PERANCANGAN JIG DAN FIXTURE SISTEM PNEUMATIK UNTUK PROSES PEMASANGAN BEARING DAN ABSORBER PADA VELG REAR WHEEL

Authors

  • Aa Santosa

DOI:

https://doi.org/10.35261/barometer.v2i1.593

Abstract

Jig and Fixture merupakan alat bantu yang sangat diperlukan ketika akan melakukan suatu proses pembuatan komponen atau benda kerja untuk menjamin keregaman dan kesusuaiannya, selain untuk membantu mempermudah dan mempercepat proses pekerjaan.
Pada Industri Otomotif, khususnya bagian pemasangan bearing dan absorber pada roda kendaraan seperda motor selalu dilakukan denga dua kali proses sehingga waktu yang ddiperlukan untuk pemasangan menjadi lebih lama hal ini menjadi kurang efektif.. Untuk membantu merpudah dan mempercepat proses pemasangan tersebut maka dirancang sebuah Jig and Fixture dengan menggunakan system pneumatic. Alat yang diraancang untuk melakaukan proses pemasangan bearing dengan absorber secara bersamaan sehingga waktu yang dibutuhkan menjadi lebih singkat.
Sumber energi yang digunakan untuk melakukan proses penekanan berasal dari kompresor dengan kapasitas 6 bar yang dihubungkan dengan system pneumatk yang menggunakan double actuator, gaya penekanan yang diperlukan sebesdar 3595,6 N, waktu yang diperlukan untuk melakukan proses pemasangan bearing dengan absorber secara bersamaan 95 detik. Untuk melihat kekuatan dari Jig and Fixture yang dirancang maka dilakukan simulasi stress analisis dengan menggunakan softwere solidwork

Downloads

Download data is not yet available.

References

Prassetiyo, Hendro.,Taroepratjeka, Harsono., Pratama, Jonathan F., Rancangan Jig & Fixture Untuk Produksi Pembuatan Gear Belakang Sepeda Motor Yamaha, Proceeding Seminar Nasional IV Manajemen dan Rekayasa Kualitas, Itenas, Bandung, 2010.

Hofman, Edward. G. Jig & Fixture Design. New York: Litton Educational Publishin Inc. 1980

Agung, Mario. Perancangan Fixture untuk Mesin EDM Wire Cutting. Surabaya: Institute Technologi Sepuluh Nopember Surabaya. 2004

Tohari, M. Khamim. Perancangan Press Tool dan Fixture Komponen Bearing Case. Gresik: PT Agrindo Gresik. 2007.

Richy D.V Sandy dan Sampurno. Analisa Konstruksi dan Perencanaan Multiple Fixture. Paper ITS Surabaya.

Hoffman, Edward.G. Jig and Fixture Design, Delmer Publisher, 1996.

Rochim, Taufik.Teori & Teknologi Proses Pemesinan, Higher Development Suport Project, 1993.

Rizky, Perancangan Fixture dengan bantuan computer untuk benda kerja Prismatik pada mesin milling vertical, Tugas akhir sarjana, Departemen Teknik Industri Institut Teknologi Bandung, 2003.

Prasetio, Hendro. Jurnal Rancangan Jig and Fixture untuk produksi Gear Belakang Sepeda Motor Yamaha, Jurusan Teknik Mesin ITENAS, 2010.

Festo KG, Technical Informasi, Pneumatik.

Harahap Filino, Termodinamika Teknik, Erlangga,

Jakarta, 1991.

Takeshi Sato, Sugiarto H, Menggambar Mesin Menurut

Standar ISO, Cetakan kedelapan, PT AKA, Jakarta,

Sularso, Kiyokatsu Suga, Dasar Perencanaan Pemilihan

Elemen Mesin, PT Pradnya Paramita, Jakarta, 1991.

Surdia Tata. Saito, S:Pengetahuan Bahan Teknik, PT.

Pradnya Paramita, Jakarta, 1999.

Van Vlack, H Lawrance, Ilmu dan Teknologi Bahan,

Erlangga, Jakarta, 1992.

Kalpakjan. Manufakturing Engineering ang Technologi,

edisi ke-3. Addison-wesley Publishing Company.

United States of Amaerica.1995

Downloads

Published

2017-01-31

How to Cite

Santosa, A. (2017). PERANCANGAN JIG DAN FIXTURE SISTEM PNEUMATIK UNTUK PROSES PEMASANGAN BEARING DAN ABSORBER PADA VELG REAR WHEEL. Barometer, 2(1), 1–5. https://doi.org/10.35261/barometer.v2i1.593

Issue

Section

Artikel