor Lite. Hasil analisis kami menunjukkan sebanyak 61,1% dari 18 responden mengeluhkan koneksi internet yang lambat pada provider yang digunakan. Analisis kami juga menunjukkan bahwa provider Tri di Desa Cibodas Kecamatan Bungursari Kabupaten Purwakarta hanya tersedia jaringan 3G dan memiliki rata- rata kecepatan download sebesar 0,26 Mb/s, rata-rata kecepatan upload sebesar 1,77 Mb/s, jitter sebesar 85 ms dan latency sebesar 35 ms. Sementara selama pengujian dengan metode drive test hanya mendapatkan sinyal dari 1 eNodeB dengan ID 988 dan terdapat sebanyak 882 buah sample/titik dengan rata-rata RSSI/RSRP sebesar -120 dBm.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Dewi, Syahrina Noormala, “Dampak Covid 19 Terhadap Pembelajaran Daring Di Perguruan Tinggi”, Jurnal Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial(JPIPS), vol.12, no.2, Desember 2020, pp.87-93.

U.K.Uke, Jaringan Telekomunikasi dan Teknologi Informasi, Edisi 1, Informatika Bandung, Bandung, 2018.

Lutu, Andra, “A Characterization of the COVID-19 Pandemic Impact on a Mobile Network Operator Traffic”, Proceedings of the ACM Internet Measurement Conference, pp.19-33, Mei 2020.

Elmokashfi, Ahmed, “A-Multi Perspective Study of Internet Performance during the COVID-19 Outbreak”, arXiv preprint arXiv:2101.05030., 2021.

Hardiyanto, Bian, “Analisis Quality of Service(QoS) Jaringan 4G LTE Melalui Drive TestI di BBPLK Bekasi Menggunakan Aplikasi Net Monitor Cell Signal Logging”, Jurnal Engineering Edu, vol.6(2), April 2020.

Sukadarmika, Gede, “Analisis Hasil Drive Test Menggunakan Software G-Net dan Nemo di Jaringan LTE Area Denpasar”, E-Journal SPEKTRUM, vol.5(2), Desember 2018.

Imoize, Agbotiname Lucky, “Analysis of Key Performance Indicator of a 4G LTE network based on experimental data obtained from a densely populated smart city”, Data in Brief, vol.29, April 2020.

Rajeshwar, Jangampally, “Design of Triple Band U- Slot MIMO Antenna for Simultaneous Uplink and Downlink Communications”, Progress in Electromagnetics Research C, vol.106, no.1, 2020, pp.271-283.

Gallenmuller, Sebastian, “5G QoS : Impact of Security Functions on Latency”, arXiv preprint arXiv:1909.08397, 2020.

Ren, Daming, “A Wideband low-jitter PLL with an optimized Ring-VCO”, IEICE Electronics Express, vol.17, no.3, 2020, pp.1-5.

Downloads

Published

2021-07-31

How to Cite

Hadikusuma, R. S., Sitindjak, H. G., & Assubhi, M. H. . (2021). ANALISIS QUALITY OF SERVICE (QOS) JARINGAN PROVIDER TRI MELALUI DRIVE TEST DI PURWAKARTA. Barometer, 6(2), 387–394. https://doi.org/10.35261/barometer.v6i2.5205

Issue

Section

Artikel