PERANCANGAN ALAT BANTU UNTUK MENGATUR CYCLE SUPPLY PART KE LINI PRODUKSI DI PT. TOYOTA MOTOR MANUFACTURING INDONESIA

Authors

  • Dene Herwanto
  • Asep Erik Nugraha
  • Eltha Restu Sedio Laksono

DOI:

https://doi.org/10.35261/barometer.v2i1.595

Abstract

Salah satu bagian yang terkena imbas akibat kenaikan jumlah produksi mobil di PT. TMMIN (PT. Toyota Motors Manufacturing Indonesia) adalah seksi logistic welding yang bertanggung jawab atas kelancaran supply komponen (part) ke lini produksi.

Beberapa hal yang menjadi masalah bagi seksi logistic welding ini di antaranya adalah: (1) kebutuhan area untuk penyimpanan alat bantu supply part yang makin luas karena jumlah kebutuhan alat bantu yang makin banyak, dan (2) area kerja operator pengirim part yang makin luas akibat makin luasnya area penyimpanan alat supply part yang ada, sehingga operator cepat mengalami overload dan kelelahan.

Untuk mengatasi masalah di atas, diusulkan untuk mengganti alat bantu pengiriman part yang digunakan saat ini (dolly attachment) dengan alat bantu dolly karakuri. Dengan penggantian alat bantu tersebut, maka efisiensi dan produktivitas perusahaan mengalami peningkatan, dimana semua input yang terkait dengan pengiriman part mengalami penurunan.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Apple, James M. Tata Letak Pabrik dan Pemindahan Bahan. Edisi Ketiga. Penerbit ITB, Bandung, 1990.

Assauri, Sofjan. Manajemen Produksi dan Operasi. Edisi Keempat. Lembaga Penerbit Fakultas Ekonomi Universitas Indonesia, Jakarta, 1993.

Ginting, Rosnani. 2010. Perancangan Produk. Edisi Pertama. Graha Ilmu, Yogyakarta, 2010.

Haik, Yousef dan Tamer M. Shahin. Engineering Design Process. 2nd edition. Cengage Learning, USA, 2011.

Herwanto, Dene, dkk. Perancangan Meja Laptop Portable untuk Mahasiswa Teknik Industri Universitas Singaperbangsa Karawang. Jurnal Ilmiah PERFORMA (Universitas Negeri Sebelas Maret Surakarta), Vol. 14, No.1 Tahun 2015 hal: 88-95

Nurmianto, Eko. Ergonomi: Konsep Dasar dan Aplikasinya, Edisi Pertama, Guna Widya, Surabaya, 1996.

Rochman, Taufiq, Irwan Iftadi, dan Rangga Romadhan. 2010. Perancangan Alat Bantu Kerja pada Pekerjaan Manual Material Handling (MMH) untuk Memperbaiki Sikap Kerja dan Beban Kerja Buruh Angkut (Studi Kasus di Pasar Gede Surakarta). Prosiding Seminar Nasional Sains dan Teknologi 2010 Fakultas Teknik Universitas Wahid Hasyim Semarang, 2010, hal C.30-C.36.

Seider, Warren D., J.D. Seader, dan Daniel R. Lewin. Product & Process Design Principles: Synthesis, Analysis and Evaluation. 2nd edition. John Wiley and Sons, New York, 2003.

Stoner, James A.F. Manajemen. Jilid I. Edisi Bahasa Indonesia. PT. Prenhalindo, Jakarta, 1996.

Sutalaksana, Iftikar Z., dkk. Teknik Perancangan Sistem Kerja. Jurusan Teknik Industri ITB, Bandung, 2006.

Wignjosoebroto, Sritomo. Teknik Tata Cara Kerja dan Pengukuran Kerja. ITS, Surabaya, 1992.

Downloads

Published

2017-01-23

How to Cite

Herwanto, D., Nugraha, A. E., & Laksono, E. R. S. (2017). PERANCANGAN ALAT BANTU UNTUK MENGATUR CYCLE SUPPLY PART KE LINI PRODUKSI DI PT. TOYOTA MOTOR MANUFACTURING INDONESIA. Barometer, 2(1), 6–11. https://doi.org/10.35261/barometer.v2i1.595

Issue

Section

Artikel