PENGUKURAN PRODUKTIVITAS MESIN GTS ( SPEED COUNT ) DENGAN PENDEKATAN RATIO UNTUK PROSES PITA CUKAI DI PERUM PERURI

Authors

  • Kusnadi .
  • Dene Herwanto

DOI:

https://doi.org/10.35261/barometer.v2i1.600

Abstract

Selain mencetak uang rupiah Republik Indonesia, Perusahaan juga mencetak beberapa produk sekuriti, seperti cetakan kertas berharga non-uang, contohnya pita cukai hasil tembakau, paspor, perangko, materai dan benda pos berharga lainnya, security seals, ijasah, STTB, airline ticket, dokumen perbankan, stiker kaset, stiker video dan CD, serta berbagai jenis stiker, dan juga logam non-uang, seperti stempel tera, stempel cetak, medali, key holder, piagam, lencana, tropi, printing roll. Untuk mengevaluasi produktivitas pada mesin GTS khususnya pada bagian Verifikasi Pita Cukai maka perlu dilakukan tingkat pengukuran produktivitas secara baik dan benar, karena ukuran tingkat produktivitas ini dapat dijadikan sebagai bahan pertimbangan dan penambahan fasilitas mesin produksi dan tenaga kerja yang akan mendukung aktivitas perusahaan. Pokok masalah yang dibahas dalam hal ini adalah bagaimana mengukur tingkat produktivitas mesin GTS pada proses produksi Pita Cukai dengan pendekatan rasio. Metode pengukuran produktivitas yang digunakan adalah dengan pendekatan rasio, di mana langkah-langkah dalam hal ini mengacu pada langkah-langkah pendekatan rasio yaitu perbandingan antara efektivitas dan efisiensi. Adapun nilai efektivitas (keluaran) berupa waktu standar kerja mesin GTS dan nilai efisiensi (masukan) berupa jumlah produksi aktual mesin

Downloads

Download data is not yet available.

References

Ahsyari, Agus., Manajemen Produksi: Pengendalian Produksi, Edisi 4, BPFE, Yogyakarta, 1987.

Daellenbach, Hans G., McNickle, Donald C., Management science, Decision making through systems thinking, Palgrave Macmilan, 2005.

Davis, Fred D., User acceptance of information tehcnology: Toward a unified view, Management Information System Quarterly, Volume 27, 2003, pp. 425 – 478.

Baki, B., Dereli, T., dan Baykasoglu, A., An Investigation on the Readiness of Turkish Companies for Enterprise Resource Management, Journal of Manufacturing Technology Management, Volume 15, Number 1, 2004, pp. 50 – 56.

Wiratmadja, Iwan, Govindaraju, R., Athari, N. The Development of Mobile Internet Technology Acceptance Model, 2012 IEEE 6th International Conference on Management of Innovation & Technology, Bali, Indonesia, Juni, 2012, pp. 384 – 388.

Kusumaningrum, Endang W., Pengembangan Model Penerimaan Mobile Internet pada Telepon Seluler Bagi Pengguna Remaja Akhir. Tesis, Program Magister Teknik dan Manajemen Industri, Institut Teknologi Bandung, 2003.

http://www.itu.int/ITU-D/ict/statistics/, diakses Oktober 2010.

Downloads

Published

2017-01-23

How to Cite

., K., & Herwanto, D. (2017). PENGUKURAN PRODUKTIVITAS MESIN GTS ( SPEED COUNT ) DENGAN PENDEKATAN RATIO UNTUK PROSES PITA CUKAI DI PERUM PERURI. Barometer, 2(1), 29–33. https://doi.org/10.35261/barometer.v2i1.600

Issue

Section

Artikel